Menjalankan sebuah bisnis terkadang membuat Anda kelelahan hingga terkadang membuat Anda sulit untuk membuka mata di pagi hari untuk memulai aktivitas harian. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu produktivitas Anda untuk melakukan hal yang lain. Yuk simak 5 kebiasaan di pagi hari ini yang bisa membuat Anda semakin produktif setiap harinya.

1. Atur Alarm Pagi secara Konsisten

(Sumber: Pixabay)

Kebiasaan pertama yang terlihat sepele namun ternyata memiliki dampak yang cukup besar yaitu dengan mengatur alarm pagi secara konsisten, misalnya saja dengan mengatur waktu jam bangun Anda di jam 5 pagi secara terus menerus. Tahukan Anda bahwa dengan mengatur jam bangun secara konsisten, otak dan tubuh akan mengingat kebiasaan ini sehingga Anda bisa bangun tepat waktu setiap harinya. Dengan menerapkan kebiasaan ini, Anda juga bisa bangun lebih mudah tanpa harus menunda-nunda waktu bangun Anda. Bangun lebih pagi juga berarti Anda memiliki banyak waktu untuk memulai kegiatan lebih santai sehingga banyak hal yang bisa Anda selesaikan.

2. Tulis Daftar Kegiatan yang Ingin Dicapai Per Hari

(Sumber: The Verge)

Menuliskan daftar kegiatan yang ingin dilakukan dan dicapai per harinya adalah salah satu hal yang dapat membuat Anda semakin produktif. Daftar kegiatan ini bisa dipikirkan ketika Anda melakukan aktivitas di pagi hari saat mandi atau sarapan dan bisa dicatat di buku agenda atau di ponsel Anda.

Dengan menuliskan kegiatan yang ingin dilakukan, kegiatan menjadi lebih terorganisir sehingga Anda bisa lebih fokus melakukan sesuatunya. Kegiatan yang dicatat tidak hanya berupa kegiatan penting yang berhubungan dengan pekerjaan saja seperti meeting atau menyelesaikan pekerjaan harian saja, hal kecil seperti "berbelanja kebutuhan dapur" hingga "olahraga di gym" juga bisa dimasukkan ke daftar.

3. Sisipkan Quality Time Anda di Pagi Hari

(Sumber: Pinterest)

Setiap kegiatan menggunakan energi yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Layaknya mesin, tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Untuk itu, berikan waktu jeda di pagi hari untuk "quality time" Anda sendiri. Misalnya saja, jika di pagi hari sebelum berangkat kerja Anda membuka email dan membalasnya satu-persatu, ubah hal tersebut. Gunakan waktu Anda sebelum bekerja di rumah untuk menikmati secangkir kopi atau teh hangat dan sarapan yang lezat sambil membaca berita, buku atau laporan penjualan Moka POS yang bisa diakses dimana saja dan selalu diperbaharui setiap harinya sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu dilakukan ketika Anda sampai di tempat kerja.

4. Makan Makanan yang Menyehatkan

(Sumber: Eatholidays)

Tahukan Anda bahwa makanan yang sehat tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda? Makanan yang menyehatkan juga berdampak pada pikiran Anda sehingga membuat lebih berenergi dan fokus sehingga Anda lebih semangat dan produktif dalam bekerja. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi atau makan siang. Pilih untuk mengkonsumsi makanan rumahan daripada makanan cepat saji di luar.

Jangan malu untuk membawa bekal dari rumah. Selain lebih higienis dan kesehatannya lebih terjaga, dengan membawa bekal Anda bisa menghemat uang. Jika bekal bukan merupakan opsi yang tepat untuk Anda, gunakan saja jasa katering sehat yang banyak bermunculan saat ini. Dengan kedua opsi tersebut, Anda juga bisa menghemat waktu karena Anda tidak perlu mencari-cari tempat makan yang tepat. Selain itu, menu yang variatif tentunya juga tidak akan membuat Anda bosan.

5. Tidur yang Cukup

(Sumber: Mirror UK)

Rahasia sesungguhnya untuk memiliki hidup yang produktif setiap harinya adalah dengan tidur yang cukup. Berbeda usia berbeda juga kebutuhan tidurnya. Tidur yang cukup tidaklah harus persis 8 jam saja. Untuk orang dewasa, tidur yang ideal per harinya adalah 7-9 jam. Tidur yang cukup juga tidak hanya berdampak pada produktivitas Anda seharinya, manfaat lainnya adalah mencegah resiko penyakit jantung. Karena orang yang memiliki waktu tidur yang kurang memiliki resiko penyakit jantung 48% dan stroke 15%.

Tips lainnya adalah, sebelum Anda tertidur coba untuk merefleksikan kembali apa yang Anda lakukan, dicapai, hingga kegagalan atau kejadian yang tidak mengenakan yang terjadi hari ini. Hal ini bisa menjadi pelajaran penting sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dan Anda bisa memulai hari esok lebih baik lagi.

linkedin

Tags: business insight cara menjadi lebih produktif kebiasaan untuk lebih produktif rahasia produktif