Teladani 3 Sikap Kartini Berikut Ini Untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Author by Miky

Dalam rangka menyambut hari Kartini, para wanita Indonesia tentu akan diingatkan dengan sosok yang telah mengangkat derajat wanita agar memiliki peran dan keterlibatan yang sama dengan pria. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengusaha wanita sukses dan posisi jabatan – jabatan tinggi yang dipegang oleh wanita.Dengan melihat hal itu, para pria pun tidak lagi memandang remeh kemampuan wanita.

Bahkan sejak era Kartini, semakin banyak wanita yang membuktikan kemampuannya dan menunjukkan bahwa wanita juga memiliki kemampuan, bakat, dan pemikiran yang tidak kalah dengan kaum pria. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis. Banyak wanita yang berhasil merintis usaha dan sukses menjalankan bisnis tersebut hingga saat ini.

Bagi para wanita Indonesia yang ingin memulai bisnis atau sedang merintis sebuah bisnis, berikut ini adalah beberapa sifat dari Kartini yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

Baca Juga: 6 Kartini Muda di Dunia Bisnis yang Telah Diakui

Sederhana

Kartini memiliki pandangan yang tidak memperdulikan status sosial. Beliau adalah wanita yang mudah bergaul dengan siapapun dan menjadi sosok yang sederhana. Walaupun dia adalah anak seorang bangsawan, Kartini tetap mau berteman dengan siapa saja. Hal itu terbukti saat ia menikah. Pada pesta pernikahannya, Kartini lebih memilih untuk tidak mengadakan pesta dan tidak mengenakan baju pengantin. Bagi Kartini, hidup dalam kesederhanaan akan mencegah kesengsaraan di masa depan.

Sifat sederhana ini juga perlu dimiliki oleh seorang pengusaha wanita. Wanita biasanya senang berpenampilan mewah dan elegan. Namun untuk merintis usaha, semua  kemewahan ini harus dilupakan sejenak sebagai modal awal untuk merintis usaha. Selain itu, pengusaha wanita juga harus meneladani sikap Kartini yang pandai bergaul. Memiliki banyak teman juga akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha Anda. Semakin banyak teman, semakin banyak pula peluang yang akan Anda miliki untuk memasarkan bisnis dan mendapatkan konsumen.

Baca Juga: 3 Sifat Kartini yang Perlu Diteladani Para Pebisnis Wanita

Ulet dan Rajin

RA Kartini juga merupakan sosok yang rajin. Meskipun ia tidak bersekolah, ia memiliki semangat belajar yang tinggi. Ia senang membaca buku dan koran untuk menambah wawasannya. Semangat untuk terus belajar ini perlu dimiliki oleh seorang pengusaha wanita agar dapat terus mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu sifat rajin juga perlu dimiliki karena kesuksedan dalam bisnis dicapai dengan 99% usaha. Tanpa kegigihan dalam berusaha, maka sangat kecil kemungkinan bisnis akan sukses.

Baca Juga: Meneladani Sifat Kartini, Muslimah Pun Bisa Berbisnis

Optimis

Kartini adalah orang yang optimis dan selalu melihat ke depan. Sifat ini juga penting dimiliki oleh para wanita yang ingin berbisnis. Optimis dan yakin bahwa usaha yang dirintis akan sukses akan menjadi salah satu modal utama untuk terus giat dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bahkan ketika tujuan itu sudah tercapai, Anda sudah mempunyai target baru lagi yang lebih tinggi. 

Itulah beberapa sifat yang bisa diteladani oleh para pebisnis wanita dan dijadikan inspirasi untuk menjalankan bisnisnya agar lebih maju lagi. Tidak hanya sifat Kartini yang menginspirasi, para pebisnis wanita pun juga perlu memanfaatkan teknologi modern untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu teknologi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi kasir Moka POS.

linkedin

Tags: business insight hari kartini kartini muda pebisnis wanita