Bersiap untuk Era Cashless Society, Ini Manfaat Fitur Mobile Payment Moka

Gerakan Masyarakat Non Tunai (GMNT) atau bahasa kerennya cashless society belakangan ini memang tengah gencar dicanangkan oleh Bank Indonesia untuk mengurangi transaksi tunai di Indonesia. Adanya perubahan gaya hidup di era ekonomi digital ini juga menjadi pendorong mengapa pembayaran cashless semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Adanya transaksi cashless ini juga berkembang karena masyarakat dan pemerintah juga semakin menyadari bahwa transaksi tunai memiliki banyak kekurangan. Pemerintah sendiri butuh biaya yang besar untuk mengelola uang tunai, seperti biaya cetak, pengedaran, dan lain sebagainya.

Photo by bruce mars from Pexels

Sementara untuk masyarakat yang menggunakannya pun lebih repot karena harus menyiapkan uang kecil, kembalian, dan yang lainnya. Untuk itulah transaksi non tunai hadir sebagai jawaban.

Pengguna mobile payment di Indonesia sendiri mencapai 370 juta, di mana jumlah ini 1,5 kali lipatnya jumlah penduduk di Indonesia. Sejalan dengan gerakan pemerintah ini, Bank Indonesia pada tahun 2017 juga mencatat bahwa transaksi uang elektronik yang terjadi di Indonesia mencapai Rp1,14 triliun.

Data ini menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia siap menjadi cashless society dan mobile payment menjadi pilihan yang tepat digunakan di Indonesia. Untuk itu, sebagai bentuk dukungan gerakan cashless society di Indonesia, Moka mengajak para merchant untuk mulai menggunakan mobile payment.

Dengan mengaktifkan mobile payment di Backoffice Moka, Anda bisa mendapatkan beragam manfaatnya untuk bisnis Anda. Berikut beberapa keuntungannya.

1. Memberikan kemudahan bagi pelanggan

Photo by bruce mars from Pexels

Transaksi mobile payment lebih cepat dan praktis dari transaksi tunai di mana Anda tidak perlu memberikan kembalian kepada pelanggan Anda. Hal ini menjadi kemudahan tersendiri bagi pelanggan ketika mereka tidak membawa uang tunai. Mereka pun tidak perlu repot mencari ATM terdekat untuk menarik uang tunai.

Dengan memberikan opsi mobile payment pada pelanggan, secara tidak langsung Anda telah memberikan pelayanan yang memuaskan. Mereka tidak perlu menunggu dan mengantri lama saat membayar sehingga transaksi berjalan lebih efisien.

2. Lebih aman

Photo by Markus Spiske from Unsplash

Transaksi mobile payment lebih aman daripada transaksi tunai karena mengurangi risiko pencurian, hingga beberapa transaksi yang mungkin tidak tercatat oleh Anda. Selain itu untuk pelanggan sendiri, transaksi menggunakan mobile payment lebih aman dikarenakan adanya karena sistem otentikasi yang berlapis, seperti pemberian password kata kunci serta kode OTP yang dikirimkan ke smartphone.

3. Promo yang menarik

Photo by Justin Lim on Unsplash

Beberapa jasa penyedia mobile payment seperti OVO dan TCASH memberikan kemudahan pada merchant untuk membuat promo menarik bagi para pelanggannya. Sebagai pemilik bisnis, ini adalah kesempatan untuk menarik pelanggan baru berkat promo menarik yang Anda tawarkan pada pengguna mobile payment.

Di sisi lain, pelanggan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan berupa promo menarik, seperti diskon harga, buy one get one, dan lain sebagainya yang hanya bisa didapatkan ketika mereka bertransaksi menggunakan mobile payment.

Dengan beragam keuntungan yang ditawarkan, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur mobile payment di Backoffice Moka dengan mudah. Berikut caranya:

  1. Login pada Backoffice Anda
  2. Pada Dashboard Backoffice, pilih Account Settings
  3. Pilih Payment Method
  4. Pilih partner mobile payment yang Anda ingin aktifkan, lalu klik Activate
  5. Isi form yang telah disediakan
  6. Tunggu notifikasi email dalam waktu 1-3 hari kerja
  7. Setelah mendapatkan notifikasi, Mobile Payment Anda sudah aktif dan dapat digunakan

Cara aktivasi dalam bentuk video bisa Anda lihat di sini.

Jika Anda sudah mengaktifkan mobile payment, Anda tidak hanya memberikan kemudahan pada pelanggan Anda, tetapi juga telah mendukung gerakan cashless society milik pemerintah Indonesia untuk siap bersaing di era ekonomi digital.

Jadi, tunggu apalagi? Segera aktifkan mobile payment di Backoffice Moka sekarang juga!

linkedin

Tags: cashless society Financial masyarakat nontunai mobile payment Product Knowledge