tips buka cabang usaha baru Image by Pexels


Ketika usaha yang Anda jalani mendulang kesuksesan, sebagai pengusaha Anda pasti ingin mengembangkan usaha Anda menjadi lebih luas lagi. Salah satu caranya adalah dengan membuka cabang usaha baru. Tapi tahukan Anda, bahwa memiliki cabang usaha tidaklah semudah yang dibayangkan dibandingkan dengan mengelola satu cabang usaha saja. Memiliki satu cabang usaha, Anda sebagai pemilik dapat secara langsung mengelola dan memantau operasional usaha. Tapi saat Anda memiliki beberapa cabang, tanggung jawab yang dimiliki pun akan semakin besar.

Kali ini Moka akan membagikan tips bagi Anda yang ingin membuka cabang usaha baru!

 

1. Anda Harus Pastikan Toko Pertama Berjalan dengan Lancar

tips buka cabang usaha baru

Untuk membuka cabang usaha baru, sebagai pemilik Anda harus memastikan dahulu bahwa toko pertama Anda berjalan dengan lancar tanpa hambatan tanpa harus Anda pantau setiap saat. Hal ini karena membuka cabang usaha baru akan membutuhkan waktu dan perhatian yang cukup banyak sehingga Anda harus memastikan jika toko bisa beroperasi tanpa Anda.

Baca Juga: 3 Tips Mengembangkan Usaha 

 

2. Persiapkan Modal dengan Baik

tips buka cabang usaha baru

Setelah memastikan bahwa toko pertama berjalan dengan lancar, Anda juga harus memastikan bahwa Anda juga telah menyiapkan modal yang cukup dan pastikan juga sumber modal yang dimiliki apakah dari aliran dana sendiri yang Anda miliki atau dari pinjaman atau investor? Jangan sampai pembukaan cabang baru mengganggu usaha utama Anda.

Baca Juga: Pentingkah Modal dalam Mengembangkan Usaha?

 

3. Lakukan Analisa di Lokasi Baru

tips buka cabang usaha baru

Sebelum membuka cabang baru, pastikan Anda telah menganalisa terlebih dahulu lokasi baru yang ingin Anda gunakan untuk membuka cabang. Apakah lokasi tersebut strategis dan memiliki akses yang cukup mudah dan ramai dilewati oleh banyak orang. Tidak hanya itu, keamanan lokasi tersebut pun patut Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Menentukan Target Pasar Anda

 

4. Siapkan SDM yang Kompeten

 

tips buka cabang usaha baru

Ketika perhatian dan waktu Anda tersita untuk mengelola cabang usaha baru, pastikan bahwa Anda telah memilih orang yang tepat, berkompeten dan dapat bertanggung jawab untuk mengelola toko pertama Anda terutama manager yang nantinya akan berbagi peran dan tanggung jawab untuk mendukung dan mengelola toko dan cabang baru Anda nantinya. Oleh karena itu Anda sebagai pemiliki harus terjun secara langsung dalam memilih karyawan Tidak hanya itu, Anda pun harus melatih karyawan terlebih dahulu sebelum ditempatkan di cabang baru agar standar pelayanan terpenuhi sama seperti usaha pertama Anda karena pelanggan memiliki ekspetasi tinggi akan pelayanan di cabang baru Anda nantinya.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Ketika Anda Merekrut Karyawan

 

5. Manfaatkan Sistem Aplikasi Kasir Berbasis Cloud

 

tips buka cabang usaha baru

Di era modern saat ini, mengelola bisnis pun semakin mudah dan dapat dilakukan di mana saja dengan adanya aplikasi kasir seperti MokaPOS. Aplikasi kasir ini akan meringankan beban Anda dalam memantau jalannya usaha apalagi untuk Anda yang ingin dan sudah memiliki cabang usaha yang bisa dilakukan kapan saja. Tidak hanya memudahkan Anda sebagai pemiliki usaha dalam memantau penjualan, aplikasi kasir saat ini pun juga dapat mempermudah operasional bisnis Anda. 

linkedin

Tags: analisa pasar aplikasi kasir aplikasi kasir terbaik bisnis UKM business insight cabang usaha cara membuka cabang usaha cara mengembangkan bisnis cara mengembangkan usaha mengembangkan bisnis mengembangkan usaha modal usaha MokaPOS SDM sistem aplikasi kasir tips membuka cabang usaha tips mengembangkan bisnis tips mengembangkan usaha