Jika berbicara mengenai festive season di Indonesia, Lebaran merupakan perayaan yang paling besar dan ditunggu oleh banyak masyarakat. Tidak hanya umat muslim saja, banyak yang memanfaatkan perayaan lebaran untuk memberikan keluarga atau bahkan diri sendiri sebuah apresiasi, apalagi kalau bukan liburan atau plesiran. Apalagi sebagai pemilik usaha, Anda juga membutuhkan waktu bersenang-senang dan menghadiahkan diri Anda untuk beristirahat sejenak mencari untuk mencari ide bisnis lainnya.

Liburan yang menyenangkan tidak akan berlangsung lama dan mau tidak mau Anda harus kembali ke kenyataan. Jika kemarin Anda sedang berjemur di tengah teriknya pantai atau menikmati pemandangan hijau di pegunungan, esok harinya Anda kembali ke rutinitas biasa di meja kerja.

Bagi sebagian orang, transisi dari liburan panjang ke rutinitas harian kadang menjadi sebuah mimpi buruk. Tidak jarang di hari  pertama kerja bukannya semangat yang mengiringi tetapi rasa malas dan mood yang kurang baik. Anda tidak harus mengalami hal tersebut jika Anda menerapkan beberapa tips dari Moka agar mood Anda untuk kembali bekerja lebih bersemangat.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka

1. Bangun Lebih Pagi

5 Tips Kembali Produktif Setelah Libur Panjang (Sumber: Billboard)

Kebanyakan orang selalu memaksimalkan cuti mereka saat liburan datang dan memilih untuk kembali sehari sebelum rutinitas kerja kembali dimulai. Hal tersebut dinilai kurang efektif karena nantinya Anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum memulai rutinitas kerja sehingga Anda merasa lelah dan malas. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, minimal sehari di rumah sebelum hari kerja dimulai.

Tidur lebih awal agar Anda bisa bangun sedikit lebih pagi dari biasanya. Hal tersebut akan memberikan permulaan hari yang baik dan waktu untuk mengatur apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan hari ini.

2. Mulai dengan Santai

5 Tips Kembali Produktif Setelah Libur Panjang (Sumber: Well+Good)

Pada hari pertama kerja, usahakan untuk tidak langsung mengatur meeting dan deadline karena hal tersebut akan membuat Anda kewalahan. Buat hari pertama Anda bebas dari jadwal meeting dan janji dengan klien sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengejar informasi yang dilewatkan saat Anda sedang liburan. Gunakan waktu tersebut untuk merencanakan daftar kerja yang akan dikerjakan dan juga untuk memilah mana yang harus diprioritaskan.

Membalas email yang Anda lewati ketika liburan memang penting. Akan tetapi, jangan terlalu fokus untuk membalasnya satu-satu karena tentunya akan menghabiskan waktu produktif Anda. Balas hanya email yang memang penting dan memang membutuhkan waktu yang cepat untuk diproses.

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Buat Anda Produktif

3. Lakukan Catch Up dengan Karyawan dan Bisnis Anda

5 Tips Kembali Produktif Setelah Libur Panjang (Sumber: Yesilist)

Jika Anda pemilik usaha yang tidak memberlakukan libur ketika festive season berlangsung, maka yang Anda lakukan ketika memulai kembali kerja, lakukan sesi catch up bersama dengan para karyawan Anda mengenai informasi apa saja yang dilewatkan selama Anda liburan. Penting juga untuk menjaga interaksi ini secara santai sehingga karyawan Anda tidak merasa tertekan.

Untuk mengetahui jalannya bisnis saat sedang liburan, Anda bisa melakukannya dengan mudah jika menggunakan aplikasi kasir Moka. Cukup melihat laporan yang ada di Backoffice, Anda bisa mengetahui kabar dari bisnis Anda bahkan ketika Anda sedang liburan.

4. Tetap Jaga Diri Anda

5 Tips Kembali Produktif Setelah Libur Panjang (Sumber: Worklife-Coloniallife)

Liburan memang menyenangkan, tapi banyak juga pekerjaan yang sudah menanti Anda di meja kerja. Terkadang mungkin Anda akan tergoda untuk mengerjakan tumpukan tugas yang ditinggalkan hingga lupa waktu. Memulai hari pertama kerja seperti itu hanya akan membuat Anda stres hebat. Kemungkinan membuat kesalahan pun lebih besar dan bahkan Anda malah menjadi kurang produktif.

Pastikan Anda memiliki waktu istirahat di siang hari yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan transisi yang baik sehingga Anda menjadi lebih produktif.

Baca Juga: Tanda Bahwa Tubuh Anda Memerlukan Istirahat

4. Tetap Fokus

5 Tips Kembali Produktif Setelah Libur Panjang (Sumber: TechAcute)

Saat kembali, mungkin banyak orang atau karyawan Anda yang menanyakan kabar dan bagaimana liburan Anda. Tidak hanya itu, banyak berita di surat kabar dan media lainnya yang mungkin membuat Anda merasa ketinggalan akan berita sehingga godaan untuk bercengkrama dan membaca berita di internet sangatlah kuat.

Ingat! Jangan habiskan waktu Anda hanya untuk hal tersebut dan coba untuk tetap fokus untuk mengerjakan pekerjaan. Anda masih bisa bercengkrama dengan karyawan dan klien mengenai liburan saat jam makan siang.

linkedin

Tags: business insight cara menjadi lebih produktif kebiasaan untuk lebih produktif kembali produktif setelah libur Lebaran rahasia produktif