Anda telah memiliki usaha dan sudah memiliki cukup pelanggan. Anda mungkin mulai berpikir untuk menjangkau pelanggan baru yang lebih banyak. Nah, salah satu cara untuk mengembangkan usaha Anda adalah dengan memaksimalkannya secara online.

Membuka peluang usaha baru secara online adalah salah satu cara yang paling bijak agar usaha yang sebelumnya telah Anda miliki bertahan di zaman sekarang. Dengan semakin bertambahnya pengguna internet di Indonesia, dunia digital dapat membuat perubahan yang signifikan pada usaha Anda. Tentunya jika dieksekusi dengan baik.

Ikut merambah ke dunia digital dan punya kehadiran yang kuat secara online lebih dari sekadar memiliki website dan akun media sosial. Saat mulai membangun aset digital, entah itu website ataupun platform media sosial, Anda ingin agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan pelanggan Anda. Untuk itu, pastikan Anda melakukan tips berikut ini.

Baca Juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

1. Buat website

(Sumber: Designazure)

Semakin banyaknya orang yang memiliki akses terhadap internet, website adalah hal wajib yang harus dimiliki usaha Anda. Walaupun usaha yang Anda miliki utamanya beroperasi secara offline, semisal coffee shop atau kafe, adanya website akan membuka potensi untuk menjalin hubungan yang lebih kuat pada pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Contohnya Anda adalah pengusaha yang memiliki sebuah restoran, website yang Anda miliki tidak hanya sebatas menyajikan menu yang ada di restoran. Di dalamnya juga bisa terdapat blog yang menyajikan beberapa artikel mengenai resep makanan sehat yang berguna bagi para pelanggan Anda. Sehingga Anda dapat memberikan pendapat yang berguna, terlepas dari produk apa yang Anda tawarkan ke pelanggan.

2. Pastikan desain website yang Anda miliki enak dilihat

(Sumber: londa britishcollege)

Tidak hanya di dunia nyata, first impression juga berlaku secara online. Tidak akan ada orang yang ingin datang ke website yang secara visual terlihat buruk. Tapi selain harus menarik secara visual, Anda juga harus memastikan pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima oleh pelanggan.

Selain visual yang kuat, konten yang berkualitas serta waktu load yang cepat juga sama pentingnya. Terakhir, pastikan informasi mengenai kontak dapat dengan mudah dilihat ketika seseorang pertama kali membuka website Anda.

3. Bangun website yang juga mobile friendly

(Sumber: Huffington Post)

Sebagian besar orang mengakses internet melalui smartphone mereka, entah saat berada di transportasi umum, di tempat kerja, hingga saat pulang kerja. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa Anda harus memiliki website yang juga optimal untuk mobile. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan website mobile meliputi kenyamanan membaca dan navigasi serta waktu load yang singkat.

Baca Juga: Menjalankan Bisnis Melalui Dunia Digital

4. Pastikan kontak yang Anda sediakan di website selalu bisa dihubungi

(Sumber: Go4customer)

Berkat Google, orang cenderung mencari informasi pertama kali lewat internet. Jika Anda sudah memiliki basis online yang kuat antar platform, ini akan membuatmu lebih duntungkan dibanding pesaingmu yang lain.

Untuk itu, buat usaha Anda dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan lewat kontak yang selalu bisa dihubungi 24/7. Tentu adanya internet sangat memungkinkan ini terjadi, seperti email, fitur pesan yang ada di platform e-commerce, lewat akun media sosial, ataupun chatbot yang tersedia di website. Selain itu, memiliki opsi pembayaran yang beragam juga akan memudahkan pelangganmu.

5. Jangan memanfaatkan semua platform media sosial

(Sumber:Sprout Social)

Jika usaha yang Anda miliki berencana merambah internet, bukan berarti Anda harus punya semua akun media sosial. Ingat bahwa kebiasaan dari pengguna tiap media sosial berbeda-beda. Pertama-tama, tentukan kira-kira pelanggan Anda lebih banyak menggunakan platform media sosial yang mana dan jenis konten apa yang ingin Anda coba sampaikan.

Jika mereka lebih sering menghabiskan waktunya membuka Instagram, maka Instagram for Business-lah yang paling cocok. Kalau mereka lebih sering menggunakan Facebook, maka buatlah Facebook Fan Page.

6. Implementasi local SEO

(Sumber: PPL Labs)

Anda tidak bisa menghiraukan pentingnya local SEO jika ingin hadir secara online. Secara spesifik, local SEO digunakan untuk mengoptimasi suatu halaman di mesin pencari yang umumnya diterapkan oleh usaha-usaha lokal.

Sebelum Anda menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan global SEO, mengiplementasi local SEO bisa membuat usaha Anda berada pada halaman pertama hasil pencarian Google di daerah Anda. Tentunya hal ini berguna ketika orang-orang mencari tempat di daerah sekitar usaha Anda.

Misalnya, Anda memiliki usaha restoran di Kemang. Ketika Anda telah mengoptimasi local SEO, saat orang mencari ‘Restoran di Kemang’ lewat Google Search, usaha restoran yang Anda miliki bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Anda bisa memanfaatkan local SEO dengan cara memasukkan local keywords di dalam konten website Anda dan mengoptimasinya menggunakan meta tags. Menanamkan Google Map pada halaman kontak di website serta mendaftarkan usaha Anda di Google My Business juga akan sangat membantu.

7. Rawat aset digital yang Anda miliki dengan baik

(Sumber: LiveChat)

Apakah itu berupa website yang tidak diperbaharui ataupun halaman Facebook yang tidak diurus, jika itu semua ditinggalkan dampaknya akan merusak citra yang telah Anda bangun selama ini. Misalnya, jika ada pelanggan yang datang membuka website maupun halaman Facebook Anda dan melihat kontennya sudah lama tidak diperbaharui, mereka akan cenderung berpikir bahwa Anda telah menutup usaha yang akhirnya membuat mereka pindah ke kompetitor.

Jika penggunaan media online sudah maksimal dan pelanggan terus berdatangan, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan teknlogi online lainnya untuk mendukung jalannya operasional bisnis yang semakin ramai dengan menggunakan aplikasi kasir Moka POS yang juga bisa digunakan secara offline agar laporan penjualan lebih akurat dan jelas. Tidak ketinggalan juga pelayanan kepada pelanggan pun semakin optimal sehingga mereka lebih puas.

Baca Juga: Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

 

 

linkedin

Tags: business insight media online media online untuk bisnis media sosial media sosial untuk bisnis penggunaan media online untuk bisnis penggunaan media sosial Technology