3 Hal yang Bisa Dipelajari oleh Para Pelaku Bisnis UKM dari Piala Dunia 2018 Rusia

Author by Miky

Tahukah Anda bahwa seorang atlet dan pelaku bisnis memiliki kesamaan? Keduanya sama-sama berusaha untuk menjadi yang terbaik dan harus memiliki kemampuan dalam berpikir jenis di bawah tekanan baik di lapangan atau di dunia bisnis.

Namun, tahukah Anda bahwa sebagai pemilik usaha, ada hal yang bisa dipelajari dari bagaimana tim olahraga terbaik di dunia, salah satunya adalah sepak bola? Masih dalam eforia Piala Dunia 2018 Rusia, kali ini Moka ingin memberitahu 3 hal apa saja yang bisa dipelajari oleh pemilik usaha dari team sepak bola terbaik dunia.

1. Berpegang PadaFormasi yang Kuat

3 Hal yang Bisa Dipelajari oleh Para Pelaku Bisnis UKM dari Piala Dunia Rusia 2018 (Sumber: Real Buzz)

Sudah tidak asing lagi bahwa setiap tim sepak bola memiliki formasi bermain yang khas. Mau itu 4-3-3, 4-4-2, atau bahkan 4-5-1, formasi yang mereka terapkan pada nyatanya telah membentuk sebuah struktur pada tim mereka. Artinya, setiap pemain memiliki tanggung jawab masing-masing yang jelas. Bahkan jika pemain cedera, sang pelatih tau mana pemain cadangan yang tepat untuk menggantikannya. Formasi juga dapat membentuk kerja sama yang baik terhadap pemainnya.

Hal yang sama berlaku juga untuk bisnis. Memiliki formasi atau struktur sangat penting agar bisnis yang dijalani berjalan dengan lancar. Setiap karyawan harus memiliki posisi dan tanggung jawab yang jelas. Tidak hanya itu, masing-masing dari mereka juga harus mengetahui posisi dan tanggung jawab karyawan lainnya. Karena dengan begitu, kesempatan untuk bekerja sama dalam menyelesaikan atau bahkan dalam membangun bisnis lebih mudah.

Baca Juga: 6 Tips Mudah dalam Membangun Identitas Usaha Anda

2. Bermain Sesuai Dengan Kemampuan Anda

3 Hal yang Bisa Dipelajari oleh Para Pelaku Bisnis UKM dari Piala Dunia Rusia 2018 (Sumber: SKLZ Blog)

Kedengarannya mungkin sangat sederhana, tapi disamping menyiapkan formasi yang tepat, Anda juga harus memastikan bahwa pemain yang ditempatkan merupakan posisi yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya. Striker Anda belum tentu memiliki performa yang bagus saat diposisikan menjadi bek kiri, dan belum tentu juga bek kiri Anda bisa mengimbangi striker Anda saat ia bermain sebagai striker itu sendiri.

Cara yang sama perlu diterapkan pada iberbisnis. Anda perlu mengetahui kemampuan dan kekuatan setiap karyawan Anda dan menempatkannya di posisi terbaik mereka sehingga kinerja yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi.

Bahkan jika Anda merasa bahwa pekerjaan tersebut bisa dilakukan sendiri, Anda juga harus memilah-milah pekerjaan mana yang harus diprioritaskan. Pekerjaan tersebut bisa alihkan pada karyawan yang Anda nilai kompeten untuk mengerjakannya. Pada akhirnya, Gerard Pique tidak hanya bermain sendiri saat membawa Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010 di South Afrika. Sama halnya dengan Anda, bisnis yang sukses adalah bagaimana seorang pelaku usaha menilai dengan baik kemampuan masing-masing karyawannya untuk bersama-sama mengembangkan bisnis agar lebih sukses dan untung.

Baca Juga: Cara Mengelola Kebahagiaan Karyawan Anda

3. Terus Berlatih dan Manfaatkan Teknologi Canggih Secara Pintar

3 Hal yang Bisa Dipelajari oleh Para Pelaku Bisnis UKM dari Piala Dunia Rusia 2018 (Sumber: GoalNation)

Ada hal menarik yang bisa dilihat dari pemain sepak bola. Ternyata, mereka menghabiskan 90% waktunya untuk berlatih berjam-jam dan hanya menghabiskan 10% waktunya untuk bermain di pertandingan. Dengan porsi waktu yang sebesar itu untuk berlatih, tidak heran kemampuan yang mereka miliki adalah yang terbaik di kelasnya.

Tidak percaya, Anda bisa melihat instagram Lionel Messi. Terlepas dari kehidupannya bersama keluarga dan kemewahannya, hampir sebagian besar foto yang ia posting adalah momen ketika ia berlatih. Akan tetapi, Messi tidak berlatih sendiri. Setiap sesi latihan yang dilakukannya dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat memberikan analisa setiap latihan, pergerakan hingga bagaimana tubuhnya bekerja. Dengan kata lain, teknologi membantunya dalam meningkatkan kemampuannya.

Sama halnya dengan berbisnis, teknologi juga dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Misalnya saja, dengan memanfaatkan aplikasi kasir Moka. Teknologi aplikasi kasir saat ini, tidak hanya membantu Anda menjalankan bisnis dan menyediakan laporan secara otomatis serta akurat, tetapi juga menyediakan analisa mengenai keadaan bisnis Anda. Seperti berapa pendapatan yang dihasilkan perhari, produk apa yang paling laku, mengetahui keadaan inventaris Anda, integrasi pembayaran digital dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Definisi dan Fungsi dari Point of Sale (POS)

Nah itu tadi merupakan hal yang bisa dipelajari dari team sepak bola di Piala Dunia untuk para pelaku usaha. Saat Anda menonton pertandingan Brazil, Meksiko atau Swedia di Piala Dunia 2018, siapapun yang menjadi pemenang di Rusia adalah ia yang memiliki kerja sama yang paling baik. Jangan lupa, luangkan waktu sejenak untuk melihat dan memikirkan bagaimana setiap tim bermain, mungkin Anda bisa mendapatkan pelajaran yang bisa bermanfaat dalam menjalankan bisnis Anda.

 

 

linkedin

Tags: business insight Piala Dunia 2018 Rusia. pelajaran bisnis dari sepa