Banyak yang masih beranggapan bahwa puasa menurunkan produktivitas kerja. Padahal tidak sepenuhnya anggapan tersebut benar-benar terjadi jika Anda mengkonsumsi makanan yang baik. Banyak yang mengabaikan hal ini dan lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan saja. Padahal, tubuh lebih membutuhkan nutrisi yang baik dibandingkan dengan hanya sekedar rasa kenyang saja.

Bisa jadi, makanan yang dikonsumsi justru membuat Anda menjadi lapar atau bahkan mengantuk sehingga sulit berkonsentrasi ketika melakukan pekerjaan.

Jadi, makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi selama puasa di bulan Ramadan agar tetap produktif? Berikut merupakan pilihannya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Buat Anda Produktif

Beras Merah

Beras Merah - makanan yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: Indo Indians)

Karbohidrat masih menjadi sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk menu berbuka atau sahur Anda. Mengapa? Beras biasa atau nasi putih cenderung memiliki kadar gula lebih banyak dibandingkan beras merah yang mana proses pemecahannya lebih cepat sehingga membuat Anda cepat kelaparan.

Sebaliknya, beras merah memiliki karbohidrat yang lebih kompleks sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat dalam beras merah pun baik untuk pencernaan lambung.

Meski begitu, masih banyak orang yang tidak terbiasa atau bahkan tidak suka mengkonsumsi beras merah. Trik sederhananya adalah, dengan mengkombinasikan beras putih dan beras merah untuk menu puasa Anda.

Aneka Sayuran Hijau dan Berwarna

Sayuran hijau - makanan yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber:
Elixir-Magazine)

Sayur menjadi makanan yang wajib ketika sahur dan berbuka. Sayur-sayuran terutama yang memiliki warna cerah memiliki kandungan serat yang tinggi dan mineral penting lainnya yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan enzim dalam tubuh. Tidak hanya itu, serat yang terkandung di dalamnya dapat menjaga sistem pencernaan agar lebih lancar.

Buah-Buahan

Buah - makanan yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: Wallhere com)

Hampir seluruh jenis buah baik dikonsumsi oleh manusia. Ketika berpuasa, buah-buahan yang cocok dikonsumsi adalah buah yang memiliki kandungan air tinggi. Misalnya saja melon, semangka atau pir. Buah yang memiliki kadar air tinggi dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang diperlukan saat puasa. Vitamin yang terkandung dalam buah juga akan membantu untuk menjaga metabolisme tubuh. Serat yang dimiliki juga baik untuk tubuh layaknya sayur-sayuran.

Perlu diingat, sebaiknya hindari buah yang terlalu manis untuk menghindari lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Buah yang asam juga kurang baik dikonsumsi apalagi dalam keadaan perut kosong.

Kurma

Kurma - makanan yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: Huffington Post)

Kurma merupakan salah satu jenis buah. Meski begitu, kurma merupakan makanan yang tepat dan dianjurkan ketika berpuasa. Banyak yang merekomendasikan untuk berbuka dengan kurma. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tidak hanya baik untuk berbuka, kurma juga baik untuk sahur karena mengandung serat dan tiga jenis zat gula yang baik yaitu: glukosa, sukrosa dan fruktosa. Konsumsi yang dianjurkan sendiri adalah 2-3 buah kurma.

Daging

Daging - makanan yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: Great British Chefs)

Daging dan ikan merupakan sumber protein yang baik untuk berpuasa. Protein diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi selain karbohidrat sehingga Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari. Tidak hanya itu, mengkonsumsi protein juga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Ada yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi daging saat berpuasa. Terlalu banyak makan banyak daging akan menyebabkan bau mulut. Hal ini karena, saat cairan tubuh berkurang selama berpuasa, protein dari daging akan berubah menjadi asam amino dan bakteri dari mulut ini yang nantinya akan memecah asam mini dan menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Susu dan Turunannya

Susu - minuman yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: Food Allergy Research & Education)

Susu dan produk turunan seperti yogurt atau keju juga direkomendasikan sebagai hidangan berpuasa karena kaya akan kalsium yang baik untuk kekuatan tulang dan energi. Susu juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Baca juga: Resep Es Kepal Milo Viral dan Kekinian Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

Air Putih

Air putih - minuman yang harus dikonsumsi saat puasa (Sumber: foodandwaterwatch.org)

Berpuasa atau tidak, air putih merupakan minuman yang wajib di konsumsi. Apalagi di saat berpuasa, tubuh banyak kehilangan cairan sehingga tubuh menjadi cepat lelah. Meminum air putih yang cukup akan menjaga cairan di dalam tubuh saat berpuasa dan mengembalikannya ketika berbuka. Air juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi ketika berpuasa.

Makanan dan minuman di atas memiliki kandungan gizi yang baik yang dapat menambah energi sehingga Anda tetap beraktivitas dan sama produktifnya seperti hari-hari biasa.

Selain makanan yang dianjurkan, Anda juga harus mengetahui makanan apa yang perlu dihindari saat berpuasa.

Makanan yang terlalu Manis, Asin dan Pedas

Makanan asin, pedas, manis - makanan yang harus dihindari saat puasa (Sumber: egyres.com)

Makanan yang terlalu manis tidak dianjurkan sebagai menu berpuasa karena kandungan gula yang tinggi pada makanan akan menyebabkan darah tinggi. Makanan yang terlalu asin juga tidak baik dikonsumsi apalagi ketika sahur dimana akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar sodium dari tubuh sehingga Anda bisa merasa lebih haus sepanjang hari. Lain halnya dengan makanan pedas, makanan ini tidak di anjurkan karena akan membahayakan lambung apabila di makan ketika perut kosong.

Minuman yang Mengandung Kafein

kafein - minuman yang harus dihindari saat puasa (Sumber: Big Think)

Jika Anda penikmat kopi di pagi hari, usahakan untuk mengurangi asupan karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung. Tidak hanya itu, mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein saat puasa akan menyebabkan Diuresis (sering buang air kecil) yang mana hal ini akan menyebabkan dehidrasi.

Makanan Gorengan dan Lemak

Gorengan - makanan yang harus dihindari saat puasa (Sumber: Festival Foods)

Makanan seperti gorengan atau yang mengandung minyak berlebih juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi karena untuk mencernanya dibutuhkan energi yang besar. Kehilangan energi tentunya akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Nah, itu tadi merupakan makanan dan minuman sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Makanan di atas tentunya memiliki kandungan yang baik dan dapat memberikan energi untuk mendukung Anda menjalankan aktivitas sehingga Anda tetap produktif.

 

 

linkedin

Tags: makanan yang baik untuk puasa makanan yang harus dihindari saat puasa minuman yang baik untuk puasa minuman yang harus dihindari saat puasa puasa Ramadan Uncategorized