Sudah bukan rahasia lagi bahwa, salah satu kiat sukses berbisnis adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik untuk para pelanggan. Kualitas pelayanan sendiri sangat penting, apalagi jika Anda berbisnis di industri service/jasa seperti bisnis barbershop.

Berbicara mengenai barbershop sendiri, Patriot Barbershop merupakan salah satu bisnis yang memiliki kualitas pelayanan terbaik di bidangnya. Nama Patriot Barbershop sendiri memiliki definisi semacam pahlawan di mana, barbershop ini ingin menjadi contoh yang baik di industri barbershop di Indonesia. Jika ditanya apa yang membedakan dengan barbershop lainnya, Lilis, Operational Manager Patriot Barbershop  cabang PIK menjelaskan bahwa hal tersebut dimulai dari konsepnya yang mana mengusung interior klasik sehingga memberikan kenyamanan tersendiri untuk para pelanggan ketika sedang menunggu giliran untuk memotong rambut. Tidak hanya itu, dari segi karyawan pun Patriot Barbershop sebisa mungkin terus melakukan inovasi dan mengadakan training secara berkala.

patriot barbershop

"Beberapa bulan sekali, kami disini selalu mendatangkan speaker ahli di dunia barbershop untuk meningkatkan skill karyawan. Dengan begitu, kami tahu tren apa saja yang ada dan bisa kami ciptakan untuk para pelanggan. Kami juga percaya diri dengan pelayanan yang diberikan di sini karena kami memiliki SOP sendiri untuk membuat tamu nyaman dan tidak sekedar potong rambut saja," jawab Lilis.

Bentuk perhatian seperti ini juga diberikan kepada karyawan, hal ini menjadi faktor utama dan rahasia Patriot Barbershop dalam memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Lilis juga mengaku bahwa, dengan meningkatkan skill karyawan, mereka bisa memenuhi berbagai permintaan pelanggan dengan mudah dan tidak membuat mereka kecewa. Terbukti, saat ini Patriot Barbershop sendiri memiliki 7 cabang yang tersebar di daerah Jakarta dan Tangerang dengan rata-rata pengunjung 40-70 pelanggan per hari. Bahkan menurut Lilis, jika hari-hari raya besar seperti Imlek, omset mereka bisa meningkat hingga 30%.

Kesuksesan Patriot Barbershop sendiri, diakui Lilis juga tidak mudah. Banyak cara yang harus dilakukan untuk bertahan di bisnis ini, apalagi persaingan lebih ketat dengan banyaknya kompetitor-kompetitor yang bermunculan. Solusinya, barbershop ini bergantung pada teknologi modern yang ada. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi kasir Moka yang sangat membantu mereka dalam urusan kasir dan pembukuan menjadi lebih efisien dan akurat, kontrol bisnis di berbagai cabang jadi lebih mudah, mengetahui pendapatan yang diperoleh per hari dan berapa banyak pelanggan yang telah datang.

Mobile payment merupakan teknologi selanjutnya yang diadopsi oleh Patriot Barbershop. OVO yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Moka menjadi pilihan Patriot Barbershop. "Dengan menghadirkan pembayaran OVO, kami dapat memfasilitasi pelanggan untuk kemudahan pembayaran. Tidak hanya itu, dari segi kasir tentunya lebih aman dan dari sisi pelanggan, mereka tidak perlu sibuk mencari uang receh," jelas Lilis.

Baca juga artikel : 4 Alasan Mengapa Mobile Payment Penting Untuk Bisnis UKM

Mereka memutuskan menggunakan OVO karena tidak hanya berperan sebagai pembayaran digital saja, OVO juga menawarkan program cashback menarik. Siapa yang tidak suka promo cashback? Bahkan menurut Lilis, pelanggan mereka justru suka akan promo ini sehingga banyak yang tertarik datang ke Patriot Barbershop. Program cashback, promo lainnya dan program membership yang diterapkan oleh mereka juga menjadi salah satu kiat sukses Patriot Barbershop.

Selain aplikasi kasir dan mobile payment, mereka juga memanfaatkan media sosial bahkan videotron sebagai strategi marketing mereka. Misalnya saja, memberitahu promo yang ada melalui akun Instagram dan Facebook Patriot Barbershop. Tidak jarang, jika karyawan mereka merasa menghasilkan potongan yang bagus, mereka tidak segan untuk menyebarkannya di sosial media mereka. Diakui Lilis, strategi marketing ini memang tidak langsung membuahkan hasil, tapi cukup efektif dalam menarik pelanggan dari hari ke harinya.

Baca juga artikel : Apakah Bisnis UKM Perlu Menerima Mobile Payment?

Dari Patriot Barbershop ini, banyak yang kita dapat pelajari bahwa memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu, interior ruangan yang nyaman, skill karyawan yang mumpuni, penerapan teknologi modern untuk kemudahan berbisnis seperti aplikasi kasir dan pembayaran digital serta yang tidak ketinggalan adalah promosi bisnis di berbagai media yang ada. Jika semua diterapkan dengan baik, pelanggan tentunya akan senang dengan pelayanan yang diberikan. Secara tidak langsung Anda juga telah mengubah mereka menjadi pelanggan setia dan pastinya membuat mereka datang kembali ke bisnis Anda karena merasa nyaman dan cocok. Jadi, apa saja yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di toko Anda?

 

 

linkedin

Tags: aplikasi kasir aplikasi kasir Indonesia aplikasi kasir MokaPOS bisnis jasa bisnis UKM business insight cashback cerita sukses jasa kiat berbisnis kiat sukses berbisnis meningkatkan kualitas pelayanan Merchant Stories mobile payment OVO patriot barbershop pembayaran digital promo cashback service sistem kasir sistem POS strategi marketing strategi marketing UKM teknologi modern