Siapa bilang bisnis tidak bisa dimulai hanya dengan modal awal goceng atau 5000 rupiah saja? Nyatanya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu bisa memulai bisnis dengan modal Rp 5.000 saja atau bahkan kurang dari itu. Tapi, bagaimana caranya?

Tips Memulai Bisnis Modal Rp 5000

Ya, memulai bisnis memang memerlukan modal dan inilah yang terkadang membuat banyak orang enggan untuk memulainya karena takut gagal dan lain sebagainya. Namun, ternyata ada bisnis-bisnis murah dan mudah yang bisa dicoba untuk belajar berbisnis. Ingin tahu bagaimana mengolah uang 5.000 rupiah saja menjadi bisnis? Simak tipsnya berikut ini.

1. Cari koran yang populer

Pertama-tama, carilah koran yang populer seperti Kompas, Pos Kota (untuk kalian yang di Jakarta), atau Tribun Jogja (untuk kalian yang berada di Yogyakarta). Cukup dengan membayar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja sudah bisa mendapatkan koran-koran populer tersebut.

Lalu, apa hubungannya koran ini dengan bisnis dengan modal Rp 5.000 yang akan dijalani tersebut? Nah, setelah itu telusurilah rubrik iklan di koran tersebut. Cobalah untuk mencari iklan yang memungkinkan untuk bisa jadi broker atau perantara di dalam transaksi jual beli produk atau jasa yang diiklankan tersebut.

2. Hubungi pihak yang memasang iklan

Selanjutnya, hubungi pihak yang memasang iklan tersebut. Tak menutup kemungkinan jika pihak yang memasang iklan tersebut juga seorang broker atau perantara. Cobalah untuk berbicara dengan santai dan sopan untuk menawarkan kerjasama. Banyak kemungkinan bahwa broker tersebut senang diajak kerjasama karena nantinya produk yang diiklankan dapat cepat terjual.

Akan lebih menguntungkan lagi jika ternyata yang mengiklankan produk tadi adalah pemilik langsung. Bisnis ini pun bisa lebih mudah karena kamu mendapatkan izin langsung dari pemiliknya untuk membantu memasarkan produk yang sedang ingin dijual tersebut.

3. Manfaatkan situs marketplace untuk promosi

Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba mempromosikan produk tersebut. Jika komunikasi berjalan lancar, lakukan survei produk atau lokasi terlebih dahulu. Ambillah data dan foto terkait produk yang akan dijual. Misalnya untuk produk berupa properti, minta data mengenai alamat lengkap, karakteristik bangunan hingga status sertifikat.

Jika semua informasi terkait dengan produk tersebut sudah didapatkan, unggah foto dan data-data yang ada di situs penjualan online untuk menjaring calon pembeli.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk memulai bisnis dengan modal Rp 5.000. Jika sudah bisa menjalin kerjasama seperti ini dengan banyak pihak dalam waktu yang tidak sebentar, bukan tidak mungkin jika Anda akan lebih dikenal banyak orang dan dipercaya sebagai perantara penjualan oleh berbagai pihak.

Baca Juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

Bisnis Lain yang Bisa Kamu Coba Tanpa Modal

Selain tips memulai bisnis dengan modal goceng di atas, ada juga lho bisnis atau usaha lainnya yang bisa dimulai dengan modal pas-pasan atau bahkan tanpa modal sama sekali. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung dengan modal yang tidak cukup atau tidak ada modal. Kamu bisa coba 4 bisnis di bawah ini jika ingin memulai bisnis dengan sedikit atau bahkan tanpa modal.

1. Reseller atau Dropshipper

Jika sering belanja online, Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah reseller dan dropshipper. Pada dasarnya menjadi reseller atau dropshipper artinya Anda akan menjualkan produk orang lain seperti layaknya perantara. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu menyediakan stok produk atau pun mengeluarkan biaya untuk produksi.

Sama halnya dengan bisnis dengan modal Rp 5.000, bisnis ini juga tidak sulit untuk dicoba. Anda hanya perlu menyampaikan pesanan yang didapat ke produsen. Yang penting disini adalah kamu bekerjasama dengan produsen yang berkualitas dan dapat dipercaya.

Pendapatan yang didapat dari bisnis ini bisa jadi menjanjikan jika sudah bisa menjual banyak barang. Jadi, jika Anda punya hobi jualan, bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu coba.

2. Penulis Freelance

Anda memiliki kemampuan menulis atau memiliki hobi menulis? Jika iya, Anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Saat ini, cukup banyak pelaku usaha lain yang membutuhkan jasa penulis freelance untuk membuat artikel yang akan digunakan di website mereka.

Jika tertarik memulai bisnis dengan modal Rp 5.000 atau bahkan tanpa modal, peluang usaha ini sangat cocok untuk Anda. Hanya dengan modal akses internet dan laptop, Anda bisa mengerjakan bisnis ini dari mana saja dan kapan saja. Usaha ini juga cocok untuk Anda yang sedang mencari usaha sampingan untuk menambah pendapatan.

Meskipun terlihat biasa saja, penghasilan yang didapatkan untuk menjadi penulis freelance itu lumayan untuk tambahan pendapatan. Kamu bisa mendapat penghasilan hingga jutaan rupiah dengan menulis artikel.

3. Blogger

Jika Anda ingin mencoba bisnis tanpa modal yang menyenangkan, Andabisa coba peluang bisnis yang satu ini. Meskipun nampaknya apa yang mereka lakukan tersebut tidak menghasilkan, ternyata menjadi blogger bisa jadi menjanjikan juga. Namun, seperti bisnis dengan modal Rp 5.000, kamu mungkin perlu ketekunan hingga bisnis ini menghasilkan.

Untuk mengajak orang-orang membuka blog Anda setiap hari, cobalah untuk memperbarui blog Anda sedemikian rupa hingga banyak yang tertarik. Jika banyak yang tertarik dengan blog tersebut, akan ada mereka yang tertarik untuk memasang iklan dan memberi Anda pundi-pundi uang.

Anda bisa mencoba untuk menjadi food blogger, fashion blogger, travel blogger atau apa pun yang sesuai dengan minat. Hubungkan blog tersebut dengan media sosial yang Anda miliki untuk mengajak teman-teman ikut membuka blo Anda. Cukup menyenangkan bukan untuk sebuah usaha sampingan?

4. Pelayanan atau Bidang Jasa

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka usaha dalam bidang jasa yang tidak perlu banyak modal. Yang Anda perlukan untuk mencoba bisnis dengan modal Rp 5.000 seperti ini adalah koneksi, keterampilan serta kepuasan konsumen.

Beberapa usaha yang bisa Anda coba dalam hal ini misalnya bisnis penjualan tiket pesawat, penyalur asisten rumah tangga, jasa travel dan sebagainya. Untuk jasa travel misalnya, Anda bisa menggunakan koneksi dengan orang lokal di suatu tempat wisata yang bisa menjadi guide yang mengatur apa pun kegiatan yang bisa tamu lakukan.

Sedangkan tugas Anda adalah untuk memasarkan jasa travel tersebut kepada konsumen misalnya dengan sistem open trip, close trip, paket wisata dan sebagianya. Kunci utama dari bisnis yang satu ini adalah kepuasan konsumen atas jasa yang diberikan.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Modal Minim Selama Merintis Usaha

Nah, itulah beberapa bisnis dengan modal pas-pasan lainnya yang bisa Anda coba selain tips bisnis dengan modal Rp 5.000 yang dipaparkan sebelumnya. Terakhir, terus bekerja keras dan tekuni apa yang Anda pilih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semangat!

linkedin

Tags: bisnis modal minim bisnis tanpa modal business insight memulai bisnis Modal binis 5000 modal minim