Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Memasang Promo di Hari Kemerdekaan

Mengadakan promosi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan dari bisnis Anda. Terlebih lagi di bulan Agustus, momen untuk melakukan promosi bisnis sangat tepat dengan adanya Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Adanya gimmick berupa diskon serta promo yang berbau Hari Kemerdekaan dapat menjadi hal yang menarik untuk para pelanggan.

Photo by Justin Lim on Unsplash

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan di antaranya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan transaksi
  2. Mendapatkan pelanggan baru
  3. Merangkul kembali pelanggan lama

Meski hanya efektif untuk jangka pendek dan kebanyakan dilakukan oleh unit usaha berskala besar, usaha kecil menengah (UKM) juga bisa menerapkan promosi di Hari Kemerdekaan. Misalnya, pemilik bisnis F&B bisa menerapkan harga spesial untuk menu-menu tertentu. Bisnis fashion pun bisa mengadakan promo buy 4 get 5, menyesuaikan tahun 1945, tahun merdekanya Indonesia.

Namun, tidak semua penggunaan promo saat Hari Kemerdekaan berjalan efektif untuk meningkatkan pendapatan usaha Anda. Faktanya, meski jumlah transaksi yang didapatkan dapat meningkat drastis, pendapatan yang didapatkan belum tentu lebih baik dari hari-hari biasa.

Di tahun 2017 sendiri, dari semua yang merchant yang menggunakan Moka, hanya sekitar 1% yang mempromosikan usahanya di Hari Kemerdekaan. Beberapa merchant memiliki jumlah transaksi yang tinggi di tanggal 17 Agustus, namun tidak ada perkembangan yang signifikan dari segi peningkatan pendapatan.

Dapat juga disimpulkan bahwa meski ada peningkatan yang tinggi dari segi transaksi, pendapatan yang dihasilkan belum tentu bisa naik. Sehingga hasilnya bisa berimbang antara pendapatan yang didapat dengan jumlah transaksi yang besar.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah penurunan harga atau diskon yang diberikan saat promo. Meski transaksinya besar, dengan margin yang lebih kecil akibat adanya pengurangan harga, pendapatan yang didapatkan juga tentunya bisa berkurang.

Namun di lain pihak, terdapat juga merchant memiliki peningkatan transaksi serta pendapatan yang cukup tinggi pada tanggal 17 Agustus. Jika Anda berhasil meningkatkan pendapatan saat promo di hari Kemerdekaan, keuntungan yang didapat bisa digunakan untuk meningkatkan target penjualan di bulan depannya. Keuntungan tersebut juga bisa dipakai untuk hal lain, misalnya menambah varian produk baru atau biaya untuk melakukan promo lainnya di kemudian hari.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan promo

Bisa jadi Anda menganggap bahwa semakin besar diskon yang Anda berikan, semakin banyak pelanggan yang akan membeli produk Anda. Namun, pernyataan ini belum tentu benar. Untuk itu, bagi Anda yang sedang atau baru saja merintis sebuah usaha, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda memberikan diskon besar-besaran untuk pelanggan Anda:

1. Terjadi perang harga

Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Jika yang Anda andalkan adalah menawarkan harga paling murah untuk pelanggan Anda, perang harga dengan pesaing Anda tidak akan dapat dihindari. Permasalahannya, ketika Anda bersaing dengan bisnis yang besar, kemungkinan besar mereka yang akan menang karena didukung oleh kemampuan finansial yang juga besar dalam jangka waktu yang lama.

2. Salah kaprah yang terjadi di mata pelanggan

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Ketika Anda memberikan harga yang murah untuk produk yang Anda tawarkan, akan ada pelanggan yang berpikir bahwa harga yang saat itu Anda tawarkan bersifat tetap. Artinya, ketika Anda menaikkan kembali harganya, mereka bisa berpikir bahwa produk Anda tidak layak dibeli dengan harga yang lebih mahal.

3. Keuntungan yang didapatkan tidak sebanding

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Saat melakukan promo, hal yang paling sering Anda lakukan mungkin adalah pemberian harga khusus atau dengan diskon. Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meski dapat efektif untuk meningkatkan penjualan, belum tentu pendapatan yang didapatkan lebih tinggi dari hari-hari biasa. Ini terjadi karena ada pengurangan margin yang didapat setelah memberi pengurangan harga pada produk yang Anda jual.

4. Penurunan kualitas

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Meningkatnya transaksi saat masa-masa promo terkadang menyebabkan Anda harus sedikit mengorbankan kualitas. Misalnya, karena transaksi yang ramai, Anda mungkin akan mengalami hambatan dari segi waktu. Akibatnya, Anda bisa kehilangan kredibilitas dan mendapatkan penilaian yang buruk dari pelanggan Anda.


Itulah tadi beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan promo di Hari Kemerdekaan. Ketika dengan harga normal, pendapatan yang masuk bisa sama besar dengan saat melakukan promo, mungkin Anda harus berpikir dua kali. Namun, ketika ada hal lain yang mungkin jadi objektif Anda saat promosi, kenapa tidak?

linkedin

Tags: business insight cara membuat promo Hari Kemerdekaan