Ingin Merekrut Akuntan Terbaik? Simak 5 Hal Berikut

Author by Miky

Hampir seluruh kegiatan bisnis di dunia memiliki akuntan keuangan. Mengapa? Akuntan keuangan adalah elemen penting dalam dunia bisnis karena seorang akuntan merupakan tulang punggung dalam mengatur perekonomian bisnis. Tanpa akuntan, pengelolaan keuangan menjadi lebih jelas dan akurat. Agar pengelolaan akuntansi Anda berjalan lancar, merekrut seorang Akuntan adalah hal yang Anda harus lakukan. Untuk mendapatkan calon akuntan terbaik untuk Anda, simak 5 hal yang Anda harus perhatikan saat merekrut akuntan.

Baca Juga: Fitur Akuntansi yang Dibutuhkan untuk Usaha Kecil Menengah

1. Pengalaman yang relevan

Setiap industri bisnis memiliki pengelolaan finansial yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa membatasi pencarian terhadap calon akuntan Anda yang memiliki pengalaman dan sudah mengenal selak beluk finansial di industri bisnis yang Anda jalani.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mencari calon yang memiliki pengalaman mengelola finasial sebuah bisnis yang sedikit lebih besar dari bisnis Anda. Mengapa? Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dan calon akuntan untuk terus mengelola finansial bahkan ketika bisnis berkembang dengan pesat.

2. Gunakan koneksi

Dalam memasang lowongan kerja akuntan, jangan pernah ragu untuk menawarkan dan bertanya pada orang terdekat hingga rekan bisnis ketika mencari kandidat yang tepat, karena bisa saja orang terdekat Anda merupakan akuntan profesional yang Anda cari.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

3. Memiliki kemampuan analisa yang baik

Akuntan yang baik adalah akuntan yang bisa mengelola dan menyelesaikan tugas-tugasnya tepat waktu dan selalu menyuguhkan Anda dengan laporan yang akurat. Tetapi, akuntan yang hebat ialah orang yang dapat memberikan Anda saran bagaimana menjalankan bisnis secara efisien. Akuntan ini juga dapat menganalisa aliran dana dengan baik dan juga mengetahui ketika Anda mengeluarkan terlalu banyak uang.

Hal lainnya adalah, akuntan ini juga mengerti akan hukum-hukum pajak dan cara mengimplementasikannya sekaligus bisa membantu Anda untuk menyimpan dan menghemat keuangan Anda tanpa harus melanggar hukum.

4. Harus Proaktif

Pilih akuntan yang memiliki sifat yang proaktif sehingga bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis agar lebih sukses. Banyak dari para pelaku usaha yang melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, dengan memiliki akuntan yang proaktif, Anda bisa lebih mudah dan tenang dalam mengambil keputusan. Karena setiap keputusan yang diambil berdasarkan data finansial yang sebelumnya telah diberikan oleh akuntan mengenai isu potensial yang Anda akan hadapi nantinya.

5. Tech Savvy

Sekarang ini, dimana hampir seluruh aktivitas menggunakan teknologi, Anda juga harus mencari kandidat yang memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi dan menganalisa data yang disimpan secara online. Tidak seperti dahulu dimana pengelolaan finansial masih menggunakan cara manual, sekarang ini banyak teknologi bermunculan untuk dapat mendukung jalannya bisnis termasuk laporan penjualan dan finansial. Misalnya saja MokaPOS, aplikasi kasir yang menggunakan penyimpanan cloud untuk mengatur data-data penjualan. Maka dari itu, kandidat Anda bisa mengerti dan menganalisa dari data-data yang tersimpan di teknologi tersebut.

Baca Juga: Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

 

 

linkedin

Tags: akuntan akuntan keuangan business insight Financial merekrut akuntan keuangan