7 Strategi Promosi yang Bisa Anda Terapkan di Hari Kemerdekaan

Hari kemerdekaan Indonesia sebentar lagi tiba. Pada tanggal 17 Agustus mendatang, masyarakat Indonesia akan bersukacita merayakan hari jadi nasional yang ke-73. Euforia yang hadir di masyarakat merupakan peluang bisnis bagi Anda yang bisa memanfaatkannya.

promosi hari kemerdekaan

Bagi Anda pemilik bisnis, Hari Kemerdekaan merupakan kesempatan emas untuk mengadakan berbagai promosi untuk mendulang keuntungan. Apapun bidang usaha Anda, baik itu kuliner, retail, maupun online shop, wajib memanfaatkan momentum ini. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa ide promosi yang tepat untuk merayakan hari kemerdekaan.

Namun, sebelumnya, izinkan kami memberikan sedikit pengingat tentang apa itu promosi dan apa yang bisa Anda harapkan saat memasang promosi.

 

Promosi itu apa, sih?

Promosi merupakan aktivitas mengiklankan suatu produk atau merek, yang menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ia mencakup metode komunikasi tertentu dan spesifik untuk memberikan informasi sesuai produknya dalam bentuk verbal dan visual.

 

Terus, tujuannya buat apa?

Setidaknya ada enam tujuan membuat promosi.

  • Untuk menyebarluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen.
  • Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk menaikkan penjualan serta keuntungan.
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk pesaing.
  • Untuk membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Sekarang, Anda sudah tau tujuan membuat strategi promosi tertentu.

Mari kita simak ketujuh bentuk promosi yang paling populer saat momentum Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

1. Diskon Hari Kemerdekaan

promosi hari kemerdekaan Sumber: Rawpixel

Diskon hari kemerdekaan ini cocok diterapkan dalam bidang usaha apapun, baik kuliner, jasa, maupun retail. Jumlah diskon yang diberikan pun bisa menyesuaikan dengan angka-angka yang lekat dengan hari kemerdekaan seperti 17, 8, 45, atau 73. Angka-angka ini mudah diingat dan mampu menarik minat para calon pembeli.

Anda tentu tidak harus terpaku pada satu macam diskon saja. Anda bisa mengombinasikan beberapa nominal diskon dalam satu kali penawaran. Contohnya dengan menerapkan diskon berjenjang. Misalnya dengan pembelian Rp100.000 ke atas dikenai diskon 8%, sedangkan untuk pembelian Rp250.000 ke atas dikenai diskon 17%. Anda juga bisa menerapkan diskon plus. Contohnya dengan menerapkan diskon 17% + 45% untuk item tertentu. Jumlah diskon yang terlihat besar ini tentu saja menarik minat para calon pembeli.

Selain kedua macam diskon tersebut, Anda juga bisa menerapkan diskon bersyarat. Contohnya dalam pembelian dua item, maka item kedua dikenakan diskon sebesar 45% atau bahkan 73%. Pola diskon semacam ini juga terbukti ampuh menarik minat para calon pembeli.

 

2. Buy 4 Get 5

promosi hari kemerdekaan Sumber: Rawpixel

Pasti Anda sudah akrab dengan rumus buy one get one. Saat ini cukup banyak usaha yang menggunakan promosi tersebut. Namun Hari Kemerdekaan adalah hari yang spesial. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan promosi berupa Buy 4 Get 5.

Promosi ini pun fleksibel diterapkan di berbagai bidang usaha. Namun, dua bidang usaha yang paling tepat adalah kuliner dan fashion. Misalnya, Anda bergerak di bidang kuliner, maka dengan membeli 4 menu, konsumen akan menerima 1 menu tambahan secara cuma-cuma. Promosi ini sangat tepat diselenggarakan saat hari kemerdekaan karena lebih banyak konsumen yang datang bersama keluarganya. Jadi konsumen Anda dapat menikmati menu dengan harga terbaik.

 

3. Reward untuk post di media sosial

promosi hari kemerdekaan Sumber: Lisa Fotios

Kebiasaan salah menuliskan nama pelanggan telah menjadi ciri khas dari sebuah kedai kopi ternama. Kini telah diketahui bahwa apa yang dilakukan oleh kedai kopi ini hanyalah strategi pemasaran. Para pelanggannya seringkali mengunggah foto gelas kopi dengan penulisan nama yang salah ke halaman sosial medianya masing-masing.

Mereka melakukan ini tanpa menyadari bahwa apa yang dilakukan merupakan iklan cuma-cuma. Terbukti, kedai kopi ini semakin besar setiap tahunnya. Hal ini menunjukan bahwa media sosial merupakan alat pemasaran yang jitu.

Anda pun bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Caranya juga tidak harus sama dengan kedai kopi tersebut. Misalnya, bagi Anda pemilik bisnis restoran, Anda bisa memberikan hadiah kecil kepada pelanggan yang mengunggah foto makanan dan minuman yang dipesan ke akun media sosialnya.

Tentunya harus menyebutkan nama restoran Anda. Hadiahnya pun tidak perlu yang terlalu mewah. Satu kap es krim atau sepiring pancake untuk pencuci mulut pun tidak masalah. Anda juga bisa memberikan voucher yang bisa ditukarkan pada kunjungan selanjutnya.

 

4. Promo ulang tahun

promosi hari kemerdekaan Sumber: DGL Image

Promo ulang tahun ini sangat tepat untuk diterapkan pada bisnis kuliner. Jadi pelanggan yang berulang tahun bertepatan dengan Hari Kemerdekaan berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik ataupun diskon besar.

Tentu saja Anda perlu mengumumkan promo ini beberapa minggu sebelum hari kemerdekaan. Apabila Anda mengadakan promo tanpa melakukan sounding maka tidak akan ada yang tertarik.

 

5. Promo paket dengan harga nett

promosi hari kemerdekaan Sumber: Kzenon

Promosi jenis ini merupakan salah satu promosi yang paling populer saat hari kemerdekaan. Anda bisa mengumpulkan berbagai produk dan menjualnya dalam satu paket. Anda juga bisa memasang harga yang berkisar di angka 17, 8, 45, dan 73.

Misalnya usaha Anda adalah jual beli gadget. Maka Anda bisa menawarkan bundle handphone, kartu SIM perdana dengan kuota internet besar, dan power bank, semua dengan harga bersih Rp4.500.000. Tentunya Anda juga harus memilih handphone dan power bank yang masuk dalam rentang harga tersebut.

Apabila Anda bergerak di bidang kuliner, Anda bisa menawarkan paket makan, minum, dan pencuci mulut dengan harga dari Rp17.000, Rp45.000, hingga Rp73.000. Anda juga bisa menyesuaikan tingkatan harga tersebut dengan jumlah porsi yang ditawarkan. Misalnya harga Rp17.000 untuk porsi satu orang, harga Rp45.000 untuk porsi tiga orang, dan harga Rp73.000 untuk porsi lima orang.

Apabila usaha Anda bergerak di bidang properti, promosi ini pun juga bisa dilakukan. Misalnya dengan menjual satu unit rumah lengkap dengan segala sertifikatnya dengan harga Rp730.000.000, atau Rp1.700.000.000 untuk rumah yang lebih besar. Sekali lagi, Anda perlu melakukan campaign terlebih dahulu supaya promosi ini lebih tersosialisasi dengan baik.

 

6. Kuis berhadiah voucher di media sosial

promosi hari kemerdekaan Sumber: Rawpixel

Sebagai sarana pendekatan kepada calon pembeli, Anda juga bisa mengadakan kuis bertema kemerdekaan di akun media sosial bisnis Anda dengan hadiah berupa voucher belanja. Nominalnya pun tidak perlu yang terlalu besar. Namun jangan pula terlalu kecil. Setidaknya cukup besar untuk menarik minat warganet mengikuti kuis, dan membelanjakan voucher tersebut.

 

7. Produk bertema Hari Kemerdekaan

promosi hari kemerdekaan Sumber: Matt Antonino

Apabila Anda adalah produsen dari produk Anda sendiri, maka sebaiknya Anda menyiapkan produk yang mampu menangkap semangat hari kemerdekaan. Apabila Anda bergerak di bidang fashion, mungkin Anda bisa membuat beberapa produk bertemakan merah putih. Apabila di bidang kuliner, mungkin Anda bisa menciptakan menu spesial bernapaskan hidangan lokal. Contohnya seperti nasi tumpeng, lengkap dengan bendera merah putih kecil di puncaknya. Menu ini pun tidak harus berporsi besar. Anda juga bisa menyajikannya dalam porsi yang bisa dinikmati satu sampai dua orang.

Produk yang Anda tawarkan pun sebaiknya bersifat limited edition sehingga pembeli merasa diistimewakan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa barang limited edition selalu menjadi perbincangan. Dengan demikian, pemasaran produk Anda akan semakin mudah karena ramainya perbincangan di kalangan konsumen.

 

Pada dasarnya, memanfaatkan hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan merupakan salah satu bentuk strategi promosi yang efektif menarik perhatian pelanggan. Untuk itu, semoga tujuh ide promosi di atas dapat memberikan Anda inspirasi yang melahirkan ide-ide cemerlang lainnya.

linkedin

Tags: business insight Hari Kemerdekaan