Industri bisnis seperti perawatan dan kecantikan tubuh di Indonesia merupakan salah satu usaha yang cukup memiliki prospek yang cukup bagus. Barbershop atau salon merupakan contoh dari bisnis yang meramaikan industri ini. Meski terlihat sederhana, ternyata bisnis ini pun cukup mendatangkan keuntungan yang lumayan. Ini karena, banyak orang baik pria walaupun wanita sadar akan penampilan diri dan ingin terlihat bergaya.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop (Sumber: thisisthebarbershopcom)

Melihat prospek bisnis yang cukup menjanjikan, pada akhirnya banyak para pelaku bisnis melirik usaha ini sehingga terjadi persaingan bisnis yang kompetitif. Anda memiliki apa yang bisnis ini butuhkan, karyawan yang berpengalaman, harga yang terjangkau, pelayanan dan hasil kerja yang berkualitas sehingga pelanggan terpuaskan Tetapi dengan pasar yang lebih kompetitif, bagaimana Anda menarik pelanggan lebih banyak? Yuk simak tips sukses menjalankan bisnis barbershop atau salon agar menarik lebih banyak pelanggan.

1. Pikirkan Apa yang Pelanggan Inginkan dan Butuhkan

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Salon/Barbershop (Sumber: Salon Belle Frisco)

Kita tahu bahwa pelanggan yang datang ke barbershop atau salon adalah orang yang ingin mendapatkan pelayanan nomor satu dan hasil yang memuaskan. Tetapi, Anda juga harus bisa mengetahui hal lainnya yang pelanggan inginkan dan butuhkan hingga hal-hal terkecil.

Misalnya saja dengan menyajikan hiburan kecil seperti majalah ataupun TV di ruang tunggu sehingga mereka tidak akan bosan. Tanyakan kepada mereka majalah atau stasiun TV apa yang mereka ingin lihat.

Pelayanan yang ramah adalah kunci sukses dalam berbisnis, misalnya saja dengan mengajak pelanggan berbicara. Meski begitu, tidak semua pelanggan sama. Beberapa mungkin datang dengan harapan untuk melepas penat dari aktivitas sehingga hal terakhir yang mereka butuhkan adalah ketenangan. Oleh karena itu, ada baiknya jika karyawan Anda bertanya terlebih dahulu kepada pelanggan.

Baca Juga: Salon Ini Telah Mempercantik Pelanggannya Selama 18 Tahun

2. Kenali dan Jalin Hubungan dengan Komunitas yang Ada

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop dan Salon (Sumber: Ting Cheng)

Dalam berbisnis, peran komunitas cukup berpengaruh terhadap jalannya usaha. Oleh karena itu, kenali komunitas-komunitas lokal yang ada dan coba jalin hubungan dengan mereka untuk kerja sama yang menguntungkan. Misalnya saja, dengan menghadirkan kelas khusus/workshop di dalam komunitas tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan komunitas untuk mengiklankan bisnis dengan meninggalkan kartu nama atau brosur.

3. Bangun Eksistensi Anda di Media Online

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Salon (Sumber: Elite4Web)

Tidak dipungkiri lagi, media online merupakan salah satu faktor penunjang kelangsungan bisnis. Anda bisa menggunakan penyedia situs seperti Blogspot atau Wordpress untuk membuat situs bisnis Anda sendiri. Media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram juga cukup penting. Dapatkan banyak pelanggan dan libatkan dengan konten reguler seperti foto, kompetisi/giveaway atau informasi-informasi penting seperti waktu libur toko. Jika salah satu pelanggan menanyakan pertanyaan di media sosial, pastikan untuk segera membalasnya dan berikan pelayanan yang sama layaknya Anda melayani mereka di toko Anda.

Jika Anda telah memiliki beberapa online channel tersebut, kembangkan dan tingkatkan lagi dengan update secara rutin konten-konten yang ada di dalamnya. Pastikan bahwa informasi yang di posting merupakan hal terbaru yang ada di dalam bisnis.

Google Business juga merupakan media online yang tidak kalah penting. Daftarkan bisnis di Google agar pelanggan dapat menemukan Anda lebih mudah. Bayangkan saja ketika pelanggan mencari barbeshop atau salon terdekat dan bisnis, Anda tidak masuk dalam daftar pencarian, tentunya hal ini akan merugikan dan kehilangan banyak pelanggan potensial.

Baca Juga: Bagaimana Memaksimalkan Bisnis Anda Menggunakan Media Online

4. Gunakan Perangkat Modern

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Barbershop dan SalonCara-cara tradisional biasanya dianggap lebih baik. Meski begitu, menghadirkan sesuatu yang modern juga tidak merugikan bisnis ini. Mengadopsi teknologi modern di barbeshop atau salon dapat memberikan kesan kepada pelanggan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan mengikuti perkembangan zaman dan tidak kalah dengan kompetitor di luar.

Perangkat modern tidak hanya berupa alat-alat yang digunakan untuk melayani pelanggan saja, aplikasi kasir seperti Moka POS sebagai contohnya. Aplikasi kasir ini tidak hanya membantu Anda memaksimalkan aktivitas transaksi atau operasional bisnis tetapi juga administratif seperti mencatat laporan penjualan hingga mengatur inventaris. Tidak hanya itu, analisa bisnis yang dihadirkan pada Moka POS dapat membantu Anda dalam menentukan strategi dan keputusan bisnis selanjutnya.

5. Buat Promo yang Menarik dan Spesial

Inspirasi Usaha Ibu Rumah Tangga Make up ArtistCara terbaik untuk menarik banyak pelanggan adalah dengan menawarkan mereka promo-promo menarik yang tidak dapat mereka tolak, misalnya saja potongan setengah harga ketika memotong rambut atau paket perawatan rambut. Agar semakin spesial, buat program referral atau kupon diskon terbatas untuk pelanggan.

Baca Juga: 4 Ide Marketing Usaha Salon

6. Iklankan Bisnis Anda Melalui Channel yang Ada

Sukses Menjalankan Bisnis SalonSetelah Anda memiliki berbagai program promo yang menarik, langkah selanjutnya adalah dengan mengiklankan hal tersebut agar pelanggan bisa melihat.

Jika Anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, coba untuk membuat anggaran tambahan khusus untuk keperluan iklan bisnis. Ada banyak cara untuk mengiklankan bisnis, TV dan iklan offline lainnya mungkin kurang cocok untuk bisnis UKM karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan iklan berbasis online seperti Facebook, Google atau bahkan Instagram Ads.

Cara lain dalam mengiklankan bisnis adalah dengan memanfaatkan situs penyedia kupon, misalnya saja seperti Fave, agar lebih banyak pelanggan tertarik untuk datang.

Dengan mengiklankan dan mempromosikan bisnis terus menerus, toko menjadi lebih dikenal sehingga ketika pelanggan ingin membutuhkan jasa potong rambut atau perawatan lainnya, mereka akan memikirkan datang ke toko Anda. Promosi juga merupakan sebagai bentuk kesepakatan antara pelanggan untuk datang. Karena orang-orang cenderung tertarik untuk mencoba tempat baru ketika mereka mendapatkan penawaran yang cukup menguntungkan.

linkedin

Tags: bisnis barbershop bisnis salon business insight cara menarik pelanggan barbershop dan salon