business insight focus

3 Fakta Unik Seputar Promosi Hari Valentine. Bisnis Anda Sudah Coba?

By Himawan Pradipta on February, 11 2019
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Menyambut Hari Valentine yang akan jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang, Moka melakukan penelitian seputar promosi di perayaan hari kasih sayang yang ditunggu-tunggu para pasangan ini. Bagi Anda para pelaku usaha yang ingin memanfaatkan momen ini, tentu data-data yang akan kami paparkan di bawah ini penting untuk meningkatkan penjualan usaha Anda. Tidak hanya itu, data-data tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak pelanggan di momentum serupa.

Moka memiliki 3 potongan data utama yang cukup menarik dan unik. Ketiga data ini dikumpulkan beberapa hari menjelang, dan pada saat, hari Valentine di tahun 2018. Adapun jenis data yang ditarik mencakup jumlah merchant yang menggunakan promo di hari Valentine, tipe promo yang paling populer, dan durasi promo yang dipasang. Mari kita simak info lebih lengkapnya di bawah ini.

Data kami mendapati bahwa 62 persen merchant Moka yang menggunakan promo di hari Valentine merupakan bisnis makanan dan minuman, spesifiknya restoran. Restoran yang menjual menu hidangan pembuka, utama, dan penutup, tipikalnya memasang berbagai jenis promosi saat momen hari Valentine. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya jumlah pengunjung yang datang untuk makan atau menghabiskan waktu bersama pasangan atau orang terkasih. Ini tentu berbeda dengan jenis restoran cepat saji, yang kebanyakan tidak mengenal istilah hidangan pembuka, utama, dan penutup.

Baca Juga: 4 Tips yang Perlu Dilakukan Merchant saat Valentine

Selain itu, tipe promo yang paling populer di hari Valentine adalah Buy X Get Y, khususnya Buy 1 Get 1. Jenis promo ini dianggap paling efektif untuk menarik pelanggan, khususnya yang berpasangan, untuk merayakan hari Valentine bersama-sama. Banyak dari mereka yang datang pada saat sore hingga malam hari untuk merayakan hari jadi, ulang tahun, atau sekadar mengisi waktu dengan tukar kado. Tipe promo seperti ini juga bermanfaat untuk menjual produk dengan kuantitas yang lebih banyak, mengingat banyak pengunjung yang tidak berpasangan alias jomblo juga datang ke restoran hanya untuk menikmati promosinya.

Data terakhir yang kami temukan adalah kebanyakan promo yang dipasang berlangsung selama 2 hari, yaitu menjelang dan pada saat hari Valentine. Malam sebelum hari Valentine merupakan waktu yang paling diincar para pasangan untuk merayakan Valentine, mengingat itu adalah momen yang dianggap paling romantis dengan fine dining atau candle light dinner. Sementara itu, pada saat hari Valentine juga merupakan periode yang tepat untuk mereka menghabiskan waktu berdua tanpa gangguan dari pekerjaan atau hal yang menyibukkan.

Itulah tadi data-data yang kami temukan terkait promosi menjelang hari Valentine. Ringkasnya:

  • 62 persen merchant Moka yang memasang promosi di momen hari Valentine adalah restoran;
  • Tipe promosi yang paling populer adalah Buy 1 Get 1; dan,
  • Kebanyakan promosi di hari Valentine berlangsung selama 2 hari, yaitu menjelang dan pada saat hari Valentine.

Sebelum hari Valentine tiba, sudahkah Anda memasang promosi berdasarkan ketiga data penting di atas? Jika belum, segera pasang promosi sebelum terlambat!

Siapa tahu, dengan promosi yang tepat, Anda bisa kebanjiran pelanggan baru dan, kalau untung, pendapatan toko bisa naik drastis!

Tunggu apalagi?

Pasang promo untuk bisnis Anda sekarang!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia