Menyambut hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang, para wanita di Indonesia seolah diingatkan kembali betapa sulitnya meraih emansipasi wanita seperti saat ini. Hal itu dirasakan oleh Kartini yang semasa hidupnya tidak diperbolehkan untuk bersekolah. Namun tidak bersekolah bukan berarti menjadi hambatan bagi dirinya karena pada dasarnya ada banyak jalan untuk menuju cita – cita.

Dengan semangat Kartini tersebut, Indonesia telah memiliki banyak generasi Kartini – Kartini muda yang sukses dalam berbagai bidang, termasuk bidang bisnis. Berikut ini adalah daftar pengusaha wanita sukses di Indonesia.

Baca Juga: 3 Sifat Kartini yang Perlu Diteladani Para Pebisnis Wanita

1. Leonika Boedioetomo

Source: Harian Nasional

Kartini muda yang satu ini merupakan pendiri, perancang kode, dan kepala eksekutif sebuah perusahaan startup digital yang membuat aplikasi Reblood. Aplikasi Reblood mendorong para penggunanya untuk ikut mendonorkan darahnya. Aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama Institut Teknologi Sepuluh November dan Palang Merah Indonesia. Leonika terinspirasi untuk membuat aplikasi Reblood setelah ia sadar bahwa masih banyak orang Indonesia yang nyawanya terancam saat sakit karena kekurangan darah.

 

2. Peggy Hartanto

Source: Liputan 6

Peggy merupakan salah satu 30 nama di Asia yang telah dianggap berhasil mencapai sukses di usia muda di bidang seni. Nama Peggy dikenal melalui karya busananya yang terlihat chic dengan garis rancangan yang kuat. Bahkan karya – karya Peggy telah digunakan oleh tokoh – tokoh terkenal seperti Michelle Williams, Gigi Hadid, dan Giuliana Rancic.

 

3. Helga Angeline Tjahjadi

Source: hitsss.com

Wanita yang satu ini merupakan pendiri sekaligus managing director Burgreens. Helga telah menciptakan menu burger yang sehat. Daging yang biasa digunakan sebagai isi burger diganti dengan jamur, bayam, dan kacang – kacangan oleh Helga. Saat ini restoran tersebut telah memiliki beberapa cabang

 

 

Baca Juga: Inspirasi Peluang Usaha Bisnis untuk Rumah Tangga

4. Carline Darjanto

Source: Liputan 6

Carline adalah pendiri dari brand fashion terkenal Cotton Ink. Brand ini didirikan oleh Carline bersama dengan temannya, Ria Sarwono. Brand tersebut telah berhasil mencapai sukses sebagai label fashion yang keren dari Indonesia

 

 

5. Merrie Elizabeth

Source: IDN Times

Nama Salon Blobar mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering pergi ke salon atau sering mewarnai rambut. Salon ini didirikan oleh Merrie Elizabeth. Bahkan Merrie telah dinobatkan oleh Forbes sebagai salah wanita inspiratif untuk kategori Retai and Commerce. Salon Blobar itu sendiir menawarkan jasa kecantikan ekonomis dan ekspress.

 

 

6. Sabrina Mustopo

Source: Sociolla

Sosok Kartini muda yang sukses berikutnya adalah Sabrina Mustopo. Sabrina merupakan pendiri merek Krakatoa, coklat premium dengan cokelat asli Lampung. Bisnis ini didirikan pada tahun 2013 silam. Awalnya, Sabrina melihat bahwa buah kakao organik di Sumatera memiliki kualitas yang bagus. Akhirnya ia pun membuat coklat dan kini produk Krakakoa telah hadir dalam berbagai macam pilihan mulai dari cokelat kecil – kecil atau choco bits, cokelat batangan, teh kakao, dan minuman serbuk coklat.

linkedin

Tags: business insight hari kartini kartini muda pebisnis wanita pebisnis wanita yang sukses