Dalam berbisnis, setiap hari adalah kesempatan untuk Anda memajukan bisnis dan menjadi lebih baik dari kondisi saat ini. Pastinya, akan selalu ada ruang untuk Anda mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Banyak faktor yang bisa membuat bisnis Anda masuk dalam kategori berkembang, misalnya meningkatnya keuntungan, berkurangnya kerugian, mendapat pelanggan baru, atau memperluas target pasar yang Anda miliki. Kuncinya adalah Anda harus memiliki visi mengenai apa yang ingin dicapai lewat bisnis Anda.

Namun sebelum Anda mewujudkan visi tersebut, penting bagi Anda untuk memiliki manajemen operasional yang rapi serta sehat. Berikut beberapa tips dari Moka yang bisa Anda terapkan agar operasional bisnis Anda dapat berjalan secara lebih efisien.

1. Gunakan sumber daya yang Anda miliki secara efektif

Menggunakan sumber daya secara efektif adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda. Sumber daya yang digunakan pun bisa bermacam-macam bentuknya. Sebagai permulaan, investasi dalam bentuk peralatan untuk menunjang bisnis sangatlah diperlukan.

Jika Anda belum bisa memiliki peralatan yang memadai pun tidak perlu khawatir. Anda bisa mencari jasa yang menyediakan kebutuhan bisnis Anda, seperti packaging, jasa pengiriman, percetakan, dan perintilan penting lainnya.

2. Pekerjakan karyawan Anda dengan baik

Meskipun Anda harus memastikan setiap hal kecil dari bisnis Anda berjalan dengan lancar, jangan sampai semua pekerjaan Anda tangani sendiri. Jangan sungkan untuk memberi pekerjaan kepada karyawan Anda sehingga tiap karyawan punya perannya masing-masing. Memberikan peran yang detil dan jelas kepada karyawan adalah bukti Anda melakukan manajemen karyawan dengan baik.

Jangan lupa juga untuk mengatur hak serta benefit yang layak untuk karyawan Anda, seperti misalnya jatah cuti, bonus, tunjangan hari raya, uang lembur, dan lain sebagainya. Dengan demikian, karyawan Anda akan merasa senang, kerja penuh semangat, serta loyal dengan perusahaan Anda.

3. Otomatiskan beberapa pekerjaan Anda

Selama ada pekerjaan yang bisa Anda buat secara otomatis, lakukan lah. Misalnya seperti membuat sistem payroll untuk membayar gaji tiap karyawan Anda atau sekadar mengirimkan struk kepada vendor. Lagi-lagi gunanya adalah untuk menghemat waktu agar Anda dan karyawan lainnya dapat mengerjakan pekerjaan lain yang lebih produktif.

Anda juga bisa menggunakan fitur Ingredient Inventory pada aplikasi kasir Moka dapat secara otomatis mengetahui keluar masuknya inventaris secara real time sehingga Anda tidak perlu lagi menghitungnya secara manual.

4. Gunakan software untuk mengatur keuangan

Mengatur keuangan di dalam bisnis Anda bukanlah perkara mudah. Apalagi jika harus membuat laporan akhir tahun guna keperluan pembayaran pajak. Di sini lah gunanya Anda menggunakan software untuk mengatur keuangan Anda. Sekarang pun sudah banyak software yang dapat mengatur keuangan Anda, seperti Sleekr dan Jurnal. Beberapa software ini menyediakan beragam fitur keuangan untuk Anda gunakan, seperti untuk membuat laporan keuangan, perhitungan pajak, serta payroll.

5. Manfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis Anda

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Tak jarang, pemanfaatan teknologi ini dapat membuat operasional bisnis yang Anda miliki menjadi lebih efisien. Misalnya, penggunaan aplikasi kasir Moka secara efisien dapat membantu Anda untuk mengurangi biaya operasional. Misalnya dengan fitur Inventory Management, Anda dapat mengetahui informasi dari supplier Anda saat hendak menambah stok. Anda dapat mengubah sistem pembelian dari harian menjadi mingguan. Dengan begini, Anda melakukan penghematan biaya antar jemput barang. Selanjutnya, Purchase Order akan diberikan kepada supplier untuk mengetahui berapa banyak stok yang Anda pesan.

Selain itu, sekarang Moka telah bekerja sama dengan Sleekr Accounting yang merupakan platform digital untuk manajemen keuangan bisnis Anda melalui fitur barunya, Moka Open Platform. Sehingga, Anda sebagai merchant pun dapat mengakses Sleekr secara langsung melalui Backoffice Moka di sini. Menjalankan bisnis pun menjadi lebih mudah.

Baca selengkapnya bagaimana Mengembangkan Bisnis Anda Lewat Fitur Moka Open Platform 

 

linkedin

Tags: business insight mengembangkan bisnis tips bisnis tips bisnis UKM tips & trik bisnis berkembang