Bisnis tidak hanya dimulai dari hobi dan minat saja. Pengaruh dari sebuah komunitas pun bisa mempengaruhi seseorang untuk menjalankan bisnis. Contohnya adalah kedai kopi Cyclo.

Cyclo sendiri dibangun dengan latar belakang yang cukup menarik. Manager sekaligus pemilik Cyclo, Ardi menjelaskan, "saya dan beberapa partner memang suka bersepeda, lalu kami sama-sama suka kopi juga dan kebetulan kami mengikuti komunitas sepeda. Karena hal tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk membuat kedai kopi sebagai wadah dari komunitas sepeda yang kita ikuti."

Ardi - Owner sekaligus Manager Cyclo

Dibuat sejatinya untuk community based pesepeda membuat Cyclo memiliki konsep lebih ke arah sport. Terbukti dari toko apparel yang dihadirkan di sisi lain kedai kopi. Berbagai jersey, kaos kaki hingga aksesoris sepeda cukup lengkap dihadirkan di sisi lain Cyclo.

Karena merupakan wadah dari sebuah komunitas sepeda, Cyclo juga selalu menjadi meeting point komunitas tersebut setiap akhir pekan. "Dari meeting point nanti mereka akan kembali lagi ke Cyclo sebagai tempat istirahat, ngopi dan juga mengobrol," jelasnya. Selain meeting point, Ardi juga menghadirkan acara-acara khusus seperti saat tujuh belasan atau Halloween.

Sudah berdiri kurang lebih setahun, diakui Ardi banyak hal yang bisa didapatkan dalam menjalankan bisnis dengan konsep yang sedikit berbeda dari kebanyakan. Ia menjelaskan, "yang saya dapatkan dari bisnis ini cukup banyak terutama dalam hal manajemen mulai dari operasional, karyawan, community based hingga yang paling mendetail yaitu stok barang, apalagi bisnis ini merupakan bisnis F&B yang membutuhkan detail." Dalam mengurus semua hal tersebut, Ardi juga mengatakan bahwa ia sangat terbantu dengan software kasir MokaPOS.

Ia memilih MokaPOS karena harganya yang terjangkau, tampilan yang simpel, dan juga fitur-fitur yang ada di aplikasi MokaPOS sangat membantunya dalam menjalankan bisnis. Ia juga menambahkan, "saya menggunakan fitur Ingredient Inventory karena fitur ini memang sangat cocok untuk bisnis F&B. Saya sendiri menggunakannya untuk mengukur berapa banyak bahan baku yang dibeli dan dijual. Selain itu, fitur ini juga bisa memantau apakah barang sudah habis atau belum yang tentunya dapat membantu bagian administrasi untuk stok opname."

Baca Juga: Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Akurat dengan Fitur Ingredient Inventory!

Cyclo merupakan segilintir bisnis usaha yang dapat mendulang sukses yang bisa dibilang dalam waktu yang cukup singkat. Mengapa? Karena jauh sebelum Cyclo dibangun, sang pemilik telah memiliki community based yang cukup kuat yaitu komunitas sepeda. Community based sendiri bisa menjadi nilai plus untuk meningkatkan bisnis Anda.

Selain community based, penggunaan kasir modern seperti MokaPOS juga membantunya dalam mengurus detail bisnisnya sehingga ia dapat fokus dalam memberikan pelayanan terbaik dan mengembangkan bisnisnya lebih baik lagi.

Mempunyai komunitas serupa seperti Ardi? Ayo manfaatkan komunitas tersebut dan bangun bisnis Anda dari sana. Jangan lupa untuk memakai MokaPOS sebagai aplikasi kasir modern Anda untuk mengatur dan meningkatkan bisnis lebih baik lagi. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai MokaPOS? Klik tombol "info selengkapnya" atau klik tombol "berlangganan" untuk mencoba aplikasi Moka GRATIS.

 

Info Selengkapnya

atau

Berlangganan

 

linkedin

Tags: bisnis F&B bisnis kopi cerita sukses Coffee Shop cyclo cyclo coffee shop F&B kedai kopi kedai kopi cyclo komunitas sepeda Merchant Stories moka merchant MokaPOS Retail software kasir software kasir MokaPOS