Mungkin SMS Marketing masih asing di telinga pelaku bisnis UKM dan masih sedikit yang menerapkan strategi marketing ini karena beranggapan bahwa strategi lebih cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar. Padahal, SMS Marketing atau juga yang lebih dikenal sebagai SMS Blast juga menjadi cara yang tepat untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan sekaligus media promosi yang lebih murah dibandingkan iklan. Hal ini juga sangat efektif jika Anda memiliki sistem membership seperti program loyalitas seperti fitur CRM Pro Moka. Dengan SMS Blast, tentunya database yang Anda kumpulkan tidak akan sia-sia dan pelanggan juga makin setia dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Tips SMS Marketing untuk Bisnis UKM (Sumber: The Marketing Scope)

Jadi, mengapa SMS Marketing menjadi salah satu strategi marketing yang pontensial dan efektif dalam mendatangkan pelanggan?

Menurut data yang dilansir dari Mobile Phone Marketing US, ada 90% pengguna ponsel di dunia yang mana berarti hampir semuanya memiliki dan melakukan komunikasi melalui ponsel. Dengan presentasi tersebut, ponsel menjadi media terbaik untuk mempromosikan produk Anda. Tidak hanya itu, strategi marketing memiliki kelebihan sendiri yaitu:

1. Proses lebih cepat karena dapat dilakukan dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit. Anda hanya perlu merangkai kata yang singkat, jelas dan menarik untuk menawarkan produk.

2. Biaya yang dikeluarkan untuk SMS Marketing ini juga tidak terlalu besar dan lebih hemat dibandingkan jika Anda harus membuat flyer, banner untuk baliho, produksi iklan untuk TV atau Youtube.

3. Anda juga tidak perlu khawatir jika SMS yang Anda kirim tidak diterima oleh pelanggan karena pada dasarnya, SMS Marketing bisa diterima dan dibaca oleh perangkat mobile atau provider apa saja.

4. Dibandingkan dengan Email Blast, SMS Marketing lebih bersifat personal dan langsung masuk ke kontak masuk Anda dan bukan ke spam seperti yang Anda di email.

5. Jika Anda adalah seorang yang peduli akan lingkungan, maka sama seperti online marketing lainnya, SMS Marketing cocok untuk Anda karena tidak berdampak apa-apa untuk lingkungan.

Baca Juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Dari kelebihan di atas, apakah Anda tertarik menggunakan SMS Marketing untuk meningkatkan bisnis Anda agar lebih untung lagi? Nah ini dia 6 tips yang Moka berikan sebelum Anda menggunakan SMS Marketing.

Tips SMS Marketing untuk Bisnis UKM (Sumber: AllTopStartups)

1. Mengerti Aturan dan Ketentuan SMS Marketing

Berbeda negara berbeda juga kebijakan dalam mengirimkan SMS Blast kepada pelanggan. Kebijakan dan regulasi SMS biasanya telah diatur hukum dan lembaga atau badan resmi seperti Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia. Salah satu regulasi yang paling umum adalah mengenai konten yang tidak boleh mengandung unsur spamming, SARA, pornografi, fitnah, menipu atau menyinggung penerima SMS.

2. Kirimkan Hanya Pada Pelanggan yang Terdaftar

Ada baiknya jika Anda mengirimkan SMS Blast hanya kepada pelanggan yang memang berkenan memberikan nomor telepon mereka kepada Anda. Atau jika mereka memang memiliki database sendiri dari program loyalitas, pastikan bahwa Anda hanya mengirimkan SMS sesuai dengan kontak yang ada di database Anda.

Baca Juga: Fitur Terbaru MokaPOS, Loyalty Program!

3. Batasi Pesan Anda di 160 Karakter

Ketika Anda mengirim SMS Blast, pastikan karakter teks Anda hanya sampai 160 karakter saja. Hal ini dilakukan untuk mencegah konten SMS bisa terlihat seluruhnya karena pesan dipisah menjadi dua bagian. Lagipula, SMS digunakan untuk mengirimkan pesan secara singkat. Pesan teks yang panjang akan mengganggu pelanggan dalam menerima pesan yang dikomunikasikan.

3. Timing Adalah Segalanya

Jangan pernah mengirimkan sms mengenai promo atau pembukaan di hari sebelumnya karena kemungkinan untuk pelanggan lupa pada dengan konten yang Anda komunikasikan sangat besar. Ada baiknya, kirim SMS pada waktu yang sama sehingga penerima bisa membuka pesan secara langsung.

4. Sisipkan URL atau CTA

Suksesnya sebuah campaign marketing bergantung pada penyisipan call to action (CTA). Jika CTA biasanya berupa tombol atau link tautan, di SMS Marketing hal tersebut tidak Ada. Meski begitu, Anda masih bisa menaruh sisipan CTA di teks Anda. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah dengan menyisipkan nomor telepon atau URL di akhir pesan. Anda bisa menggunakan Bitly untuk mempersingkat URL dan menjaga jumlah teks di 160 karakter. CTA ini bukanlah merupakan CTA yang ideal, akan tetapi hal tersebut tetap penting agar pelanggan bisa mengetahui info penting dari Anda.

6. Pertahankan Konsistensi

Sama halnya ketika menggunakan media sosial dalam menggunggah sebuah postingan, konsistensi juga penting dalam mengirimkan sms ke pelanggan. Atur jadwal rutin untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan. Jika Anda menghentikan komunikasi selama beberapa waktu lalu kembali menghubungi pelanggan, besar kemungkinan mereka tidak memperdulikan campaign yang Anda kirimkan.

Baca Juga: Definisi dan Kegunaan CRM (Customer Relationship Management)

Untuk menggunakan SMS Marketing, banyak penyedia layanan SMS Marketing yang bisa Anda manfaatkan dan dipertimbangkan untuk digunakan di bisnis Anda, misalnya saja:

1. Wavecell
2. Clickattell
3. iSMSIndonesia
4. Zenviza SMS
5. AyoSMS

Setelah mengetahui serba-serbi dan tip SMS Marketing, maka kini Anda lebih siap untuk mendatangkan pelanggan lebih banyak lagi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

linkedin

Tags: business insight sms marketing strategi bisnis strategi marketing