Dalam dunia bisnis, sales skill atau kemampuan dalam menjual sebuah produk perlu dimiliki. Kemampuan dalam menjual ini tidak hanya harus dimiliki oleh seorang pramuniaga saja, tetapi para profesional termasuk pelaku usaha pun juga harus memiliki kemampuan ini agar usahanya berkembang semakin pesat. Untuk meningkatkan kemampuan dalam menjual, berikut 5 tips yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Mengembangkan Usaha dengan Penjualan

1. Jadilah pendengar yang baik

Dalam menjual atau memperkenalkan sebuah produk, tugas Anda tentunya memberikan gambaran mengenai produk yang dijual dan kelebihannya. Setelah selesai menjelaskan, jangan terlalu mendorong atau memaksa pelanggan untuk membeli. Sebagai gantinya, beri waktu pelanggan untuk berbicara dan mengungkapkan pendapatnya dan jadilah pendengar yang baik. Interaksi yang diciptakan akan lebih terasa manusiawi sehingga pelanggan merasa diperhatikan, dan jika Anda mendengarkan mereka, Anda akan mempelajari satu atau dua hal mengenai pelanggan yang mungkin dapat membantu Anda sukses menjual.

2. Jangan hanya menjadi penjual, jadilah narasumber

Saat menjajaki produk ke pembeli, jangan hanya memberikan sebuah kesan pada pelanggan untuk membeli produk Anda sekarang. Sebagai gantinya, berikan mereka informasi penting yang bisa mendukung penjualan produk Anda. Jika informasi yang diberikan sesuai dan dapat menolong mereka, pelanggan akan membeli produk Anda bukan karena mereka terpaksa tetapi karena mereka percaya kepada Anda.

3. Pelayanan setelah penjualan itu penting

Jangan hanya karena pelanggan telah membeli produk, maka Anda mengakhiri hubungan dengan mereka. Hubungi mereka sesekali untuk sekedar menanyakan kabar dan memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan tidak memiliki kendala dan yang perlu diperhatikan, jangan mencoba untuk berjualan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa diperhatikan

Baca Juga: Mengapa Komisi Sales Tidak Efektif Untuk Jangka Panjang

4. Pertajam kemampuan dari berbagai sumber

Praktek sejatinya merupakan caranya cepat untuk mempelajari hal termasuk dalam berjualan. Tetapi yang tidak boleh Anda lupakan bahwa mempertajam keahlian tidak hanya berasal dari praktek langsung saja. Asah lagi kemampuan dengan membaca berbagai buku, mengikuti seminar dan masih banyak lagi yang materinya bisa Anda gunakan meningkatkan kemampuan berjualan.

5. Belajar dari kata "tidak"

Terkadang dalam menawarkan, pelanggan yang satu tentunya berbeda dengan pelanggan lain yang Anda temui. Beberapa ada yang tertarik, tetapi bahkan beberapa ada yang tidak siap membeli. Apapun alasannya, jangan jadikan penolakan tersebut suatu hal yang membuat Anda menyerah. Sebagai gantinya, jadikan hal tersebut pelajaran untuk Anda gunakan pengalaman tersebut untuk memudahkan Anda dalam menawarkan produk Anda ke pelanggan selanjutnya.

Sebelum menjalani tips di atas, tentunya niat, usaha dan kesungguhan Anda juga akan membantu Anda untuk terus meningkatkan kemampuan Anda agar bisnis yang dijalani semakin sukses dan berkembang.

linkedin

Tags: business insight kemampuan menjual meningkatkan sales skill sales skill tips meningkatkan sales skill