5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran

Author by Miky

Libur Lebaran tinggal menghitung hari. Bagi para pemilik usaha, libur Lebaran buka berarti mereka meliburkan bisnis mereka. Banyak dari mereka juga yang justru memanfaatkan Lebaran untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Jika pemilik usaha masih semangat dalam menjalankan bisnisnya ketika libur, berbeda dengan karyawan yang mana tentunya akan menurunkan semangat kerja dan menuntaskan deadline pekerjaan karena masih harus bekerja saat liburan. Meski begitu, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha agar karyawan tidak kehilangan motivasi dalam bekerja. Berikut 5 cara untuk memastikan karyawan dan bisnis Anda tetap produktif selama libur Lebaran.

1. Dorong Mereka untuk Mengambil Cuti

5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran (Sumber: Marketeers)

Hal ini justru mungkin terlihat kontradiktif untuk Anda. Akan tetapi jika Anda ingin karyawan lebih terlibat dan memiliki kinerja yang baik, mendorong mereka untuk menggunakan jatah cuti mereka maka cara ini tentu berhasil. Karyawan yang menggunakan jatah cuti berati sama saja dengan kekurangan orang untuk mengurus bisnis. Bagaimana mengatasinya?

Solusinya adalah dengan mengatur manajemen waktu yang lebih baik dan efisien dengan sisa karyawan yang ada. Buat jadwal shift yang dapat efektif yang bisa menutupi kurangnya karyawan. Dengan begitu, Anda masih bisa menawarkan fleksibilitas pada karyawan tanpa harus mengorbankan produktivitas bisnis.

Baca Juga: 12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka

2. Tentukan Tujuan yang Spesifik

5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran (Sumber: Busy Monk)

Banyak dari bisnis memberikan banyak proyek dan strategi marketing untuk karyawan demi mencapai target penjualan. Akan tetapi, banyak juga proyek tersebut ada tanpa kepastian waktu yang jelas kapan deadline dan timeline-nya. Coba untuk membuat target jangka pendek yang memiliki tujuan jelas dan lebih realitas. Membagi goals bisnis menjadi target jangka pendek akan memastikan karyawan tidak kehilangan fokusnya dalam mengembangkan bisnis.

3. Biasakan Membuat Laporan Mingguan

5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran (Sumber: Smash Your To Do List)

Beberapa mungkin berpendapat bahwa laporan mingguan merepotkan dan membuang banyak waktu. Laporan mingguan tidak harus selalu berupa laporan penjualan. Apalagi, jika Anda sebagai pemilik usaha yang menggunakan aplikasi kasir Moka, Anda dan karyawan tidak perlu menyusun laporan penjualan setiap minggunya. Cukup lihat di Backoffice Moka, semuanya sudah tersedia.

Laporan mingguan untuk karyawan bisa berupa info mengenai status proyek atau program yang sedang dijalankan, apa yang telah dicapai di minggu ini hingga kesulitan yang dialami.

Laporan ini perlu diperbaharui setiap minggunya meskipun dalam masa liburan agar karyawan dapat tetap fokus dalan menjalankan tugasnya.

4. Tunda Proyek Besar Hingga Lebaran Usai

5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran (Sumber: Ben Reed)

Produktivitas bagi sebagian karyawan, baik yang bekerja atau tidak, akan turun selama liburan. Untuk itu, pikiran kembali untuk menunda proyek besar hingga momen Lebaran selesai. Proyek besar biasanya membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama. Dengan terpotongnya masa pengerjaan ketika liburan, tentunya sedikit tidak masuk akal jika Anda mengharapkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Libur Lebaran Ala Pengusaha Moka

5. Berikan Apresiasi Kerja pada Karyawan

5 Cara Memastikan Bisnis Tetap Produktif Selama Libur Lebaran (Sumber: E2logy)

Banyak bentuk apresiasi kerja yang bisa diberikan kepada karyawan. Misalnya saja seperti bingkisan kecil untuk masing-masing karyawan. Jika Anda memiliki bugdet yang ketat, coba untuk memberikan kartu ucapan yang ditulis sendiri oleh Anda untuk masing-masing karyawan. Memberikan apresiasi kepada mereka secara langsung akan lebih berarti dan bisa jadi memotivasi mereka untuk lebih semangat dalam bekerja.

Dengan perencanaan yang tepat, Anda masih bisa memaksimalkan bisnis dengan karyawan yang ada. Karyawan yang merasa dihargai dan dimengerti memiliki potensi untuk menjadi karyawan yang loyal dan dapat memotivasi mereka untuk kerja lebih keras dan baik lagi.

linkedin

Tags: bisnis produktif selama liburan bisnis saat lebaran business insight Lebaran