Perkembangan pembayaran secara mobile dari setiap harinya semakin meningkat. Hal ini bisa jadi disebabkan karena lebih dari 70% populasi di dunia telah menggunakan ponsel untuk aktivitas sehari-harinya. Maka, sangat memungkinkan sekali jika perkembangan mobile payment akan terus meningkat.

Data Release Mobile Payment di IndonesiaPertumbuhan mobile payment di Indonesia diawali oleh Telkomsel yang merilis layanan T-Cash pada tahun 2007. Setelah itu, mulai banyak industri perbankan dan pengembang aplikasi mobile payment lain yang bermunculan dan meramaikan industri ini. T-Cash sendiri terhitung hingga tahun 2017 telah memiliki 10 juta pengguna.

Data Pengguna Mobile PaymentMobile payment memang telah berkembang cukup pesat hingga tahun ini, tetapi ternyata perkembangannya sendiri lebih lambat dari pada yang telah diantisipasi sebelumnya. Meski begitu, mobile payment tetap digadang-gadang sebagai masa depan dari transaksi pembayaran di dunia.

Pertimbangan Keamanan

Apakah Bisnis Anda Perlu Menerima Mobile Payment? (Sumber: fnbn.com)

Pertimbangan yang paling utama ketika masyarakat ingin mengadopsi metode pembayaran ini adalah mengenai keamanan data yang disimpan secara online di ponsel mereka.

Pelanggan sebenarnya menginginkan cara yang efektif dalam melakukan transaksi menggunakan mobile payment. Akan tetapi, isu-isu mengenai mudah bocornya data pelanggan ke publik telah menurunkan kepercayaan mereka terhadap keamanan mobile payment.

Meski begitu, penyedia mobile payment di Indonesia telah terbukti memiliki tingkat keamanan yang mumpuni. Otentikasi yang disediakan oleh penyedia layanan transaksi saat membuka dompet virtual sangat membantu dan membuktikan kepada pelanggan bahwa mobile payment yang mereka gunakan hanya dapat diakses oleh pengguna yang memegang ponsel atau melalui sensor sidik jari, password hingga pin.

Penyedia layanan mobile payment juga banyak yang menggunakan QR Code atau bahkan token yang digunakan untuk melakukan transaksi tanpa harus memberikan informasi seperti nomor kartu Anda.

Tubuhnya Ekosistem Pembayaran Digital

Adopsi pemakaian mobile payment memang lambat, akan tetapi dengan munculnya komunitas cashless payment atau Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah didukung oleh pemerintah, lambat laun dapat mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan mobile payment sebagai metode transaksi pembayaran pilihan mereka.

Data Pertumbuhana Mobile Payment di IndonesiaMeski tergolong lambat, data di atas membuktikan bahwa dibandingkan dengan penetrasi metode pembayaran yang ada di Indonesia, pertumbuhan mobile payment terus membalap metode pembayaran lainnya.

Tidak hanya itu, dari penyedia layanan mobile payment sendiri banyak menghadirkan promo-promo menarik yang bisa di dapatkan pelanggan yang menguntungkan baik pelaku usaha maupun penyedia layanan. Penyedia layanan ini juga secara spesik menawarkan solusi pembayaran tertentu misalnya saja Go-Pay untuk pembayaran transportasi online.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan penyedia layanan, maka selanjutnya adalah bagaimana para pelaku usaha menghadirkan opsi pembayaran ini. Karena dengah hal tersebut, masyarakat akan sadar bahwa pembayaran melalui mobile payment sangat menguntungkan dan mudah dilakukan. Hal ini juga secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan terhadap sistem mobile payment yang aman dan percaya.

Jadi apakah bisnis Anda perlu menerima mobile payment?

Jawabnya adalah ya. Apalagi untuk bisnis UKM, efisiensi yang ditawarkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan cash flow mereka.

Simak video ini untuk melihat kemudahan layanan mobile payment

Apakah bisnis Anda siap menerima mobile payment?

Menurut survey bisnis yang dilakukan AT&T, 72% pelaku usaha telah menggunakan mobile apps dan 40% bisnis UKM perangkat teknologi untuk kegiatan bisnisnya. Jika Anda termasuk salah satunya, maka jawabannya adalah, ya Anda sudah siap mengadospi mobile payment ke bisnis Anda.

Apalagi untuk para Merchant Moka, saat ini aplikasi Moka POS telah terintegrasi dengan mobile payment seperti OVO yang mana tentunya akan memudahkan Merchant dalam menghadirkan opsi pembayaran ini. Nantinya Moka juga akan bekerja sama dengan T-Cash dan Dana untuk menghadirkan opsi pembayaran yang lebih variatif untuk pelanggan.

Untuk Anda Merchant Moka, sudah aktivasi pembayaran OVO di aplikasi Moka Anda? Kalau belum, yuk aktivasi sekarang di Backoffice Moka GRATIS tanpa biaya tambahan. Anda bisa mencari tahu cara mengaktivasi di sini atau klik tombol di bawah ini untuk aktivasi langsung.

Aktivasi Sekarang!

 

 

linkedin

Tags: aktivasi OVO di Moka business insight mobile payment pembayaran digital pembayaran digital untuk bisnis UKM Technology