5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka

Author by Miky

Banyak momen yang dilewati bersama keluarga selama libur Lebaran, bersilahturahmi ke keluarga besar untuk merayakan bersama Lebaran. Liburan bersama keluarga seharusnya santai dan juga menyenangkan. Tetapi bagi sebagian orang, termasuk para pelaku usaha, libur Lebaran justru bisa menjadi hal yang melelahkan. Perjalanan yang panjang dan bersosialisasi bisa membuat lelah Anda baik fisik maupun pikiran. Terkadang malah, pikiran Anda tidak bisa berhenti memikirkan bisnis yang ditinggalkan atau lebih buruk lagi, justru Anda merasa kurang bersemangat untuk kembali bekerja. Bukannya beristirahat, justru libur Lebaran ini Anda semakin lelah dan tidak bersemangat.

Padahal jika Anda rencanakan sungguh-sungguh, libur Lebaran ini bisa menjadi momen yang tepat untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda agar kembali segar dan bersemangat untuk menjalankan bisnis. Berikut adalah tips dari Moka bagaimana Anda dapat bersantai sambil merayakan Lebaran bersama keluarga tercinta.

Baca Juga: 12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka

1. Persiapkan Mental

5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka (Sumber: Raw Pixel)

Mempersiapkan mental Anda untuk bersosialisasi dengan keluarga. Hal ini penting, terutama bagi Anda yang memiliki sifat introvert. Waktu yang lama dalam berbincang dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh sanak saudara tentunya akan menguras pikiran dan tenaga Anda. Biasakan di pagi hari untuk meluangkan waktu Anda untuk melakukan ritual seperti minum kopi dan lainnya yang bisa mengosongkan pikiran Anda untuk membantu mempersiapkan mental Anda.

2. Bersabar Adalah Kuncinya

5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka (Sumber: Dailymail)

Berinteraksi bersama dengan keluarga yang jarang ditemui saat merayakan Lebaran bersama terkadang bisa menjadi sebuah bencana. Ada beberapa orang yang mungkin tersingguh atau bahkan marah dengan komentar atau opini yang dilontarkan, meski hal tersebut bukan diakibatkan oleh Anda. Untuk itu, lebih baik jika Anda menjadi pribadi yang responsif dibandingkan pribadi yang reaktif. Jika hal buruk terjadi, tarif nafas dan berpikir positif bahwa keadaan tersebut tidak selalu berasal dari diri Anda dan jadilah pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi hal tersebut.

3. Perkuat Hubungan dengan Orang Terdekat

5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka (Sumber: dream.co.id)

Gunakan libur Lebaran ini untuk memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang terdekat atau yang jarang Anda jumpai. Peluk mereka ketika berjumpa karena memeluk dapat melepaskan hormon oxytocin ke tubuh, yang mana dapat menurunkan detak jantung dan hormon cortisol. Hormon cortisol sendiri merupakan hormon yang dapat menyebabkan stres, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Sehingga, memeluk akan memberikan perasaan rileks pada tubuh.

4. Nikmati Suasana Sekitar

5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka (Sumber: Traveling Yuk)

Hal yang paling menyenangkan saat pergi mudik ke kampung halaman adalah, Anda bisa menikmati pemandangan yang masih alami dengan suasana kampung atau pedesaan yang asri. Berada di kota besar dengan pemandangan kemacetan lalu lintas dan gedung perkantoran akan membuat Anda merasa stres. Oleh karena itu, pulang ke kampung halaman adalah kesempatan besar untuk Anda untuk rileks dari segala kepenatan ibu kota. Apalagi, jika Anda memiliki kampung halaman yang masih alami dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Pergi keluar rumah dan nikmati pemandangan. Hal tersebut akan menghilangkan stres dan menjernihkan pikiran sehingga dapat menginspirasi dan membuat Anda lebih kreatif.

5. Akhiri dengan Refleksi Diri

5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka (Sumber: Zimbio)

Kembali ke kampung halaman dan bertemu keluarga besar juga memberikan Anda kesempatan untuk mengenang momen lama yang dilewati bersama dengan mereka. Anda dapat merefleksikan kejadian atau pencapaian yang dialami di masa lampau. Luangkan waktu di akhir hari untuk memikirkan hal apa saja yang patut Anda syukuri dan siapa saja yang telah menginspirasi dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan saat ini.

Tahukah Anda, bahwa memvisualisasikan kenangan di masa lampau dan bersyukur dapat melepaskan hormon serotonin di dalam tubuh? Serotonin sendiri adalah hormon yang membuat Anda bahagia. Depresi dan rasa kesepian sendiri bisa muncul saat seseorang kekurangan hormon serotonin. Oleh karena itu, jika Anda mengalami depresi atau stres, luangkan waktu Anda untuk merefleksikan hal apa saja yang telah dicapai dan apa saja yang patut disyukuri dalam hidup ini.

Itu tadi tips dari Moka agar Anda bisa menikmati libur Lebaran Anda dengan tenang dan nyaman sehingga saat Anda kembali ke rutinitas harian, Anda merasa lebih bersemangat, inspiratif dan kreatif. Bagikan juga pengalaman Anda dalam menikmati libur Lebaran bersama orang tercinta di kampung halaman di kolom komentar kami. Selamat liburan!

linkedin

Tags: business insight Lebaran liburan ala pengusaha menikmati liburan