Ketika memasuki sebuah restoran, Anda bisa melihat dengan mudah mengetahui apakah restoran tersebut masih menggunakan sistem table management (pengelolaan meja) yang "kuno" atau masih tertinggal jika Anda atau pelanggan lainnya masih mencari-cari meja kosong saat restoran penuh, banyak komplain yang berdatangan ke pelayan karena tidak kunjung dilayani atau bahkan salah pesanan dan Manager restoran pun berusaha semaksimal mungkin untuk membuat pelanggan tenang dan senang. Tetapi ketika kekacauan di restoran sudah tidak bisa dihindari karena kurangnya efisiensi, pelanggan pun sudah memiliki pandangan negatif dan tidak bisa menikmati.

Di era teknologi modern saat ini, mungkin banyak yang berpikir bahwa skenario seperti di atas jarang terjadi. Tapi kenyataannya masih banyak restoran yang menggunakan sistem table management yang sederhana untuk bisnisnya yang hanya bermodalkan kertas dan pensil dan ingatan pelayan akan denah meja di restoran. Padahal, sudah banyak teknologi canggih yang bisa di adopsi oleh pemilik usaha untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengoptimalkan penjualan.

Baca Juga: Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

Gunakan Teknologi untuk Mempercepat Pelayanan

Ketika seorang pelanggan harus menunggu untuk sebuah meja di restoran, hal tersebut tentunya sudah membuatnya tidak nyaman dan ada kemungkinan restoran kehilangan profit. Teknologi diciptakan untuk mempermudah Anda menjalankan bisnis, contohnya adalah sistem point of sale (POS) atau yang lebih dikenal sebagai aplikasi kasir modern. Sistem POS saat ini memiliki banyak kelebihan yang tidak hanya diperuntukan untuk mengelola akunting atau inventaris semata tetapi juga memaksimalkan pelayanan bisnis tanpa banyak usaha.

Meningkatkan pengalaman pelanggan di restoran dengan makanan berkualitas dan pelayanan yang maksimal adalah tujuan semua pemilik restoran. Mengelola pengaturan meja agar pelanggan bisa dengan cepat mendapatkan meja tentunya tidak akan membuat kehilangan profit dan malah meningkatkan profit Anda sendiri. Pelayanan yang seperti ini bisa didapatkan dengan mudah jika Anda menggunakan sistem POS, seperti Moka POS yang bisa menghadirkan denah atau layout meja di tablet Anda. Tidak hanya sekedar menghadirkan dena meja, di fitur Table Management Moka, Anda bisa mengetahui setiap status meja yang ada di dalam restoran apakah sudah terisi atau tersedia untuk pelanggan sehingga baik pelanggan atau pelayan restoran tidak perlu bersusah payah untuk mencari meja yang tersedia. Tentunya hal ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih positif dan mengurangi waktu pelayan sehingga mereka bisa semakin fokus dalam melayani hal lain yang lebih penting.

Baca Juga: Mengenal Fitur Baru Moka, Table Management!

Memaksimalkan Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Keuntungan

(Sumber: Coaching With Christina)

Berbicara mengenai menjalankan bisnis, sebagai pemilik usaha Anda pasti menetapkan goal atau tujuan kepada karyawan yang harus dicapai terutama mengenai target penjualan. Fitur table management seperti yang ada di Moka bisa memudahkan karyawan untuk melihat detail produk dan jumlah nominal pembelian setiap pelanggan. Ini berarti karyawan Anda dapat dengan mudah menganalisa pembelian yang belum optimal sehingga mereka dapat membuat keputusan dengan untuk menawarkan kembali produk yang mungkin dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian tambahan.

Jika karyawan Anda mencapai atau malah melebihi target penjualan yang ditentukan, tentunya hal ini akan meningkatkan profit sehingga Anda mendapatkan keuntungan lebih besar.

Manfaatkan Analisis Data yang Tersedia

Kelebihan lain yang dimiliki sistem POS adalah penyajian data yang dihadirkan secara akurat di backoffice. Data yang diperoleh tentunya akan mempermudah pemilik bisnis atau manajemen restoran untuk mengambil keputusan bisnis lebih baik yang didasarkan oleh fakta dari data yang ada. Dapat dengan mudah memiliki akses untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan pelanggan, rata-rata nominal transaksi yang dikeluarkan per meja bahkan per orangnya, berapa banyak orang yang makan dalam satu meja, produk apa yang paling banyak diminati dan produk apa saja yang di batalkan tentunya akan memudahkan Anda mengetahui tren penting yang sedang berlangsung sehingga Anda bisa meningkatkan pelayanan dan mengurangi biaya.

Baca Juga: Table Management Dashboard & Report, Analisa Bisnis F&B Tanpa Repot

Komunikasi Adalah Kunci Sukses Restoran

Bukan rahasia lagi jika komunikasi adalah kunci sukses untuk restoran yang ingin berkembang. Akan tetapi, banyak restoran yang masih memiliki komunikasi yang minim antara manajemen, pelayan bahkan staff dapur. Misalnya saja saat pelanggan ingin menukar meja dan pelayan terlalu sibuk sehingga terdapat kesalahan pada pengantaran pesanan karena staff dapur tidak diberikan pemberitahuan sebelumnya.

Disinilah teknologi POS memiliki peran penting untuk bisnis Anda. Dengan table management, Anda bisa mengelola meja sesuai dengan keadaan nyata dilapangan. Menentukan pesanan berdasarkan nomor meja bisa membuat staff dapur lebih mudah memenuhi pesanan pelanggan. Tidak hanya itu, pergantian meja akan dilakukan secara otomatis di aplikasi sehingga pelayan dan staff dapur Anda tahu kemana makanan harus diantar. Dengan terjalinnya komunikasi yang lancar terhadap karyawan, hal ini tentunya akan menghadirkan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Pelayanan yang efisien berarti pengalaman pelanggan yang lebih baik dan tentunya kenaikan profit yang menguntungkan untuk restoran.

Sistem table management tidak harus rumit, kuno dan membuat Anda stress karena teknologi POS seperti Moka yang hadir saat ini akan memfasilitasi bisnis Anda dengan fitur canggih yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Restoran yang ingin mendapatkan keuntungan harus bisa menerima dan mengadopsi teknologi POS untuk dapat bersaing secara kompetitif di era digitalisasi ekonomi.

linkedin

Tags: aplikasi kasir moder business insight point of sale rahasia sukses restoran Restoran sistem POS table management