Business Insight

6 Pilihan Franchise bagi Anda yang Ingin Membuka Bisnis Cake and Bakery

By Hangga Nuarta on May, 25 2019
Hangga Nuarta

Ketika berbicara tentang bisnis cake and bakery, ada beberapa jenis usaha yang bisa Anda pilih. Anda bisa membuka usaha catering kue yang menerima pesanan, membuat kue kering yang dipasarkan secara online, atau membuka toko kue fisik dengan beragam pilihan kue. Namun, apabila Anda masih bingung menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, franchise bisnis roti bisa menjadi pilihan yang tak kalah menjanjikan.

Bisnis franchise atau waralaba merupakan metode bisnis yang menggunakan nama, merek dagang, produk, hingga bahan-bahan dari bisnis yang sudah ada. Melalui bisnis ini, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan produk, branding, ataupun sistem bisnis yang akan diterapkan. Hanya dengan menyediakan sejumlah modal, semua kebutuhan usaha akan disediakan oleh pemegang merek franchise.

Namun, yang sulit dari bisnis ini justru saat menentukan merek franchise. Bagi Anda yang ingin memulai usaha cake and bakery, berikut adalah beberapa rekomendasi franchise bisnis roti yang bisa menjadi pilihan.

 

  • Bread Life

Bread Life merupakan Japanese Artisan Bakery terbesar yang ada di Indonesia. Hadir dengan Japanase Premium Bread berkualitas terbaik, toko kue ini telah memiliki lebih dari 52 outlet yang tersebar di 16 kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Medan, Jambi, Solo, Semarang, Surabaya, Makassar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, hingga Samarinda.

Sebagai bakery yang menjadi favorit banyak orang, Bread Life memiliki beberapa kelebihan yang membauatnya selalu diminati pelanggan. Produk Bread Life selalu dibuat fresh setiap harinya. Bread Life juga hanya menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi, tanpa bahan pengawet, serta tidak mengandung pemanis atau pewarna buatan. Tak hanya itu saja, toko kue ini pun telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis toko roti tetapi tidak ingin dipusingkan dengan pemilihan produk, merek, atau tetek bengek lainnya, franchise bisnis roti yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan menyiapkan modal mulai dari Rp500 juta sampai Rp900 juta, Anda sudah bisa mendapat semua peralatan, produk, hingga fit and equipment dari Bread Life.

 

  • Papibu Coffee Bun

Franchise bisnis roti berikutnya yang juga bisa Anda pilih adalah Papibu Cofee Bun. Menghadirkan kue bun khas Meksiko yang identik dengan tesktrur rotinya yang lembut dan bagian tengahnya yang diisi dengan berbagai rasa, gerai roti buatan Irwan Tandi ini sudah cukup terkenal di sekitar Jakarta dan Bekasi. Bahkan sejak menawarkan usaha kemitraan, Papibu Coffee Bun telah memiliki lebih dari 23 gerai yang tersebar di beberapa kota.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi mitra, franchise bisnis roti ini menawarkan paket investasi seharga Rp70 juta. Biaya tersebut mencakup kerjasama selama lima tahun, freezer, showcase, meja stainless, oven single dek, loyang tray, instalasi pemasangan, media promosi, pelatihan karyawan, hingga adonan awal sebanyak 300 roti.

Karena konsep yang diusung adalah take away, sebagai mitra Anda hanya perlu menyiapkan lahan sekitar 12 meter persegi. Dari sejumlah mitra yang telah bekerja sama, mereka bisa menjual roti bun sebanyak 300 sampai 500 buah sehari dan mendapat omzet mulai dari Rp45 – Rp60 juta per bulan.

 

  • Dominocake

Dominocake merupakan toko kue legendaris asal Jakarta yang telah lebih dari 20 tahun menjalankan bisnis. Toko kue ini menjual beragam jenis roti, cake, kue tradisional, bento, hingga tumpeng yang yang bisa dipesan untuk acara ulang tahun, rapat, atau perayaan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki franchise bisnis roti ini, Dominocake menawarkan dua paket investasi yang bisa Anda pilih, yaitu paket booth seharga Rp400 juta dan paket ruko seharga Rp800 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah akan mendapatkan booth dengan desain eksklusif untuk paket booth, desain interior untuk paket ruko, peralatan dan perlengkapan usaha, pelatihan karyawan, promosi, standar operasional, serta produk awal.

Namun, harga tersebut hanya berlaku bagi mitra yang ada di kawasan Jabodetabek saja. Bagi Bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek, Anda harus menyiapkan modal sebesar Rp1,4 miliar jika ingin memiliki franchise bisnis roti dari Dominocake.

 

  • Capital Bakery and Cake

Peluang usaha toko roti memang cukup besar. Bahkan, ada banyak bisnis toko roti keluarga yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Capital Bakery and Cake.

Berdiri sejak tahun 1989 di Jakarta, toko kue ini kini telah memiliki delapan gerai yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Adapun sejumlah roti yang ditwarkan di antaranya ada brownis, roll cake, muffin, dan beragam jenis roti lain yang dibanderol mulai dari Rp9.000. Selain itu, ada juga beberapa cake seperti  blackforest, Lapis Surabaya, hingga blueberry cheese cake yang dibanderol mulai dari Rp135.000 sampai Rp245.000.

Untuk mengembangkan usahanya, sejak awal tahun 2018 lalu pemilik pun membuka bisnisnya sebagai bisnis waralaba. Paket yang ditawarkan oleh Capital Bakery and Cake ini dibagi berdasarkan lokasi. Untuk mitra yang berada di kawasan Jabodetabek, tersedia dua paket investasi yang bisa dipilih, yaitu paket single franchise seharga Rp1,9 miliar dan paket franchise syariah seharga Rp1,7 miliar.

Sedangkan bagi mitra di luar Jabodetabek, tersedia paket franchise seharga Rp3,3 miliar. Biaya tersebut sudah termasuk kerjasama selama lima tahun, setting tempat usaha, peralatan dan perlengkapan gerai, sistem operasional, sistem kasir dan bisnis, karyawan, hingga pelatihan dan bahan baku awal.

 

  • Pappa Roti

Konsep yang unik dan menarik merupakan ciri khas dari Pappa Roti. Melihat ketatnya persaingan di bisnis roti bakar, pasangan ayah dan anak Ryan Dhelanto dan Aditya Dhelanto akhirnya melakukan riset untuk melahirkan varian roti yang berbeda dari lainnya. Mereka malakukan study case dari satu tempat ke tempat lainnya, bahkan sampai melancong ke Singapura untuk mendapat inspirasi menu roti bakar.

Mengusung konsep semi slowfood,  Pappa Roti menawarkan roti yang fresh setiap harinya dengan kualitas yang prima, bersih, dan menggunakan bahan-bahan terbaik. Selain roti bakar, gerai ini pun juga menawarkan beragam menu minuman yang cocok sebagai teman makan roti.

Kegigihan ayah dan anak dalam merintis usaha roti akhirnya membuat Pappa Roti sukses dan mendapat banyak respon positif dari para pelanggan. Untuk itu, mereka pun sepakat untuk mengembangkan bisnis lebih jauh dengan menawarkan kemitraan. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki franchisenya, Pappa Roti menawarkan sejumlah paket investasi dengan harga mulai dari Rp20 juta, Rp60 juta, Rp80 juta, hingga Rp120 juta.

 

  • Takadeli Cake Boutique

Takadeli Cake Boutique merupakan toko roti yang didirikan oleh Hendarsyah pada tahun 2003 di Batam. Sejak menawarkan konsep waralaba 3 tahun yang lalu, hingga saat ini sudah ada sembilan gerai Tekadeli yang beroperasi di Batam, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Ambon, serta Jakarta dengan rincian enam gerai milik pusat dan 3 gerai milih mitra.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis toko roti, membeli franchise bisnis roti milik Takadeli Cake Boutique ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa memilih paket investasi seharga Rp146 juta, atau Rp150 juta. Sebagai mitra, Anda berhak menggunakan nama Tekadeli Cake Boutique selama lima tahun dan mendapat pasokan cake dan kue dari pusat setiap hari.

Demikianlah beberapa franchise bisnis roti yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia