Jika Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi pemilik usaha, berbeda cerita saat Lebaran tiba. Dari Ebook Moka: Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan, sesuai dengan data yang kami miliki, terjadi penurunan penjualan secara drastis hingga 50% setelah Ramadan untuk bisnis F&B dan retail & aksesoris. Hal ini bisa disebabkan karena pola konsumsi masyarakat sudah kembali normal pasca Ramadan sehingga antusiasme masyarakat untuk membeli juga berkurang.

Jadi bagaimana cara meningkatkan penjualan saat dan setelah Ramadan usai? Berikut merupakan strategi yang Moka hadirkan untuk membantu Anda melewati masa-masa buruk pasca Lebaran atau pun liburan.

1. Evaluasi Penjualan dan Tren Market

5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Setelah Lebaran (Sumber: Pexels)

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi penurunan penjualan setelah Lebaran adalah mengevaluasi laporan penjualan Anda. Jika Anda menggunakan Moka, lihat halaman Dashboard & Report di Backoffice dan pelajari insight yang dihadirkan. Misalnya saja, barang apa saja paling banyak dibeli oleh pelanggan.

Nah, di Moka Anda juga bisa mengetahui stok produk apa saja yang memiliki nilai jual rendah. Dengan analisa yang dihadirkan, tentunya akan mempemudah Anda membuat keputusan untuk strategi marketing yang optimal. Misalnya saja, untuk menjual stok produk yang memiliki nilai jual rendah, Anda bisa membuat promo atau diskon untuk produk tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran

2. Buat Promo Diskon Setelah Lebaran

5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Setelah Lebaran (Sumber: Brand Inside Asia)

Pelanggan tidak pernah melewatkan promo diskon kapanpun dan di manapun. Dalam E-book Moka, penurunan penjualan secara drastis bisa diantisipasi dengan menghadirkan berbagai program promo atau diskon yang menarik. Berdasarkan data dari Moka, Merchant yang menerapkan promo setelah peak season mampu mencegah penurunan hanya menjadi -3.65% saja.

Di acara Moka bersama Sleekr lalu pun, Anthony, pemilik Nutrify Catering juga mengatakan hal yang sama. Bahwa 'after holiday discount' bisa membuat usahanya tetap bertahan setelah lebaran dan libur panjang lainnya. Anda mungkin sudah lelah dengan promo diskon dan semacamnya, tetapi hal tersebut pun bisa menjadi cara terbaik untuk menarik pelanggan baru ke toko Anda dan mengantisipasi turunnya penjualan pasca Lebaran.

Promo dan diskon juga mejadi strategi yang ampuh untuk membuat pelanggan setia kembali berbelanja di tempat Anda. Seperti yang diketahui juga dari artikel pelanggan setia yang telah dibahas sebelumnya, pelanggan setia berbelanja lebih banyak dibandingkan pelanggan biasa.

3. Berikan Reward Menarik untuk Pelanggan Setia

5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Setelah Lebaran (Sumber: Loyalty Truth)

Seperti yang dibahas sebelumnya, promo bisa menjadi cara yang ampuh untuk memaksimalkan penjualan pasca Lebaran sekaligus manarik pelanggan baru. Nah, agar strategi promosi Anda tidak sia-sia, ubah pelanggan baru mereka menjadi pelanggan setia dengan menghadirkan program loyalitas. Apalagi di Moka, Anda bisa membuat program loyalitas sendiri tanpa aplikasi pihak ketiga. Semuanya langsung di Backoffice Moka.

Untuk pelanggan setia yang telah terdaftar di program loyalitas Anda, hadirkan program reward menarik untuk belangganan agar mereka tetap kembali datang untuk berbelanja di toko Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka

4. Buat Kompetisi

5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Setelah Lebaran (Sumber: Money Magpie)

Jika Anda memiliki budget marketing lebih, Anda bisa membuat kompetisi atau kontens online. Misalnya, dengan menggunakan media online yang dimiliki seperti Instagram, Anda bisa mendorong pelanggan untuk mengirimkan foto keseruan mereka saat liburan bersama dengan produk Anda dan tawarkan hadiah kepada pelanggan yang mengikuti dan melakukan repost di media online mereka. Kompetisi ini juga menjadi peluang Anda untuk mempromosikan produk atau servis oleh pelanggan.

5. Luncurkan Produk atau Servis Baru

5 Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Setelah Lebaran (Sumber: Thumbelina Lillie)

Cara lain menarik banyak pelanggan untuk datang dan berbelanja di toko Anda saat liburan adalah dengan meluncurkan produk atau servis baru. Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan bonus atau produk gratis tersebut dengan syarat pembelian dengan nominal tertentu. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam mencegah penurunan penjualan saat libur Lebaran.

Baca Juga: 12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka

Penurunan penjualan pasca lebaran memang tidak bisa dihindari, namun dengan tips-tips yang diberikan oleh Moka di atas setidaknya bisa mengantisipasi penurunan drastis penjualan di toko Anda. Baca juga artikel inspirasi bisnis Moka lainnya yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis agar lebih sukses, untung dan berkembang.

 

linkedin

Tags: bisnis saat lebaran business insight Lebaran Meningkatkan penjualan setelah lebaran