5 Tips Memanfaatkan Hari Libur untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Bagi Anda pemilik bisnis, Anda tentu tidak mau melewatkan tanggal-tanggal spesial di sepanjang tahun. Setiap musim liburan tiba, Anda mungkin sering melihat banyak pemilik bisnis yang membuat strategi promosi tertentu yang tujuannya adalah meningkatkan penjualan mereka. Di Amerika Serikat misalnya, Black Friday dijadikan momen untuk para brand memberikan promo serta diskon gila-gilaan untuk para pelanggannya.

Namun dalam praktiknya, banyak pebisnis yang belum memaksimalkan kegiatan promosi di momen-momen spesial tersebut sehingga hasilnya kurang optimal. Beberapa kesalahan yang kerap terjadi adalah pemilihan tema yang kurang pas dan promosi yang ditawarkan kurang menarik minat pelanggan.

Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan momen-momen berharga yang bisa menjadi peluang meningkatkan penjualan bisnis Anda. Jangan sampai juga Anda salah memilih strategi promosi yang justru mengakibatkan Anda merugi. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam memanfaatkan momen hari istimewa untuk bisnis Anda.

1. Dekor ulang toko Anda sesuai dengan tema liburan saat itu

Source: Unsplash

Sebelum Anda terjun lebih jauh dan menentukan program promosi yang hendak Anda lakukan, ada baiknya Anda menyesuaikan toko dengan tema hari libur kala itu. Misalnya saat itu adalah momen natal, Anda dapat mendekor toko Anda dengan pernak-pernik berbau natal. Jangan lupa untuk mengingatkan karyawan Anda menggunakan aksesoris natal mereka.

2. Lakukan promosi dengan pendekatan emosional

Salah satu cara promosi paling efektif yang bisa Anda lakukan adalah pendekatan emosional. Menurut sebuah hasil riset dari The Institute of Practitioners in Advertising, bentuk promosi iklan dengan pendekatan emosional bisa mendapatkan keuntungan dua kali lebih banyak dibanding pendekatan rasional. Berdasarkan data, promosi iklan dengan pendekatan emosional yang menyentuh hati mendapatkan kenaikan keuntungan 31%, dibanding dengan pendekatan rasional yang hanya 16%.

Contoh pendekatan emosional sering kita jumpai saat momen Ramadan dan Idul Fitri. Banyak iklan-iklan di televisi yang menampilkan tema-tema iklan keluarga yang bisa membuat penontonnya terenyuh. Strategi promosi serupa juga bisa Anda terapkan saat momen Ramadan. Misalnya, Anda dapat membuat campaign di mana sebagian keuntungan yang Anda dapat dari hasil penjualan akan Anda donasikan ke orang atau tempat yang membutuhkan. Selain bisa meningkatkan penjualan, Anda juga berkontribusi untuk membantu sesama.

3. Adakan diskon khusus hari libur

Mengadakan diskon adalah cara paling umum yang bisa Anda lakukan saat hari libur. Contohnya adalah momen Black Friday di Amerika Serikat, diskon khusus di Hari Raya, atau diskon di Hari Kemerdekaan. Momen-momen tersebut juga menjadi momen di mana hampir semua orang tahu bahwa banyak brand yang pasti akan melakukan promo diskon. Pastikan Anda tahu produk apa yang bisa Anda diskon dan seberapa besar diskonnya agar Anda tidak merugi.

Baca juga selengkapnya Bagaimana Membuat Program Promo Melalui fitur Moka

4. Lengkapi promosi Anda dengan hadiah

Gift Voucher Source: Ukfootgolf.com

Selain diskon, pemberian hadiah adalah salah satu cara berpromosi sambil merayakan hari libur. Misalnya saat Hari Raya Imlek, pelanggan yang membeli barang tertentu atau dalam nominal tertentu akan mendapatkan angpao berupa voucher atau barang lainnya. Strategi promosi ini juga berlaku untuk hari lainnya, tergantung bagaimana Anda mengemasnya. Yang terpenting, buat lah pelanggan merasa bahwa Anda juga merayakan hari libur bersama mereka.

5. Tetap aktif di media sosial

Source: Unsplash

Hari libur bukan berarti aktivitas media sosial bisnis Anda juga ikut libur. Bahkan, ini adalah momen untuk menciptakan konten bertema khusus liburan. Namun, coba cari angle lain di mana Anda tidak melulu berbicara tentang promosi dan diskon liburan. Coba buat campaign yang sedikit berbeda dan bisa mengajak para followers Anda untuk berinteraksi.

Itulah tadi lima tips untuk mempromosikan bisnis Anda saat momen liburan. Membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan momen-momen spesial saat liburan akan membuat bisnis Anda lebih diingat dan lebih dekat dengan pelanggan Anda. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan momen-momen berharga tersebut di sepanjang tahun dan gunakan fitur-fitur Moka untuk meraih keuntungan maksimal.

linkedin

Tags: business insight marketing tips bisnis tips & trik bisnis