Layaknya sebagian besar masyarakat Indonesia atau mayoritas, Anda sebagai pemilik usaha tentunya pasti melakukan mudik lebaran juga. Mudik sendiri merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi sejak lama kala Lebaran tiba dan dilakukan oleh masyarakat perantauan. Jarak tempuh yang dilakukan bervariasi, ada yang hitungan jam bahkan hingga berhari-hari tergantung lokasi kampung halaman.

Tidak hanya menjalankan bisnis saja, mudik atau pulang kampung pun perlu dimaksimalkan agar tidak ada yang tertinggal. Menyiapkan fisik adalah nomor satu apalagi jika Anda menempuh perjalanan jauh.

Tidak hanya fisik, ini beberapa tips mudik ala Moka yang harus dipersiapkan agar mudik semakin lancar.

1. Persiapkan Kendaraan Agar Mudik Aman

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Pexels - Artem Bali)

Mempersiapkan kendaraan mudik merupakan hal penting yang harus dilakukan terlebih jika Anda berniat membawa kendaraan sendiri. Apalagi, jika trek yang ditempuh merupakan jalur gunung yang berisi tanjakan dan turunan. Pastikan Anda melakukan service kendaraan di bengkel sebelum mudik dan jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan alat-alat mobil seperti tali derek, dongkrak, ban serep dan lainnya.

2. Pastikan Urusan Toko Anda Sudah Kelar

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Pexels - Tim Mossholder)

Nah untuk para pebisnis, pastikan bahwa urusan toko seperti gaji karyawan, pembayaran listrik, telepon ataupun kredit usaha sudah selesai sebelum Anda pergi mudik. Jika toko Anda tetap buka saat mudik dan mempercayakan toko kepada karyawan, pastikan bahwa Anda memiliki perangkat yang bisa dapat memantau bisnis Anda di mana dan kapan saja, misalnya dengan menggunakan Moka. Dengan Moka, Anda bisa memantau aktivitas penjualan melalui Backoffice yang bisa diakses melalui laptop bahkan perangkat mobile seperti ponsel dan tablet.

Baca Juga: Strategi Usaha Parcel Lebaran di Momen Bulan Suci Ramadhan

3. Rencanakan Pengeluaran dan Buat Daftar Prioritas

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Freepik)

Biaya mudik sendiri tidaklah murah. Untuk itu, merencanakan semua pengeluaran saat mudik lebaran sangatlah penting. Dimulai dari biaya transportasi, oleh-oleh, tol, makanan dan minuman ketika mudik hingga biaya-biaya yang dikeluarkan ketika tiba di kampung halaman. Jangan lupa juga menghitung biaya pasca mudik yang perlu direncanakan juga agar Anda tidak kehabisan uang saat pulang.

Jika pengeluaran yang telah direncanakan melebihi batas anggaran, maka buatlah daftar prioritas pengeluaran mana yang lebih penting dan didahulukan. Pastikan juga Anda memiliki dana cadangan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

4. Bawa Bekal Makanan yang Cukup

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Working Picnic)

Bagi Anda yang memiliki perjalanan cukup panjang ketika mudik Lebaran, membawa bekal makanan dari yang berat hingga ringan pun merupakan suatu keharusan. Karena tidak semua daerah didukung oleh para penjaja makanan. Kalau pun ada, tentunya Anda tidak bisa memastikan higienis atau tidaknya makanan tersebut. Membawa makanan ringan juga tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat menghilangkan kebosanan sekaligus menghemat pengeluaran.

5. Bawa Banyak Air

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Topntp26 - Freepik)

Selain bekal makanan, membawa asupan air yang banyak juga penting. Tidak hanya untuk minum saja, air yang dibawa memiliki banyak manfaat di jalan nantinya, apalagi jika Anda berada di tempat yang sulit mendapatkan air. Misalnya saja untuk mengisi radiator kendaraan yang kering dan panas, untuk mencuci tangan ketika makan di perjalanan. Nah bagi yang memiliki bayi, air sangat penting ketika si kecil buang air besar di jalan.

6. Jangan Lupa Obat-Obatan

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Smart Parenting)

Periksa kembali apakah obat-obatan yang diperlukan dan dibutuhkan kembali sudah dipersiapkan dengan baik. Minyak angin, betadine, obat sakit kepala, maag, mabuk kendaraan hingga obat khusus wajib dibawa.

Baca Juga: Tanda Bahwa Tubuh Anda Memerlukan Istirahat

7. Uang Receh Jangan Sampai Ketinggalan

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Refined Guy)

Uang tunai memang penting dibawa, akan tetapi ada juga uang lainnya yang tidak boleh ketinggalan, yaitu uang receh. Uang receh diperlukan untuk membayar parkir, toilet umum hingga 'polisi cepek' yang bertebaran sepanjang jalan untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar. Uang tunai yang nominalnya lebih besar juga sebaiknya dibawa secukupnya karena cukup banyak ATM yang tersedia sepanjang jalan. Membawa secukupnya juga dapat mencegah hal kriminal yang bisa saja menimpa Anda.

8. Charger Ponsel dan Powerbank: Barang yang Tidak Boleh Tertinggal

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Car from Japan)

Jika Anda bekerja mobile atau bahkan masih memantau penjualan melalui aplikasi Moka di ponsel, maka membawa charger ponsel hingga powerbank adalah keharusan. Hal ini untuk memastikan bahwa baterai Anda tetap cukup, apalagi jika Anda dalam keadaan darurat.

Persiapkan juga kartu SIM dengan provider yang berbeda karena ada kalanya di daerah tertentu sinyal ponsel salah satu provider tidak bisa menjangkau daerah tersebut. Sehingga ketika hal tersebut terjadi dan dalam keadaan darurat, Anda masih bisa menggunakan kartu/ponsel lainnya.

Baca Juga: Alasan Memilih Moka

9. Siapkan Peta Jalur Mudik

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Pexels - Negative Space)

Teknologi memang sudah berkembang di mana Anda bisa melihat peta perjalanan melalui ponsel Anda. Meski begitu, tetap penting menyiapkan peta jalur mudik khusus. Biasanya peta ini disediakan oleh perusahaan jasa atau institusi khusus dan memuat segala informasi yang dibutuhkan seperti rest area, posko Lebaran hingga kondisi jalan yang tentunya lebih lengkap dibandingkan aplikasi peta yang ada.

10. Manfaatkan Layanan Posko Gratis

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Fokus Islam)

Pemerintah biasanya juga memberi dukungan untuk masyarakat yang mudik dengan menghadirkan layanan posko mudik. Cari tahu titik mana saja posko dibuka dan manfaatkan fasilitas gratis yang tersedia, misalnya saja tempat beristirahat hingga pijat gratis.

11. Hiburan Itu Wajib!

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Pixabay)

Bawa hiburan kesukaan Anda saat mudik untuk menghilangkan kebosanan di perjalanan yang panjang dan macet yang tidak berkesudahan. Misalnya saja, buku, mp3 player, CD musik yang bisa diputar di perjalanan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki anak, membawa mainannya juga penting agar mereka tidak rewel di jalan.

Baca Juga: Sebuah Playlist Membuat Anda Bekerja Lebih baik

12. Bawa Alas Leher dan Bantal

12 Tips Mudik Lebaran Ala Moka (Sumber: Connacht-Tribune)

Perlengkapan lain yang tidak kalah penting adalah alas leher dan juga bantal. Duduk berlama-lama di dalam kendaraan tentunya akan membuat badan pegal. Agar pengalaman mudik semakin terasa nyaman, alas/bantal leher untuk pengemudi bisa menjadi solusinya. Sedangkan untuk para penumpang terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil, bantal juga bisa memberikan kenyamanan ketika tidur di dalam kendaraan.

Membawa bantal juga memiliki manfaat sendiri setelah sampai di tempat tujuan, misalnya saja ketika menginap di rumah sanak saudara dan bantal yang tersedia tidak mencukupi Anda bisa ketika beristirahat. Tidak perlu berebut dengan saudara lainnya, karena Anda sudah memiliki bantal sendiri.

Itu tadi merupakan tips mudik dari Moka. Periksa kembali persiapan agar Anda bisa mudik dengan tenang, aman dan nyaman. Masih memiliki bisnis yang masih berjalan saat mudik Lebaran? Jangan khawatir, serahkan saja pada Moka! Anda bisa memantau aktivitas bisnis melalui perangkat seluler dan laptop kapan saja dan di mana saja kampung halaman Anda berada.

 

linkedin

Tags: mudik lebaran pulang kampung tips mudik lebaran ala Moka Uncategorized