Bercermin Di Hari Kartini: Ibu Rumah Tangga Pun Dapat Menggapai Mimpi Dengan Berbisnis

Author by Miky

Kartini merupakan salah satu inspirasi bagi para wanita Indonesia. Kartini memiliki cita – cita yang tinggi walaupun di jamannya saat itu apa yang dia impikan seolah tidak mungkin. Namun Kartini berhasil mematahkan segala ketidakmungkinan tersebut karena dia menjadi salah satu wanita yang mengangkat emansipasi wanita saat ini.

Sikap Kartini ini tentunya menjadi hal yang patut diteladani bagi para wanita. Bahkan sampai saat ini sikap tersebut masih relevan untuk dilakukan. Bagi para ibu rumah tangga, bukan berarti mimpi Anda untuk sukses harus terhenti. Dengan meneladani sikap Kartini, semua impian dan keinginan Anda selalu ada kesempatan untuk diwujudkan tanpa mengesampingkan peran Anda sebagai seorang istri sekaligus ibu rumah tangga.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini dapat dikerjakan di sela – sela kesibukan Anda. Nah, Moka sudah merangkum beberapa ide bisnis yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Apa saja? Yuk simak ide bisnis ibu rumah tangga berikut!

Baca Juga: 3 Sifat Kartini yang Perlu Diteladani Para Pebisnis Wanita

1. Membuka Katering

Apakah Anda termasuk wanita yang hobi memasak? Jangan biarkan bakat memasak Anda hanya dapat dirasakan oleh keluarga di rumah. Bagikan kelezatan masakan Anda dengan membuka bisnis katering kecil –kecilan misalnya katering makan siang untuk kantor, katering nasi box untuk rapat, tumpeng ulang tahun, dan masih banyak lagi. Dengan sifat bisnis yang berdasarkan pesanan, ini tentu tidak akan menyita banyak waktu Anda.

Baca Juga: Sosok Perempuan dibalik bisnis Berrywell

2. Menjual Es Batu

Ini adalah bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga yang mudah dan tidak membuang banyak waktu. Anda dapat menjual es batu dengan air matang atau air rebus. Jenis es tersebut cukup banyak diminati karena lebih higienis dan meminimalisir kemungkinan flu atau batuk setelah meminumnya. Anda dapat membungkus es tersebut di malam hari atau di waktu senggang dan kemudian menjualnya. Cukup tempelkan tulisan jual es batu di depan rumah agar orang – orang di sekitar Anda mengetahui bahwa Anda menjual es batu.

Baca Juga: Ide Bisnis dengan Modal Rp 5.000

4. Menjual Pulsa

Selain berjualan es batu, bisnis jual pulsa juga dapat menjadi alternatif untuk dilakukan. Bisnis yang satu ini sama sekali tidak akan menyita waktu karena biasanya pelanggan atau kerabat yang ingin membeli pulsa akan mengirim pesan atau whatsapp ketika memerlukan pulsa dan akan membayar secara berkala. Selain pulsa telepon, sebenarnya Anda juga dapat membuka agen pembayaran online seperti pembayaran rekening listrik, air, TV satelit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Tips Sukses Berbisnis dari Arsitek

5. Berjualan Online

Semakin berkembangnya internet tentu dapat dimanfaatkan juga untuk berbisnis. Ada banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda jalankan secara online baik itu berjualan, menjadi dropshipper atau reseller, atau bahkan menjadi selebgram dan semuanya bisa Anda lakukan di rumah hanya dengan koneksi internet yang stabil saja.

Itulah beberapa peluang bisnis bagi ibu rumah tangga. Memang awalnya bisnis ini hanya menghasilkan sedikit, tetapi jika dikumpulkan maka hasilnya cukup lumayan untuk menambah uang belanja. Memang pada awalnya Anda harus sedikit keluar dari zona nyaman untuk menawarkan bisnis tersebut. Namun bukankah Kartini juga melakukan hal yang serupa. Dia berani menjadi orang yang berbeda tetapi justru akhirnya ia menjadi sosok yang menginspirasi hingga saat ini.

Ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang semakin pesat, Anda perlu memiliki aplikasi kasir modern seperti MokaPOS yang dapat membantu semua kegiatan bisnis Anda. Berbentuk aplikasi, MokaPOS dapat dioperasikan dengan mudah di perangkat tablet Android atau iOS Anda. Aplikasi MokaPOS tentunya akan meringankan aktivitas bisnis sehingga Anda bisa fokus mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi.

linkedin

Tags: business insight hari kartini ide bisnis sampingan ibu rumah tangga ide bisnis untuk wanita kartini