Lebaran merupakan waktu yang banyak ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Libur kerja kembali ke kampung bersilahturahmi dengan keluarga menjadi momen yang berharga. Tidak hanya menyenangkan, tapi bagi sebagian orang, termasuk pelaku usaha, momen setelah liburan lebaran menjadi waktu yang sedikit membuat stres. Mengapa? Setelah lebaran, banyak karyawan yang enggan untuk kembali ke rutinitas harian untuk menghadapi kerjaan yang telah menumpuk, email yang belum di balas dan target penjualan yang harus dicapai.

Jika sebelumnya Moka telah membahas bagaimana Anda, sebagai pelaku usaha bisa kembali produktif setelah libur Lebaran, maka kali ini kami akan memberikan tips mengenai bagaimana membuat karyawan Anda tetap produktif setelah libur Lebaran.

1. Motivasi Tambahan

4 Cara Membuat Karyawan Produktif Setelah Lebaran (Sumber: Leader Values)

Layaknya para pemimpin/pemilik usaha, langsung bekerja setelah liburan dinilai tidak efektif untuk karyawan. Untuk itu, motivasi sangat perlu dihadirkan untuk menambah semangat kerja karyawan. Banyak bentuk motivasi yang bisa dihadirkan, misalnya saja melakukan halal bihalal, seminar singkat sehari atau dengan acara makan malam bersama dengan karyawan. Hal tersebut akan memberikan karyawan semangat lebih untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, dengan menghadirkan waktu khusus bersama karyawan tentunya akan mempererat rasa kekeluargaan sekaligus meningkatkan teamwork sehingga mereka dapat bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Tips untuk Memotivasi Karyawan Anda

2. Lakukan Briefing

4 Cara Membuat Karyawan Produktif Setelah Lebaran (Sumber: The National)

Liburan terkadang membuat beberapa karyawan ketinggalan informasi penting yang berhubungan dengan pekerjaan. Untuk itu, sebagai pemilik usaha atau Manager, melakukan briefing santai di hari pertama kerja penting dilakukan agar karyawan update dengan kabar terbaru bisnis Anda.

Tidak hanya itu, waktu tersebut jika bisa Anda gunakan untuk mengkomunikasikan strategi marketing, campaign hingga program atau promo diskon yang dibuat di aplikasi kasir Moka. Memberikan informasi-informasi tersebut tentunya dapat memberikan arahan yang jelas sehingga karyawan Anda bisa bekerja dengan baik dan lebih produktif.

3. Evaluasi Target dan Kinerja Karyawan

4 Cara Membuat Karyawan Produktif Setelah Lebaran (Sumber: Better Placed)

Ketika karyawan kembali bekerja setelah liburan panjang, biasanya mereka fokus untuk mengerjakan dan menyelesaikan deadline atau target telah ditentukan. Hal ini kemungkinan akan membuat karyawan menjadi lebih stres dan produktivitas dan hasil pekerjaan pun menjadi tidak maksimal.

Target penjualan yang memiliki jangka waktu lebih panjang berpengaruh dan membuat karyawan tetap termotivasi. Pada dasarnya, karyawan membutuhkan sebuah proyek yang akan membuat mereka tetap merasa terlibat. Oleh karena itu, pemilik usaha perlu mengevaluasi kembali proyek tersebut setelah karyawan kembali dari liburan untuk memastikan apakah proyek tersebut realistis dan setiap orang berada di halaman yang sama dan mengetahui apa yang ingin dicapai. Luangkan waktu Anda untuk membicarakan mengenai target yang ingin dicapai oleh setiap karyawan agar dapat membantu mereka tetap fokus untuk bekerja dalam mengembangkan bisnis.

Sebelum mengevaluasi target yang akan ditetapkan oleh karyawan, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengevaluasi kinerja karyawan Anda. Bagi pengguna Moka, Anda bisa dengan mudah melihat kinerja karyawan di fitur Shift Moka.

Baca Juga: Menentukan Target Pasar Anda

4. Buat Karyawan Tetap Fokus

4 Cara Membuat Karyawan Produktif Setelah Lebaran (Sumber: Hotel-FB)

Saat kembali bekerja setelah libur Lebaran, banyak ditemukan karyawan yang bekerja lebih lambat dari biasanya. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang sibuk bercengkrama mengenai aktivitas liburan mereka. Hal ini tentunya akan membuat karyawan Anda menunda-nunda pekerjaan mereka.

Akan tetapi tidak semua hal di atas buruk untuk kinerja karyawan Anda. Memberikan waktu untuk karyawan bersosialisasi juga dirasa perlu agar mereka tidak stres. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk menentukan tugas, prioritas dan tenggat waktu untuk masing-masing karyawan. Sehingga setelah selesai bersosialisasi, mereka bisa memiliki daftar tugas dan deadline yang pasti sehingga kecil kemungkinan untuk mereka untuk menunda pekerjaan dan fokus pada pekerjaan.

Nah hal di atas merupakan tips dari Moka dalam membuat karyawan lebih produktif setelah libur panjang Lebaran. Bagaimana dengan Anda? Bagikan juga pengalaman atau tips menarik yang juga Anda gunakan untuk membuat karyawan Anda tetap aktif dan termotivasi setelah liburan di kolom komentar di bawah!

Baca Juga: 5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran

 

 

linkedin

Tags: business insight cara membuat karyawan lebih produktif Lebaran manajemen karyawan memotivasi karyawan