4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM

Author by Miky

Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis UKM, salah satu faktor yang berdampak besar terhadap bisnis Anda adalah kemampuan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan.

Anda bisa saja memiliki program promo atau campaign marketing menarik dan terbaik, tetapi jika bisnis Anda memiliki pelayanan yang buruk, pelanggan pun tidak akan tertarik untuk bertransaksi atau bahkan datang kembali ke toko Anda.

Jadi bagaimana Anda dapat memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih maju. Berikut 4 rahasia sukses dalam memberikan pelayanan prima untuk pelanggan Anda.

1. Bersikap Ramah dan Berempatilah

4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM (Sumber: Snapwire)

Banyak dari bisnis kehilangan pelanggan hanya karena mereka tidak mengutamakan dan menghadirkan pelayanan yang ramah untuk pelanggan mereka. Padahal, bersikap ramah dapat memberikan dampak yang besar untuk pelanggan. Menyapa pelanggan dengan nama mereka dan tersenyum dapat memberikan kenyamanan lebih untuk pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan yang datang tidak hanya sekedar mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan saja, mereka juga mencari tempat yang dapat mengerti akan berempati dengan keadaan pelanggan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Perilaku Pembelian

2. Program Loyalitas

4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM (Sumber: akaNRG)

Di Indonesia, masih sedikit bisnis yang menghadirkan program loyalitas. Padahal, program loyalitas sendiri penting dihadirkan di bisnis Anda untuk mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan setia dan membuat mereka terus kembali datang ke toko Anda. Pelanggan setia sendiri memiliki peran penting dalam kelangsungan bisnis karena 20% pendapatan berasal dari pelanggan setia.

Di Amerika sendiri, penerapan program loyalitas di setiap sektor bisnis sudah menjadi hal yang lumrah. Bahkan, total anggota dari program loyalitas di Amerika sendiri mencapai 3.6 Miliyar anggota yang kebanyakan didominasi oleh bisnis retail sebanyak 42%.

Menghadirkan program loyalitas sendiri merupakan salah satu strategi marketing dalam mempromosikan bisnisnya melalui reward yang diberikan ketika pelanggan sudah mengumpulkan poin tertentu. Tidak hanya sebagai strategi marketing, program ini juga sebagai salah satu cara memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik. Program loyalitas sendiri secara tidak langsung bertujuan untuk memberikan apresisasi untuk pelanggan karena sudah berbelanja di toko Anda. Hal inilah yang membuat pelanggan merasa dihargai sehingga mereka terus kembali datang. Nah, sebagai pelaku usaha, Anda ingin punya program loyalitas sendiri? Gampang! Anda bisa coba fitur Loyalty Program di Moka, gratis!

Baca Juga: Fitur Terbaru MokaPOS, Loyalty Program!

3. Respon Cepat dan Tanggap

4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM (Sumber: Ink Link Marketing)

Salah satu hal yang penting saat pelanggan melakukan komplain adalah, respon yang cepat, tepat, tanggap dan dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Jika Anda kurang tanggap dan cepat memberikan solusi, maka permasalahan yang dihadapi pelanggan bisa menjadi semakin besar sehingga mereka lebih mudah frustasi yang mana pada akhirnya bisa saja jika mereka meninggalkan bisnis Anda dan beralih ke rival usaha.

Hal kecil dengan merespon cepat keluhan pelanggan dapat berdampak besar pada kelangsungan bisnis Anda. Oleh karena itu, terapkan mindset proaktif untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Baca Juga: Definisi dan Kegunaan CRM (Customer Relationship Management)

4. Feedback Pelanggan Dapat Meningkatkan Pelayanan

4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk Bisnis UKM (Sumber: CXM World)

Meski manajemen dan karyawan Anda telah melakukan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan, terkadang ada saja masalah yang muncul karena pelanggan merasa tidak senang dengan apa yang telah diberikan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda perlu mencari tahu lebih dalam lagi mengapa mereka tidak puas akan pelayanan Anda dan di sinilah peran feedback sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis.

Feedback atau yang lebih dikenal dengan kritik dan saran bisa dilakukan dari banyak cara, misalnya saja dengan melakukan survei. Di Moka, cukup dengan mengirimkan receipt online ke pelanggan Anda sudah bisa meminta feedback dari mereka mengenai pengalaman bertransaksi di toko Anda. Jika Anda melakukan survei secara online dan offline, memang membutuhkan banyak waktu dan usaha, tapi percayalah bahwa feedback yang didapatkan merupakan kesempatan Anda untuk mengerti lebih baik dan mendalam mengenai pelanggan Anda. Sehingga feedback dari mereka tentu menjadi sesuatu yang sangat berharga dan sebuah investasi untuk meningkatkan pelayanan agar lebih baik dan pelanggan tentunya akan senang dan terus kembali ke toko Anda.

Itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan demi meningkatkan pelayanan berkualitas untuk pelanggan Anda. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir Moka untuk memberikan pelayanan yang cepat dan optimal.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda

 

 

linkedin

Tags: business insight customer meningkatkan pelayanan berkualitas pelanggan pelanggan setia