Meneladani Sifat Kartini, Muslimah Pun Bisa Berbisnis

Author by Miky

Seorang muslimah selalu terkesan santun, anggun, dan sholeha. Bagi para muslimah, Anda tidak perlu takut untuk mulai berbisnis. Kartini sebagai pelopor emansipasi wanita Indonesia berhasil membuktikan bahwa setiap wanita memiliki hak untuk mewujudkan impian mereka. Bahkan setelah beliau menikah pun, ia tetap berkarya untuk meningkatkan derajat kaum wanita. Jadi para muslimah jangan merasa takut atau ragu untuk mulai berbisnis. Berikut ini adalah beberapa ide peluang bisnis Ibu rumah tangga yang dapat dilakukan agar tidak hanya sekedar berdiam diri di rumah tetapi aktivitas yang dilakukan juga dapat menghasilkan. 

Make Up Artis

Jika Anda sangat menyukai kosmetik dan memiliki keahlian merias wajah, cobalah untuk memanfaatkan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang. Anda dapat menjadi seorang make up artist professional. Semakin banyak pengalaman Anda, tentu akan semakin banyak pula orang yang akan mengakui kemampuan Anda. Apalagi profesi ini juga sangat dibutuhkan dan prospek ke depan juga sangat bagus.

Sebagai seorang muslimah, ketika Anda mampu merias sekaligus membuat kreasi hijab yang menarik, ini akan menambah nilai jual kemampuan Anda. Selain mendapatkan uang, hal ini juga akan membuat Anda memiliki pengalaman dan belajar pengalaman baru. Dengan meneladani sikap Kartini yang senang belajar, Anda dapat mencoba teknik make up baru dan mencoba memadupadankan hijab.

Baca Juga: 3 Sifat Kartini yang Perlu Diteladani Para Pebisnis Wanita

Mini Bakery Shop

Bagi Anda yang memili keahlian membuat cake atau kue, mulailah merintis bisnis dari keahlian tersebut. Kartini yang di masa lalu dengan segala keterbatasannya saat itu berusaha terus mencoba hal – hal yang baru dan menjalin hubungan dengan banyak orang. Untuk itu, Anda sebagai wanita masa kini jangan ragu untuk mengeksplor kemampuan dan minat Anda di dunia baking agar dapat memperoleh penghasilan yang lebih banyak.

Meskipun Anda hanya ingin memilih satu produk saja, tetapi Anda dapat mengoptimalkannya agar semakin menarik. Misalnya jika Anda senang membuat cup cake, produk tersebut dapat dibuat dengan berbagai macam varian rasa, toping, dan bentuk sehingga para pelanggan tidak akan bosan dan Anda juga dapat terus melakukan inovasi dengan menghadirkan bentuk dan rasa baru.

Dengan teknologi saat ini yang semakin canggih, Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha tersebut. Sosial media merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk promosi produk seperti Line, Facebook, BBM, Instagram, dll. Anda dapat memanfaatkan sosial media tersebut secara optimal agar usaha Anda semakin berkembang. Selain itu, pastikan Anda selalu menggunakan bahan yang berkualitas untuk menjadi profesionalitas dan kredibilitas usaha Anda.

Baca Juga: Ezo Cheesecakes & Bakery; Resep dari Jepang yang Punya Prospek Usaha Besar

Day Care

Bagi muslimah yang aktif, bisnis day care atau penitipan anak dapat menjadi pilihan yang bagus. Selain dapat melatih Anda untuk menjadi seorang ibu nantinya, membuka day care juga memberikan tantangan tersendiri. Meneladani sikap Kartini yang menyukai tantangan, apakah Anda juga berani mencoba tantangan dari usaha yang satu ini?

Dalam bisnis tersebut Anda harus mampu merawat sekaligus mendidik anak dengan baik. Selain dapat memperoleh penghasilan, merawat anak akan memberikan banyak manfaat untuk Anda di kemudian hari sekaligus membantu para ibu yang sibuk bekerja agar tetap merasa aman karena buah hatinya berada di tangan orang yang tepat. 

Baca Juga: Bercermin Di Hari Kartini: Ibu Rumah Tangga Pun Dapat Menggapai Mimpi Dengan Berbisnis

Agar bisnis yang Anda jalankan semakin mudah dan lancar, manfaatkan teknologi modern seperti aplikasi kasir Moka POS. Karena tidak mendukung aktivitas operasional Anda semakin mudah, Anda juga bisa melacak aktivitas bisnis dari rumah.

linkedin

Tags: bisnis sampingan ibu rumah tangga business insight hari kartini kartini