23 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif untuk Dapatkan Pendapatan Pasif

Kebutuhan hidup kian hari kian tinggi. Harga-harga barang perlahan tapi pasti selalu meningkat setiap tahunnya. Segala upaya pemerintah untuk menekan harga kebutuhan pun seakan tidak membuahkan hasil yang signifikan. Tentu hal ini berimbas pada kebutuhan hidup rumah tangga.

Kebutuhan harian rumah tangga mungkin belum bisa tercukupi secara sempurna apabila hanya mengandalkan gaji saja. Di era yang serba mudah saat ini, rasanya sayang apabila tidak menilik berbagai peluang usaha yang bisa dijadikan sumber pemasukan sekunder rumah tangga.

Baca Juga: Dirikan Poke Mob, Pasangan Suami Istri Ini Kejar Gaya Hidup Sehat a la Milenial

Saat ini dalam mencari pilihan ide bisnis rumahan yang menjanjikan pun tidak terlampau sulit. Kemajuan teknologi digital membuka berbagai kesempatan bagi setiap orang untuk memulai bisnisnya masing-masing. Bahkan pengusaha muda Amerika Serikat, Gary Vaynerchuk, berulang kali menekankan bahwa entrepreneurship bukanlah sesuatu yang ekslusif.

ide bisnis rumahan

Siapapun bisa terjun ke dalamnya. Hanya bermodalkan smartphone dan laptop, setiap orang bisa memulai bisnisnya masing-masing. Dari pendapat Gary Vaynerchuk ini dapat diambil pelajaran bahwa memulai bisnis tidaklah harus memiliki kantor besar dengan segudang pegawai. Satu orang pun dapat mendirikan bisnis yang sukses selagi ada tekad, bakat, dan antusiasme yang kuat. Tidak perlu khawatir soal kantor, karena Anda pun dapat memulai bisnis dari rumah.

Dalam memulai bisnis rumahan yang menguntungkan, tentu saja memerlukan beberapa hal. Selain bakat, antusiasme, dan tekad, tentu saja ide bisnis yang tepat juga dibutuhkan. Saat ini mencari ide usaha rumahan pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu melihat, membaca, dan mendengar. Melihat tren yang berkembang secara jeli di kalangan konsumen berarti mempelajari peluang bisnis rumahan dari berbagai sumber dan berdiskusi dengan para senior yang sudah lebih dulu terjun ke dunia usaha rumahan.

Baca Juga: Ciptakan Peluang Bisnis dari Hobi

Bagi Anda yang sedang mencari tambahan pemasukan, mungkin memulai bisnis rumahan bisa menjadi pilihan Anda. Untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, berikut ini beberapa ide usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa Anda coba.

Ini dia tujuh ide usaha rumahan pertama untuk Anda:

 

1. Katering

ide bisnis rumahan Photo by Ibrahim Boran from Pexels

Bagi Anda yang memiliki kegemaran atau antusiasme di bidang kuliner, bisnis katering bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Saat ini, banyak katering besar yang berawal dari usaha rumahan. Ingat, bahwa dalam memulai bisnis katering bukan berarti Anda wajib memiliki kepiawaian dalam memasak.

Banyak dari pengusaha kuliner yang sejatinya tidak mahir memasak, namun memiliki selera yang tepat. Jadi, Anda hanya perlu menemukan juru masak yang tepat, yakni juru masak yang memiliki kesamaan visi, selera, dan etos kerja dengan Anda. Dalam memulai bisnis katering pun bisa dimulai dari skala kecil, seperti misalnya bekal untuk anak sekolah dan karyawan, acara pengajian, ataupun menu sehat untuk diet.

 

2. Toko Roti 

ide bisnis rumahan Photo by Ibrahim Boran from Pexels

Toko Roti merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang cukup populer saat ini. Sebab dalam memulai bisnis toko roti rumahan, tidak terlalu banyak peralatan yang dibutuhkan. Anda pun bisa mulai dengan menjual atau menitipkan roti, kue, maupun cookies di warung-warung sekitar terlebih dahulu. Kemudian, perlahan merangkak naik dengan menyasar peluang yang lebih tinggi seperti penyedia snack kantor, ataupun menjadi supplier kafe. Banyak pula bakery besar yang berawal dari industri rumahan sebelum memiliki toko sendiri.

 

3. Warung makan 

ide bisnis rumahan Photo by Clem Onojeghuo from Pexels

Warung makan merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Terlebih lagi apabila rumah Anda terletak di jalan yang ramai dilalui kendaraan. Dalam memilih menu yang akan Anda sajikan, sebaiknya Anda perhatikan selera dan kemampuan ekonomi dari sekitar. Sebab dalam memulai warung, tentu saja Anda perlu menarik minat dari pelanggan terdekat terlebih dahulu. Bisa dibilang, untuk membangun komunitas pelanggan setia terlebih dahulu. Apabila warga sekitar menyukai menu yang Anda tawarkan, tentu warung Anda akan selalu terlihat ramai. Warung yang ramai tentu saja menarik minat orang yang lalu lalang. Omzet pun dapat meningkat.

Baca Juga: 7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Retail Shop Anda

 

4. Warung makan khusus take away dan delivery

ide bisnis rumahan Photo by Clem Onojeghuo from Pexels

Membuka warung makan mungkin memerlukan dan pengeluaran yang cukup besar, sebab Anda harus memperhitungkan biaya kebersihan dan pelayanan. Namun apabila Anda memulai bisnis warung makan take away dan delivery, biaya tersebut dapat diminimalisir. Saat ini pun cukup banyak gerai-gerai makanan yang mengkhususkan diri untuk take away dan delivery. Tentu saja, Anda juga harus memperhatikan jarak maksimum dari delivery. Apabila terlalu jauh, maka tentu saja perlu tambahan biaya.

Baca Juga: Eatlah, Bisnis Makanan Cepat Saji Modern yang Memanfaatkan Teknologi Kekinian

 

5. Blogging

ide bisnis rumahan

Menjadi blogger merupakan peluang bisnis rumahan yang tepat bagi Anda yang hobi menulis. Apabila blog Anda berisi konten menarik yang ramah SEO, tentu saja akan ramai dikunjungi. Blog yang ramai dikunjungi pun bisa menarik pihak lain yang ingin memasang iklan di blog Anda ataupun mengajak kolaborasi untuk membuat campaign suatu produk. Jika Anda semakin terkenal, menjadi blogger pun juga bisa menjadikan Anda seorang influencer, yang merupakan salah satu profesi yang terus berkembang sejak beberapa tahun yang lalu.

 

6. YouTuber 

ide bisnis rumahan Photo by Seth Doyle on Unsplash

Menjadi YouTuber bukan berarti Anda harus berkelana keliling Indonesia. Saat ini banyak YouTuber yang berkarya dari rumahnya masing-masing. Beberapa juga menjadikan rumah sebagai studionya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyesuaikan konten yang akan Anda unggah dengan kondisi Anda. Anda bisa membuat konten beauty, review gadget terkini, review film dan musik, gaming, atau pun cover lagu-lagu populer. Semua itu bisa dilakukan tanpa keluar selangkah pun dari pintu rumah.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

 

7. Fotografer

ide bisnis rumahan Photo by Ari He on Unsplash

Menjadi fotografer memang tidak sepenuhnya bisnis rumahan karena Anda harus mendampingi klien kemana atau di mana pun mereka berada. Namun, Anda bisa menjadikan rumah sebagai kantor maupun studio Anda. Dalam menyunting gambar pun Anda bisa melakukannya di mana pun, sehingga sangat fleksibel. Mungkin Anda bisa bekerja pada fotografer profesional yang sudah berpengalaman terlebih dahulu. Tujuannya adalah tentu saja untuk mencuri ilmu, bahkan sekaligus “mencuri” calon klien.

 

8. Laundry

ide bisnis rumahan Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Saat ini banyak orang yang bekerja dari pagi hingga malam. Sehingga banyak tugas rumah tangga yang terbengkalai. Termasuk urusan cuci mencuci. Ini lah yang membuat laundry merupakan ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi apabila Anda tinggal di kawasan yang ramai dengan kosan mahasiswa atau pegawai, mengingat mereka tidak memiliki waktu, tenaga, atau niat untuk mencuci pakaian hariannya sendiri.

Untuk menyasar pasar mahasiswa mungkin Anda bisa menetapkan tarif per kilogram yang menjadi favorit para mahasiswa. Namun apabila Anda terkendala modal untuk membeli mesin cuci dengan segala kebutuhan lainnya, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen dari laundry lain terlebih dahulu.

Baca Juga: Ingin Punya Bisnis Laundry yang Sukses? Simak 10 Tips Jitunya Berikut Ini!

 

9. Cuci mobil dan motor 

ide bisnis rumahan Photo by revac film's&photography from Pexels

Bisnis pencucian kendaraan adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya, hampir setiap pemilik kendaraan selalu menginginkan kondisi kendaraan yang selalu bersih sementara mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya. Hal inilah yang menjadi peluang bisnis untuk Anda. Anda pun bisa memulainya dari skala kecil, seperti hanya untuk cuci motor. Jangan lupa untuk mencari lokasi yang strategis. Atau jika halaman rumah Anda cukup besar, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat usaha.

 

10. Perancang busana

ide bisnis rumahan Photo by Fancycrave on Unsplash

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang fashion, mengapa tidak coba mendesain pakaian? Anda bisa mulai dengan mendesain pakaian Anda sendiri sebelum menawarkan jasa desain kepada orang lain. Anda bisa menjadikan diri Anda ataupun keluarga sebagai model untuk memasarkan hasil rancangan Anda. Dalam merancang busana pun Anda bisa memilih berbagai lini seperti busana muslim, busana gaun pesta, busana anak, maupun busana renang.

 

11. Penyewaan kamar

ide bisnis rumahan Photo by wayX from Pexels

Apakah rumah Anda memiliki sisa kamar yang tidak terpakai? Kamar yang tidak terpakai merupakan peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa menyewakannya untuk kos, ataupun untuk tempat menginap harian. Beruntung bagi Anda yang tinggal di kota yang memiliki banyak destinasi wisata seperti di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, atau Bali.

Anda bisa memasarkan kamar tersebut di website dan aplikasi akomodasi yang populer seperti Airbnb. Namun ada yang perlu diingat sebelum menyewakan kamar Anda, yaitu adanya izin dari RT maupun RW tempat Anda tinggal. Anda juga perlu menetapkan peraturan-peraturan untuk menjaga kenyamanan bersama.

Baca Juga: Dapat Duit sambil Jalan-Jalan, Ini 18 Tips Mulai Bisnis Travel

 

12. Rental mobil

ide bisnis rumahan Photo by wayX from Pexels

Saat ini, banyak orang yang menjalankan bisnis rental mobil di rumahnya masing-masing. Tidak memiliki parkiran yang luas pun bukan menjadi halangan karena banyak pula pengusaha rental mobil yang hanya memiliki satu atau dua mobil. Mobil lainnya mereka dapatkan dari orang lain yang menitipkan mobil untuk disewakan olehnya. Apabila rumah Anda memiliki lahan parkir yang luas, itu akan menjadi nilai tambah karena semua mobil yang Anda sewakan berkumpul di satu lokasi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menyewakan mobil ke klien.

 

13. Rental motor 

ide bisnis rumahan Photo by wayX from Pexels

Apabila Anda tinggal di kota yang merupakan destinasi wisata, maka rental motor merupakan ide bisnis rumahan yang sangat brilian. Kebanyakan turis, terlebih lagi turis luar negeri, lebih memilih motor sebagai moda transportasi. Selain mudah digunakan, mereka tidak harus membiasakan diri dengan mobil setir kanan khas Asia. Selain itu, rental motor pun lebih murah. Jadi para wisatawan dapat menekan biaya seminimal mungkin, atau mengalihkannya untuk kepentingan lain.

 

14. Rental game 

ide bisnis rumahan Photo by Diana from Pexels

Membuka rental game merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan di rumah. Membuka rental game bukan berarti Anda harus membuka rumah Anda menjadi arena bermain. Anda juga bisa menyewakan game secara door-to-door. Jadi, konsol game Anda bisa disewa harian. Untuk mencegah tindak kriminal, Anda bisa meminta kartu identitas baik SIM maupun KTP sebagai prasyarat. Selain menyewakan konsol, Anda pun dapat menyewakan CD game sendiri. Mengingat beberapa game dibanderol harga yang fantastis, banyak yang lebih memilih sewa.

 

15. Jual dan sewa perangkat lunak

ide bisnis rumahan

Beberapa perangkat lunak profesional memang memiliki harga jual yang cukup tinggi. Sebagian produsen perangkat lunak pun sudah menerapkan protokol yang membuat pengguna produk bajakan tidak bisa menggunakan beberapa fungsi yang vital. Sebagai jalan tengah, para produsen perangkat lunak profesional ini mulai menerapkan sistem subscription atau sewa pakai.

Jadi, para pengguna dapat menggunakan perangkat lunak profesional dengan biaya yang dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Satu seri perangkat lunak juga bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Para pengguna bisa patungan untuk menggunakan perangkat lunak yang sama. Ini lah yang menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa menyewakan perangkat lunak yang memungkinan untuk digunakan beberapa orang.

 

16. Jual beli gadget

ide bisnis rumahan

Bagi Anda yang memiliki rumah di jalan yang ramai, serta memiliki tempat yang cukup, mungkin menjual gadget bisa menjadi ide bisnis rumahan yang tepat bagi Anda. Anda bisa menjual ataupun membeli gadget seperti smartphone, tablet, laptop, ataupun perangkat teknologi lainnya dari rumah. Bahkan, produk ini bisa Anda jual secara online mengingat telah banyak marketplace yang semakin memudahkan usaha Anda.

 

17. Desain grafis 

ide bisnis rumahan Photo by rawpixel on Unsplash

Desainer grafis merupakan salah satu profesi yang bisa dijalankan secara full time maupun paruh waktu. Ini lah yang membuat jasa desain grafis tepat menjadi bisnis rumahan. Bagi Anda yang kreatif, bisa mendaftarkan diri ke berbagai situs freelance untuk terhubung dengan berbagai klien potensial mulai dari usaha kecil menengah.

Anda juga bisa mengikuti sayembara desain yang sering diadakan oleh instansi pemerintahan maupun perusahaan besar sekalipun. Tentu saja apabila karya Anda terpilih ada imbalan besar yang menanti. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan keahlian Anda untuk membuatkan undangan pernikahan, souvenir, sablon kaos, atau buku tahunan sekolah.

Baca Juga: Bright Printing, Memperluas Bisnis Lewat Pinjaman Modal di Moka Capital 

 

18. Desainer website 

ide bisnis rumahan Photo by rawpixel on Unsplash

Di era digital ini penting bagi setiap untuk memiliki website dengan domain sendiri. Gunanya agar para pembeli dapat dengan mudah memahami produk-produk yang ditawarkan. Dengan desain website yang menarik, kesan suatu usaha akan baik pula di mata calon pembeli. Oleh karena itu, banyak usaha yang membutuhkan desainer website yang handal. Tentu ini merupakan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan. Untuk mempelajarinya pun tidak sulit karena tersedia banyak panduan yang bisa Anda temukan. Semuanya tergantung sebesar apa keinginan Anda untuk belajar.

 

19. Jasa penerjemah

ide bisnis rumahan

Dalam dunia akademik dibutuhkan berbagai buku, karya ilmiah, dan jurnal sebagai sumber referensi. Namun terkadang, tulisan ilmiah ini menggunakan bahasa asing, sementara banyak pelajar di Indonesia yang mengaku masih kurang menguasai bahasa asing. Bagi Anda yang mahir berbahasa asing, menjadi penerjemah merupakan ide bisnis rumahan yang cukup brilian bagi Anda.

Anda pun bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan jasa Anda, baik itu melalui akun media sosial, website, maupun platform marketplace. Mungkin awalnya Anda bisa menawarkan jasa terjemahan secara gratis kepada sanak saudara yang membutuhkan. Tidak ada salahnya untuk membangun pengalaman sekaligus calon klien yang mungkin berasal dari lingkungan pertemanan sanak saudara Anda.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

 

20. Les privat

ide bisnis rumahan Photo by Peter Hershey on Unsplash

Les privat juga merupakan ide bisnis rumahan yang cukup populer. Terlebih lagi dengan les mata pelajaran yang diujikan untuk kelulusan sekolah, dan bahasa asing. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengajar, mungkin membuka les privat merupakan salah satu cara termudah untuk menambah pundi-pundi rezeki Anda.

Saat ini untuk menjadi guru privat pun tidak hanya bisa dilakukan di rumah saja mengingat telah banyak platform belajar mengajar secara online. Jadi Anda bisa mendaftarkan diri ke berbagai platform yang menawarkan imbalan jasa yang menarik bagi Anda.

Baca Juga: Ini Dia 5 Bidang Bisnis Menjanjikan di 2018, Mengajar Salah Satunya!

 

21. Pet grooming 

ide bisnis rumahan Photo by Abbie Love on Unsplash

Bagi Anda yang pecinta hewan, mengapa tidak mengembangkan kecintaan Anda menjadi bisnis? Memang membuka usaha pet grooming memiliki tantangannya sendiri, namun menjadikan hal yang dicintai menjadi profesi adalah dambaan dari semua orang. Anda bisa menawarkan jasa grooming, penjualan makanan dan suplemen bagi hewan peliharaan, maupun penitipan.

 

22. Penyewaan komputer

ide bisnis rumahan

Sayangnya, saat ini tidak semua orang diberikan kelebihan untuk dapat memiliki laptop mengerjakan tugas sesuka hati. Padahal saat ini sudah hampir seluruh pekerjaan membutuhkan komputer. Oleh karena itu, kebutuhan akan penyewaan komputer untuk pengetikan selalu dibutuhkan. Terlebih lagi di lingkungan kampus yang dipenuhi mahasiswa dengan segala tugas yang menumpuk.

Beberapa mahasiswa dari jurusan tertentu bahkan memiliki tugas yang hanya bisa diselesaikan dengan software khusus yang menuntut komputer berspesifikasi tinggi. Mengingat mahalnya komputer berspesifikasi tinggi, Anda bisa mengisi kebutuhan ini dengan menyewakannya.

 

23. Penyewaan kostum 

ide bisnis rumahan Photo by Mikhail Rakityanskiy on Unsplash

Penyewaaan kostum merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan di rumah sendiri. Anda dapat menyewakan kostum untuk berbagai kebutuhan acara. Mulai dari pakaian adat, baju pengantin, baju pesta ulang tahun anak, hingga baju-baju khusus untuk pesta yang glamor. Tentu harus Anda sesuaikan dengan jumlah modal yang bisa Anda keluarkan.

Untuk mengembangkan bisnis ini memang diperlukan teknik pemasaran yang cukup hebat. Apabila target pasar Anda adalah para pasangan yang akan menikah, maka sebaiknya Anda berkolaborasi dengan katering, penyewa gedung, ataupun penyedia dekorasi. Namun biasanya semua kebutuhan acara resepsi pernikahan dikendalikan oleh pihak katering, jadi sebaiknya Anda mulai bangun hubungan yang baik dengan katering-katering di kota Anda.

Baca Juga: Michelle Organic Corner, Bisnis Mini Market dengan Makanan Sehat


Dari 23 ide bisnis rumahan di atas, bisa dilihat bahwa untuk memulainya memang tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Layaknya pekerjaan lainnya, usaha rumahan pun memiliki tantangannya tersendiri. Tentu saja tantangan ini bukanlah sesuatu yang harus Anda hindari. Sebab, hanya dengan mengatasi tantangan lah Anda dapat meraih kesuksesan.

Semoga dari 23 ide bisnis rumahan di atas bisa memberikan Anda inspirasi untuk memulai bisnis Anda sendiri. Ingat, keberanian untuk memulai adalah setengah dari kesuksesan. Jadi jangan takut untuk memulai.

Selamat berkarya!

Baca Juga: Chef 23 Tahun Ini Sukses Berbisnis Makanan, Kamu Gimana?

linkedin

Tags: bisnis rumah business insight ide bisnis rumahan