Berbisnis tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki latar belakang pendidikan atau pekerjaan yang berhubungan dengan ekonomi saja karena semua orang pun bisa melakukannya. Sebagai contoh, Abimantra Pradhana yang seorang arsitek, dosen, dan pemiliki Sana Studio & Coffee. Di sela-sela kesibukannya dalam bekerja dan mengurus bisnisnya, Abi memberikan 3 tips penting untuk Anda yang ingin memulai usaha.

Abi, pemilik Sana Studio & Coffee

Baca Juga: Arsitek Ini Memilih untuk Membangun Studio Olahraga dan Kedai Kopi

1. Memiliki Passion

Passion/minat merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki jika ingin memulai sebuah usaha. "Apapun itu, kita harus memiliki passion terhadap sesuatu terlebih dahulu. Jika belum punya, apa yang kita jalani saat ini harus kita sukai dan setelahnya karyakan terus," ujar Abi.

Tidak hanya itu, menurutnya bekerja sesuai dengan minat yang dimiliki, kita tidak akan pernah merasa bekerja karena yang kita lakukan rasanya seperti berkarya sehingga apa yang dilakukan pun akan membawa energi yang positif kepada pelanggan.

2. Tentukan Visi

Setelah memiliki minat di bidang tertentu, hal selanjutnya yang harus dimiliki saat ingin memulai usaha menurut Abi adalah visi atau tujuan dalam berbisnis yang bisa diciptakan dari apa yang disenangi tadi. Apakah minat yang dimiliki memiliki dampak positif terhadap orang lain atau tidak. "Saya senang olahraga dengan adanya Sana Studio saya bisa menularkan orang agar ikut berolahraga. Saya senang kopi, dengan adanya Sana Coffee saya bisa memberikan ruang atau rumah untuk berbagai komunitas."

Baca Juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

3. Susun Rencana

Sebelum mewujudkan bisnis, penting bagi Anda untuk memiliki rencana untuk dapat merealisasikan visi. "Percuma saja jika memiliki visi besar tapi tidak bisa mewujudkan karena tidak memiliki rencana atau terhalang pada masalah yang biasa dialami oleh banyak entrepreneur dimana punya modal tapi tidak punya misi atau malah punya misi tetapi tidak punya modal. Untuk itu sebagai entrepreneur yang baik kita harus menempatkan diri ditengah-tengahnya. Mulai dari modal yang tidak terlalu besar tapi tahu dari mana mendapatkan modal," ujarnya.

Tidak hanya itu, kebanyakan dari pebisnis menurutnya terhenti di tahap ketiga ini karena terlalu banyak berpikir dan merencanakan banyak hal. Ia menyarankan, "jangan terlalu over thinking dan over planning! Just do it dan mulailah dari hal kecil terlebih dahulu. Karena ibarat menanam, kita harus memupuknya setiap hari."

4. Manfaatkan Teknologi Modern

Saat Anda telah memiliki ketiga hal tersebut, Anda bisa mulai mewujudkan bisnis yang telah diimpikan. Agar bisnis yang dijalankan semakin lancar, manfaatkan teknologi modern yang ada, salah satunya adalah aplikasi kasir MokaPOS yang fitur-fiturnya dapat memudahkan dalam menjalankan bisnis. Ia juga menjelasakan, "saya bukan orang bisnis tapi fitur-fiturnya membuat saya mengerti seperti accounting, report dan stock”.

Baca Juga: Eatlah, Bisnis Modern yang Memanfaatkan Teknologi Kekinian

Itulah tips bisnis yang bisa dibagikan oleh Abi yang merupakan arsitek sekaligus pemilik Sana Coffee and Studio. Ingin seperti Abi yang dimudahkan aktivitas bisnisnya dengan menggunakan MokaPOS? Klik tombol dibawah ini untuk mecoba aplikasi Moka secara gratis!

Coba Gratis

linkedin

Tags: aplikasi kasir arsitek business insight MokaPOS sukses berbisnis tips bisnis tips sukses berbisnis