Mengapa Mobile Payment Penting untuk Bisnis Anda?

Author by Miky

Teknologi menggiring pelanggan untuk melakukan transaksi dengan menggunakan tipe Point of Sale (POS) yang berbeda-beda. Kartu kredit dan debit misalnya adalah elemen yang dibutuhkan agar proses transaksi tersebut bisa berjalan. Agar pengalaman tersebut bisa dirasakan, Merchant pun harus dapat memenuhi kebutuhan transaksi ini dengan menghadirkan saluran pembayaran yang terpercaya, cepat dan aman.

Perubahan besar ke mobile payment

Akan tetapi, semenjak beberapa tahun belakang, terdapat perkembangan yang cukup besar dan mempengaruhi perubahan metode pembayaran dimana pelanggan banyak beralih menggunakan mobile payment sebagai moted favorit mereka. Perubahan tersebut bisa terjadi karena adanya dorongan dari maraknya bisnis digital atau e-commerce dan penggunaan telepon seluler yang berbasis internet atau smartphone.

(Source: FIME)

Baca Juga: Revolusi Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital

Mobile payment untuk bisnis

Menghadirkan mobile payment dalam bisnis Anda akan meningkatkan hubungan dengan pelanggan karena pembayaran jenis ini cepat dan mudah. Pelanggan tidak harus mencari kartu debit, kredit, membership atau bahkan menjawab banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kasir ketika melakukan pembayaran. Dengan mobile payment, yang pelanggan butuhkan hanyalah menunjukkan ponsel dan sistem akan secara otomatis menyelesaikan transaksi mereka. Tidak hanya itu, bahkan beberapa pelanggan bisa mendapatkan reward berupa diskon secara langsung.

(Source: Samsung)

Dari sisi bisnis, dengan menggunakan mobile payment, pelaku usaha bisa mendapatkan akses mengenai informasi pelanggan seperti pola berbelanja, preferensi hingga riwayat berbelanja mereka sehingga Anda bisa membuat keputusan menganai strategi marketing berdasarkan data-data yang diberikan.

Mengenai keamanan, mobile payment sendiri sebenarnya lebih aman dibandingkan dengan bentuk pembayaran lainnya. Hal ini karena data yang ada di mobile payment terlah dienskripsi sehingga mengurangi resiko pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini dapat membangun kepercayaan yang kuat antara Merchant dan juga pelanggan. Jika ponsel yang pelanggan miliki hilang atau dicuri, data akan tetap aman karena dapat dikunci secara otomatis dan sebagai tambahan, banyak ponsel dan mobile payment yang menggunakan sidik jari sebagai bentuk identifikasi untuk memverifikasi pembayaran.

Pengembangan mobile payment tidak hanya berhenti disitu saja. Saat ini banyak mobile payment yang telah terintegrasi dengan bentuk pembayaran lainnya, misalnya saja sistem POS. Dengan integrasi ini, pelaku usaha bisa memberikan berbagai pilihan pembayaran termasuk mobile payment untuk pelanggannya.

Integrasi mobile payment dengan point of sale

Pengembangan mobile payment tidak hanya berhenti disitu saja. Saat ini banyak sistem point of sale yang mengembangkan teknologi aplikasi kasir tersebut untuk bisa menerima pembayaran melalui mobile payment. Dengan dikembangkannya sistem POS yang bisa diintegrasikan dengan mobile payment tentunya akan mempermudah bisnis dimana proses transaksi akan lebih cepat dan tidak memakan waktu banyak sehingga pemillik bisnis dan karyawan bisa menggunakan waktunya untuk fokus melayani pelanggan.

 

(Source: GDP Venture)

Pelayanan pelanggan yang maksimal dan memberikan kesan positif terhadap bisnis pastinya akan membuat pelanggan Anda kembali dan memiliki potensi untuk menjadi pelanggan setia Anda. Seperti yang telah dibahas di artikel mengenai pelanggan setia sebelumnya, pelanggan seperti itu memiliki banyak keuntungan dimana salah satunya adalah pelanggan akan mempromosikan atau merekomendasikan bisnis Anda ke orang terdekat mereka.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Pelanggan Setia Anda

Kebalikannya jika kesan pelanggan negatif, maka hal ini tentunya akan membuat pelanggan untuk enggan kembali ke bisnis dan menghilangkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan setia.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk mengadopsi teknologi canggih berupa mobile payment di bisnis Anda?

linkedin

Tags: business insight mobile payment pembayaran digital Technology