7 Tanda Anda Siap Mengembangkan UsahaSeorang pebisnis tentunya memiliki impian untuk terus mengembangkan usaha menjadi lebih maksimal. Bentuk pengembangan usaha pun beragam, baik pengembangan produk, jasa, tempat dan lainnya. Saat bisnis yang dijalankan sudah terbilang sukses, maka langkah selanjutnya yang terpikirkan adalah mengembangkan bisnis itu sendiri. Ekspansi bisnis ini akan menjadi langkah untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Hal ini tentu saja cukup membuat Anda bersemangat untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya. Meski begitu, keadaan bisnis yang sukses bukan hanya hal yang harus dipertimbangkan untuk melakukan ekspansi. Anda harus memastikan bahwa usaha Anda siap untuk berkembang. Berikut merupakan tanda bahwa Anda siap mengembangkan bisnis.

1. Pelanggan Kembali Datang

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki pelanggan setia. Pelanggan yang terus kembali ke toko Anda merupakan salah satu bukti bahwa pelayanan yang dihadirkan dapat memuaskan mereka. Pelanggan setia juga berbelanja 3 kali lebih banyak, ini berarti Anda memiliki pendapatan dan bisnis yang stabil. Mendapatkan pelanggan setia sendiri bukanlah perkara yang sulit tetapi bukan juga hal yang mudah. Ingin tahu bagaimana menarik pelanggan setia? Anda bisa membaca artikelnya di sini.

2. Pelanggan Ingin Anda Berkembang

Dari pelanggan juga, Anda bisa mengetahui apakah Anda siap melakukan ekspansi bisnis jika mereka meminta Anda untuk membuka toko/cabang di daerah tertentu atau terdapat permintaan yang besar pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika pelanggan meminta hal tersebut, ini mengindikasikan bahwa Anda memiliki dukungan penuh dari pelanggan.

3. Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Anda merasa bahwa toko Anda menjadi lebih sempit dan padat karena permintaan pasar yang tinggi sehingga Anda harus menyediakan stok produk dan karyawan yang lebih banyak untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa sudah waktunya Anda untuk mencari tempat yang lebih besar atau lokasi baru yang menjanjikan.

4. Memiliki Karyawan yang Solid

Ekspansi bisnis membutuhkan banyak tenaga dan akan menyita waktu karena Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk menangani perluasan bisnis. Disinilah peran karyawan Anda dibutuhkan. Apakah Anda siap mempercayakan bisnis kepada mereka? Apakah mereka siap diberikan kepercayaan untuk mengelola bisnis? Apakah Anda dan mereka memiliki tujuan yang sama dalam hal mengembangkan bisnis. Jika jawabannya tidak, Anda harus menyelesaikan kekurangan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk Anda sebelum memulai usaha untuk memiliki strategi perekrutan karyawan yang baik agar dapat memiliki karyawan solid yang memiliki motivasi sama seperti Anda dalam mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Ketika Anda Merekrut Karyawan

5. Memiliki Manajemen Sistem yang Kuat

Jangan berpikir untuk melakukan ekspansi jika manajemen sistem yang ada Anda belum cukup kuat menopang jalannya bisnis Anda. Misalnya saja, jika penjualan Anda melonjak dua kali lipat esok hari, apakah karyawan Anda siap untuk menangani permintaan pasar yang tinggi? Apakah Anda memiliki rencana inventaris yang efisien? Apakah perlu melakukan training terlebih dahulu ketika Anda merekrut karyawan baru? Apakah Anda memiliki sistem yang dapat membantu Anda dalam mendukung aktivitas operasional usaha yang tepat?

Dengan manajemen sistem yang kuat, ketika melakukan ekspansi dan harus menangani secara langsung, Anda tidak perlu khawatir lagi menyerahkan pekerjaan pada karyawan karena mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan melalui manajemen sistem yang telah ada dan ditetapkan.

6. Memiliki Produk yang Inovatif

Salah satu kiat bertahan dalam industri bisnis adalah memiliki produk yang inovatif. Karena dengan begitu, bisa mengurangi tingkat persaingan sekaligus menarik minat pelanggan dengan produk yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Dengan meningkatnya permintaan pada produk, tentunya keuntungan yang didapat menjadi lebih maksimal. Hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa bisnis yang dijalankan telah sukses.

7. Memiliki Modal yang Cukup

Selain dari poin-poin di atas, hal yang tidak kalah penting apakah Anda sudah siap mengembangkan usaha atau tidak adalah Modal. Modal tidak hanya dibutuhkan saat memulai usaha saja. Dalam mengembangkan bisnis pun, modal juga memiliki peranan yang cukup penting. Pada dasarnya, pendapatan bisnis yang dimiliki lalu dikurangi dengan berbagai pengeluaran akan memperlihatkan berapa banyak uang yang dimiliki oleh usaha Anda. Jika Anda memiliki aliran dana yang lancar, pemasukan dan bisnis yang stabil, mungkin ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan usaha Anda.

Meski begitu, perlu diingat bahwa mengembangkan sama halnya dengan membangun usaha, dibutuhkan banyak modal untuk mewujudkan rencana Anda. Bisnis yang sukses dan memiliki pemasukan yang stabil bukan berarti uang yang dimiliki cukup. Hal paling mudah dalam melihat perkembangan bisnis Anda adalah dengan menggunakan aplikasi point of sale / kasir seperti Moka POS. Aplikasi Moka POS tidak hanya membantu aktivitas operasional tetapi juga hal administratif seperti mencatat penjualan, mengelola inventaris dan menyajikan analisa penjualan yang komprehensif dan akurat. Sehingga Anda tahu keadaan bisnis Anda.

Baca Juga: Pentingkah Modal dalam Mengembangkan Usaha?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal, misalnya saja dengan mencari partner/rekan bisnis yang tepat atau memanfaatkan instansi simpan pinjam atau perusahaan startup financial technology (fintech) yang menyediakan pinjaman modal secara online.

Jadi, apakah saya harus mengembangkan bisnis?

Anda bisa mengembangkan bisnis setelah memikirkan 7 hal di atas. Sebelumnya, pastikan dengan benar apakah bisnis yang dijalani sudah siap berkembang.

Jika masih belum yakin, jangan terburu-buru. Pergunakan waktu Anda sebaik-baiknya untuk menyusun rencana dalam mengembangkan bisnis yang sudah ada. Bangun karyawan, pelanggan, pendapatan dan sistem yang kuat terlebih dahulu. Sehingga ketika semua telah siap, Anda bisa membawa bisnis ke jenjang selanjutnya dan Anda bisa lebih menikmati prosesnya.

linkedin

Tags: business insight cara mengembangkan usaha mengembangkan bisnis tanda siap mengembangkan usah