Business Insight Focus BisnisLebihBaik

4 Tips Manfaatkan Mobil Nganggur sebagai Peluang Usaha saat Ramadan

By Miky on May, 16 2018

cara buka rental mobil

Jika Anda sedang kebingungan untuk menentukan bisnis di bulan Ramadhan, tak ada salahnya mencoba bisnis sewa mobil. Rental/sewa mobil termasuk jasa layanan menyewakan kendaraan. Biasanya, penyedia usaha ini sudah menyediakan berbagai macam kendaraan yang dapat dipilih, baik itu city car, mobil keluarga, maupun mobil lainnya.

Apa Sih Kelebihan Berbisnis Rental Mobil Saat Bulan Ramadhan?

Dengan peminat rental mobil yang sangat banyak, tentu mereka memiliki alasan tersendiri kenapa harus memilih menyewa mobil dibandingkan menggunakan transportasi umum. Berikut beberapa alasannya:

 

1. Praktis dan Mudah

Menggunakan mobil dalam jangka waktu sebentar, seperti untuk keperluan mudik tentu tak harus membeli mobil yang baru. Sebab Anda dapat menyewanya menggunakan jasa penyedia rental mobil. Sehingga perjalanan pun menjadi lebih praktis dan mudah dibanding harus mengantri menunggu kendaraan yang lewat atau sekedar membeli tiket pesawat ataupun kereta api.

Baca Juga: Dapat Duit sambil Jalan-Jalan, Ini 18 Tips Terampuh Mulai Bisnis Travel di 2018

 

2. Lebih Menghemat Pengeluaran

Di bulan suci Ramadhan ini, tentu saja penyedia usaha rental mobil menawarkan berbagai macam promo menarik untuk menjalankan usaha mereka. Dari situlah keuntungan para konsumen. Anda dapat memanfaatkan promo yang ditawarkan tersebut untuk menghemat pengeluaran Anda yang membengkak di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Yuk Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan dengan 4 Tips Promosi Berikut

 

3. Mendapatkan Layanan Lengkap

Penyedia usaha rental mobil umumnya akan memberikan sopir pribadi yang dapat dipesan, sehingga mempermudah Anda selama diperjalanan. Selain itu, menggunakan sopir akan mempermudah perjalanan yang Anda lalui sehingga bisa terhindar dari yang namanya kemacetan.

Baca Juga: 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

 

Lalu, Bagaimana Menjalankan Usaha Rental Mobil?

 

1. Mempersiapkan Kendaraan

cara buka rental mobil

Untuk menjalankan usaha rental mobil ini, sebaiknya Anda harus mempersiapkan beberapa kendaraan sewa. Sebaiknya jenis mobil yang Anda pilih adalah mobil keluarga, sebab mobil jenis ini dapat menampung lebih banyak orang. Seperti mobil kijang innova, xenia, dan masih banyak yang lainnya. Persiapkan pula dokumen dan surat penting kendaraan sesuai peraturan.

 

2. Kerja Sama Dengan Pemilik Kendaraan

cara buka rental mobil

Jika Anda mempunyai modal yang tak cukup banyak, Anda dapat menggunakan sistem kerjasama dengan pihak pemilik mobil. Misalnya dengan menitipkan kendaraan mereka di tempat Anda, kemudian mereka bisa mendapatkan uang tambahan sebagai gantinya. Biasanya pemilik mobil memperoleh tambahan uang sekitar 2%-2,5%.

 

3. Membuat Pembukuan Lengkap

cara buka rental mobil

Ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menghindari terjadinya kecurangan. Dengan membuat sistem pembukuan yang lengkap, akan meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Di dalam pembukuan ini, Anda bisa memasukkan jumlah pemasukan, pengeluaran, debit, kredit, uang tak terduga, dan tabungan. Anda juga bisa mengatur apakah angka-angka ini akan direkap harian, mingguan, atau bulanan.

 

4. Menawarkan Jasa Supir

cara buka rental mobil

Anda bisa melengkapi usaha rental mobil dengan menyediakan jasa supir. Usahakan supir yang direkrut mempunyai pengetahuan luas tentang rute perjalanan yang sering dilewati.

Anda juga bisa bekerja sama dengan bengkel yang berkualitas untuk perawatan mobil sewaan Anda. Sehingga jika terjadi permasalahan yang mengganggu pada kendaraan Anda, dapat langsung diperbaiki.

Baca Juga5 Jenis Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

Nah, dari sejumlah tips terkait cara membuka rental mobil, apakah Anda sudah siap membuka jasa rental mobil? Semoga sukses ya!

Unduh juga E-book kami tentang strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia