Sukses dari Bawah dengan 10 Tips Memulai Usaha Kecil Ini

Author by Miky

Menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur yang sukses saat ini menjadi dambaan banyak orang. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin memulai untuk mengembangkan ide dan berwirausaha, 10 tips memulai usaha kecil yang akan kita bahas disini tentunya bisa membantu Anda menemukan langkah yang tepat untuk sukses di dunia usaha.

Berbicara mengenai bisnis atau dunia usaha, banyak orang yang saat ini sukses dengan kekayaan yang melimpah memulai dengan usaha yang kecil. Ambil contoh seperti Mark Zuckenberg, pemilik Facebook, mungkin dia tak pernah menyangka bahwa usaha kecilnya bisa menghasilkan sesuatu yang seperti sekarang ini.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang pasti dalam bisnis karena setiap usaha memiliki karakter yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan. Tetapi dengan beberapa tips berikut ini, mungkin Anda akan lebih bersiap dalam memulai bisnis dari awal agar bisa sukses di kemudian hari.

Jadilah Realistis

Tips yang pertama dalam 10 tips memulai usaha kecil adalah untuk menjadi pribadi yang realistis. Dalam membangun bisnis Anda bisa mengembangkan idemu sesukamu, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa realistis.

Saat membangun model bisnis tertentu misalnya, coba Anda lihat sekeliling terlebih dahulu dan temukan contoh sukses dari sebuah model bisnis yang sedang ingin Anda kembangkan tersebut. Kemudian pelajari plus dan minusnya. Jika Anda tidak menemukannnya, entah Anda yang luar biasa atau memang model tersebut tidak akan bisa berhasil saat ini.

Carilah Partner

Mungkin hal ini akan membuat Anda sedikit khawatir dalam membangun bisnis, tapi inilah adanya. Dalam bisnis gagal adalah suatu hal yang biasa. Tapi, siapa si yang mau gagal? Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak menginvestasikan uangm Anda sendiri. Cobalah untuk mencari partner.

Dengan memiliki partner yang tepat, Anda bukan hanya mengurangi resiko uang habis tak tersisa karena bisnis tidak sesuai rencana dan Anda juga bisa memiliki seseorang untuk saling bertukar ide dan strategi agar perjalanan bisnis lebih nyaman dan mudah.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Perbudak Dirimu Sendiri

Mungkin terdengar sedikit kasar dan tidak manusiawi. Tapi begitulah kurang lebihnya saat Anda harus memulai bisnis dari bawah. Anda harus bersedia untuk lembur, bekerja keras, melupakan masalah pribadi dan lain sebagainya demi usaha berjalan lancar.

Jika Anda tidak sanggup untuk membuat diri sendiri sibuk dengan usaha yang akan dibangun, mungkin menjadi wirausaha memang bukan hal yang cocok untuk Anda. Jadikan diri sendiri sebagai karyawan dan setelah bisnis berjalan lancar barulah Anda bisa membayar karyawan.

Hargailah Waktu

Pernah dengan “time is money?” Ya, dalam bisnis, waktu adalah uang. Jadi, cobalah untuk memulai memberi nilai uang pada setiap waktu yang dihabiskan. Misalnya, Anda perhitungkan satu jam Rp 20.000. Ini akan membantu dalam mengambil suatu keputusan.

Misalnya, distributor tempat kamu mengambil barang mengenakan biaya Rp 10.000 untuk setiap pengiriman. Dan jika Anda ingin mengambil barang tersebut sendiri, dibutuhkan waktu 2 jam. Dengan memperhitungkan bahwa waktu 2 jam sama dengan Rp 40.000, maka membayar ongkos kirim menjadi pilihan yang lebih tepat.

Rekrut Karyawan yang Tepat

Berjalannya waktu, akhirnya kamu membutuhkan seorang karyawan untuk membantu ANda menyelesaikan pekerjaan. Dalam tips memulai usaha kecil ini, Anda sebaiknya memiliki strategi yang baik dalam hal merekrut karyawan. Lakukan seluruh proses perekrutan dengan hati-hati dan jangan tergesa-gesa.

Cobalah untuk merekrut seorang karyawan seperti saat Anda memulai usaha tersebut, penuh pertimbangan dan tidak tergesa-gesa. Tentu akan sangat disayangkan jika kAnda memiliki visi yang bagus, tetapi ternyata Anda merekrut karyawan yang nantinya malah menghalangi visi tersebut untuk tercapai.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Ketika Anda Merekrut Karyawan

Jual Kelebihan, Bukan Harga

Saat baru memulai menjual produk atau jasa, Anda mungkin frustasi saat mencoba memasarkannya. Jika Anda bersaing karena harga, tentu pada akhirnya Anda hanya menjual produk atau jasa dengan harga yang pas-pasan atau malah di bawah modal.

Hal tersebut tentu bukanlah strategi yang baik dalam bisnis. Sebagai tips memulai usaha kecil, ada baiknya Anda menggunakan keahlian dalam berkomunikasi dan menjelaskan pada pelanggan alasan mengapa produk atau jasa yang dijual lebih mahal yaitu karena kualitasnya lebih baik.

Perhatikan Angka Dasar

Anda harus tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu usaha. Dalam hal ini perhatikan soal sewa tempat, biaya listrik, asuransi karyawan hingga hal yang kecil seperti kertas, printer, pajak dan sebagainya.

Selanjutnya, bagi semua biaya-biaya tersebut dengan berapa hari dalam satu tahun Anda akan membuka usaha tersebut. Hasilnya adalah angka dasar. Angka dasar tersebut adalah jumlah pendapatan yang harus Anda peroleh setiap hari. Jika Anda tidak pernah memikirkan soal hal ini, cobalah untuk berpikir ulang untuk melakukannya.

Manfaatkan Teknologi Baru

Saat ini sudah banyak aplikasi serta penyimpanan data yang murah dan bisa membuat para pengusaha UKM bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah besar. Cobalah untuk memanfaatkan teknologi terbaru tersebut untuk meningkatkan kesuksesan dalam memulai bisnis yang kamu kehendaki. Salah satu teknologi yang bisa dicoba adalah Moka POS, aplikasi modern yang bisa membantu bisnis mulai dari memudahkan proses transaksi pembayaran, mengelola inventaris hingga menyediakan laporan penjualan.

Perlakukan Vendor dan Supplier dengan Baik

Bukan hanya pelanggan saja yang perlu diperlakukan dengan baik, Anda juga sebaiknya memperlakukan para vendor dan supplier dengan baik. Hal tersebut dilakukan karena Andakamu mungkin bisa mendapat diskon saat membeli, mendapat promo pengiriman gratis atau memperbolehkan keterlambatan pembayaran karena telah bermitra baik.

Selain itu, menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Jadi, perlakukan supplier atau vendor sebaik mungkin seperti Anda memperlakukan pelanggan.

Jadilah yang Terbaik

Dalam membangun sebuah bisnis, kAnda tidak boleh setengah-setengah. Anda harus melakukan semua hal dengan baik dan bisa menjadi yang terbaik untuk klien atau pelanggan. Apa pun yang Anda buat atau jual, juga haruslah yang terbaik. Lakukan hal ini terus menerus dan kekuatan dari word of mouth akan membayarnya.

Jadi, jangan pernah mengkhinati klien dengan memberikan sesuatu yang setengah-setengah. Ingatlah bahwa mereka punya mulut yang nantinya bisa memberikan nilai negatif pada usaha yang dikerjakan dan selalu berikan yang terbaik pada setiap klien, siapa pun itu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat akan memulai sebuah bisnis baik itu kecil maupun menengah. Yang pasti, tetaplah berusaha dan semangat dalam menjalankan sebuah usaha karena sukses tidak ada yang instan. Jika suatu saat Anda mengalami kegagalan, cobalah untuk melihat alasan mengapa usaha tersebut gagal dan membenahinya satu-satu. Terakhir, semoga Anda bisa sukses setelah berusaha sebaik mungkin dalam usaha.

linkedin

Tags: bisnis umkm business insight tips memulai usaha kecil tips sukses berbisnis