Membangun bisnis tidak selalu dimulai dari minat yang Anda miliki. Banyak juga orang yang memulai bisnis dengan latar belakang ingin memperkenalkan dan menghadirkan sesuatu yang baru kepada masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Kenneth yang membuka bisnis jus segar yaitu DOJ Juice Bar. Simak wawancara tim Moka bersama pemilik bar jus ini.

Keeneth Sukmana - Owner

Halo, bisa perkenalkan diri Anda?

Nama saya Keeneth Sukmana dan telah merintis binsis di bidang F&B yang sekarang ini fokusnya di Juice Bar setelah sebelumnya menangani restoran.

Kenapa memilih untuk berbisnis F&B?

Di bisnis ini kita menjual semuanya, pelayanan dan juga produk. Kita membeli produk dan memprosesnya kembali lalu dijual dengan kemasan menarik dan harga yang kompetitif. Menurut saya ini sangat menarik prosesnya.

Apa yang ingin Anda hadirkan dari bisnis DOJ Juice?

Saya ingin menciptakan dan menyukai sesuatu yang anti-mainstream dan saya tidak suka masuk ke pasar yang sudah terlalu banyak pemainnya. Tidak hanya itu, selain latar belakang saya yang bisnis, awal saya ingin membuat usaha ini karena saya suka jus dan sangat sulit untuk mencari orang yang menjual jus yang segar.

Bagaimana Anda membangun bisnis ini dari awal?

Setahun awal saya dan tim mempelajari konsep dan pasar, setelahnya baru merupakan hal yang challenging dimana kita memperkenalkan konsep dan produk kita ke pasar Indonesia. Karena juice bar sendiri masih kurang dikenal di Jakarta. Kita juga ingin mengenalkan kalau jus bukan hanya untuk orang yang ingin sehat saja tetapi juga rasanya yang enak dan menyegarkan.

Baca Juga: Menentukan Target Pasar Anda

DOJ Juice Bar ini kan masih termasuk baru, apa yang dilakukan Anda untuk menarik minat pelanggan?

Pertama dengan branding produk yang mana kita memperkenalkan cold-pressed juice yang benar-benar segar dan dibuat sesuai dengan pesanan saat itu juga yang mana hal ini merupakan salah satu keunggulan kita dibandingkan dengan cold-pressed juice botolan yang sudah dibuat sebelumnya. Pelanggan juga tahu apa di dalamnya karena jus ini diproses di depan customer. Jus yang kita buat juga tidak menggunakan es batu karena kita memiliki display fridge yang bahannya kita ambil dari sana. Selain itu, jus kita juga tidak menggunakan air dan gula tambahan jadi benar-benar alami dan murni.

Yang kedua adalah dengan menghadirkan program loyalitas. Untuk menghadirkan program ini, saya menggunakan sistem point of sale lokal yaitu MokaPOS. Alasan saya menggunakan sistem POS Moka ini adalah agar saya memiliki data yang cukup untuk menganalisa bisnis saya, apalagi saya adalah orang yang data-driven dan fitur Loyalty Program Moka tidak hanya membantu saya meningkatkan pelanggan tetapi juga menghadirkan data-data yang relevan untuk bisnis seperti siapa saja yang membeli hari ini, apa yang dibeli dan masih banyak lagi. Data-data tersebut pun bisa menjadi acuan saya untuk mengembangkan bisnis untuk berkembang pesat.

Baca Juga: Fitur Terbaru MokaPOS, Loyalty Program!

Terakhir adakah pesan-pesan untuk pebisnis mudah seperti Anda baru memulai bisnis?

Don't give up. Jika gagal jangan menyerah dan selalu belajar dari kegagalan karena selama 4 tahun menjalani bisnis ada naik dan turunnya juga jadi saya juga belajar banyak dari pengalaman. Terus bertahan, terus coba dan terus berinovasi.

linkedin

Tags: bisnis F&B bisnis juice bisnis UKM DOJ Juice Bar F&B juice bar Merchant Stories moka merchant MokaPOS Restoran Cepat Saji sistem kasir softwate kasir