3 Sifat Kartini yang Perlu Diteladani Para Pebisnis Wanita

Author by Miky

Jika berbicara mengenai hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April pasti selalu identik dengan busana kebaya atau pakaian adat. Selain itu, lagu Ibu Kita Kartini juga menjadi salah satu lagu wajib yang dikenal oleh anak-anak sejak usia taman kanak – kanak. Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di usia yang sangat muda yaitu di usia 25 tahun. Kartini adalah sosok tokoh Jawa dan salah satu pahlawan Nasional Indonesia.

Nama Kartini telah dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi sekaligus oleh pemerintah Indonesia. Kartini ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 1964. Banyak yang belum memahami sebenarnya apa esensi dari peringatan hari Kartini. Padahal jika kita mau mendalaminya, kita sebenarnya diingatkan kembali akan perjuangan Kartini di masa itu yang berusaha memperjuangkan nasib dan hak – hak para wanita untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

Sifat – sifat Kartini patut diteladani oleh kaum wanita hingga masa kini. Sifat tersebut memiliki relevansi terhadap berbagai bidang baik untuk wanita karir, para remaja putri, hingga ibu rumah tangga. Bahkan bagi para wanita yang memiliki bisnis, meneladani sifat – sifat Kartini dapat menjadi modal yang penting untuk sukses menjalani bisnis tersebut.

Baca Juga: 5 Bidang Bisnis yang Menjanjikan

Mandiri

Sosok Kartini adalah orang yang mandiri. Dia berusaha belajar sendiri walaupun tidak diperbolehkan sekolah. Kemandirian merupakan sifat yang penting untuk diteladani bagi para wanita masa kini. Mandiri bukan berarti sama sekali tidak memerlukan bantuan orang lain tetapi berusaha sekuat tenaga untuk tidak banyak bergantung pada orang lain.

Baca Juga: Sosok Perempuan di Balik Bisnis Berrywell

Tidak Pernah Mengeluh

Kartini memang memiliki impian yang besar. Walaupun banyak kesulitan yang ia hadapi, Kartini sama sekali tidak pernah mengeluh. Ia justru mencari akal agar ia dapat membuka wawasan dan pengetahuan baru yang selama ini tertutup bagi dirinya. Hal ini sangat penting dimiliki oleh pebisnis wanita. Biasanya para wanita sangat mudah terbawa perasaan dan selalu mengeluh ketika mengalami sedikit masalah. Untuk itu, seorang wanita harus belajar menjadi tangguh. Hanya mengeluh saja tidak akan memberikan solusi. Apalagi dalam dunia bisnis ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Jika Anda hanya mengeluh tentu bisnis Anda tidak akan berkembang

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dengan Modal Rp 5.000

Berbakti Pada Orangtua

Kartini adalah sosok yang sangat berbakti kepada orangtuanya. Walaupun ia sangat ingin bersekolah dan dilarang oleh orangtuanya, ia tetap patuh. Namun ia juga berusaha mencari solusi dengan sering berkirim surat dengan teman – temannya di luar negeri sehingga ia tetap dapat memperoleh pengetahuan. Sebenarnya sifat ini tidak hanya patut diteladani oleh para wanita saja tetapi juga para pria. Jika memang bisnis yang Anda jalankan tidak direstui orangtua, Anda dapat berusaha membuktikannya dengan bekerja keras tetapi tetap mengikuti saran dan pertimbangan orangtua.

Itulah beberapa sifat yang dimiliki yang patut dicontoh oleh para wanita yang dapat diteladani oleh para pebisnis wanita. Agar bisnis yang dijalankan semakin sukses, tidak hanya sikap dari sosok seorang Kartini saja yang Anda dapat teladani tetapi Anda juga membutuhkan sebuah sistem kasir modern yang tepat untuk mendukung aktivitas bisnis seperti yang ada di MokaPOS. Dengan MokaPOS, Anda dapat menjalankan bisnis lebih mandiri karena fitur-fitur yang dihadirkan dapat menunjang kinerja kasir, akuntan hingga inventaris. Kecanggihan fiturnya tentu tidak akan membuat Anda mengeluh karena menjalankan bisnis tidak pernah semudah ini dengan MokaPOS.

Tertarik menggunakan MokaPOS untuk mengoptimalkan bisnis Anda agar lebih untung? Hubungi sekarang di 1500-970 atau email kami di support@mokapos.com 

linkedin

Tags: business insight hari kartini kartini menteladani sifat kartini pebisnis wanita