Ide Bisnis Paling Banyak Dicari di Bulan Ramadan Selain Bisnis Kuliner

Author by Miky

Seperti kita ketahui, hal yang wajib dilakukan saat ingin terjun ke dunia bisnis di bulan Ramadan yaitu dengan melakukan survei pasar. Caranya dengan mencari peluang usaha yang memiliki kesempatan cukup lebar bagi Anda agar bisa mengeruk keuntungan. Berikut beberapa ide bisnis paling banyak dicari di bulan Ramadan:

Membuka Usaha Reservasi Tiket

(Sumber: Ezfolio)

Hari raya adalah momen berkumpulnya keluarga besar. Bagi orang yang jauh dari kampung halaman demi mencari nafkah, tentu akan memanfaatkan momen lebaran untuk melepas kangen bersama keluarga besar. Jadi tak heran jika lebaran tiba terminal-terminal, airport, dan stasiun kereta api pun akan disesaki banyak orang yang berangkat mudik. Mereka biasanya berburu kendaraan agar bisa pulang menuju kampung halaman. Sama halnya ketika lebaran sudah usai, mereka berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari nafkah dan melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

Lewat rutinitas budaya seperti itu, ada peluang yang sangat besar untuk Anda. Karena Anda bisa mengambil keuntungan lewat fenomena arus mudik maupun arus balik dengan berbisnis reservasi tiket. Entah itu tiket travel, bus, tiket kapal laut, kereta api, hingga tiket pesawat.

Membuka Usaha Sewa Kendaraan

(Sumber: Fireflycayman)

Tak jarang orang yang pulang mudik harus kehabisan tiket karena membludaknya jumlah penumpang. Inilah yang membuat sebagian orang merasa kesulitan mendapatkan kendaraan saat pulang kampung. Apalagi jika tidak jauh-jauh hari melakukan pemesanan tiket, jangan harap untuk mendapatkan kendaraan saat pulang. Namun untuk Anda yang memiliki keluarga di satu daerah dan tidak harus mudik, lalu kebetulan Anda mempunyai kendaraan pribadi, tak ada salahnya untuk membuka peluang usaha sewa kendaraan atau rental kendaraan dengan menyewakan kendaraan pribadi Anda.

Jasa rental kendaraan umumnya banyak dicari saat menjelang lebaran, karena lebih praktis dan hemat waktu. Meskipun harganya cukup tinggi, tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk mengurungkan niatnya menggunakan jasa rental kendaraan karena berbagai alasan. Karena itulah, bisnis rental kendaraan bisa menjadi bisnis yang paling tepat untuk Anda di bulan Ramadan.

Bisnis Ekspedisi

(Sumber: Antarbarang)

Masyarakat yang akan mudik serta berencana untuk membawa banyak barang bawaan biasanya lebih memilih memakai jasa pengiriman atau ekspedisi untuk mengirimkan semua barang bawaannya langsung ke kampung halaman. Tak jarang, ada pula yang ikut mengirim sepeda motor memakai jasa ekspedisi ini. Karena itu, sudah lumrah rasanya jika di bulan suci Ramadan jasa pengiriman barang menjadi banyak dicari.

Bisnis Service Kendaraan

(Sumber: Doktermobil)

Bisnis service kendaraan seperti bengkel juga menjadi usaha yang tak kalah ramai, karena banyak dikunjungi pelanggan tepatnya di akhir-akhir bulan suci Ramadan. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang mempersiapkan kendaraan pribadinya sebelum digunakan untuk perjalanan mudik mereka.

linkedin

Tags: business insight ide bisnis ide peluang bisnis peluang bisnis ramadan