Tahukah Anda bahwa gelato dan es krim merupakan dua hal yang berbeda? Meski dalam bahasa Italia sendiri gelato berati 'es krim'. Gelato sendiri merupakan es krim yang dibuat dengan teknik khusus yang sesuai dengan tradisi Italia sehingga menciptakan perbedaan yang lumayan signifikan dari es krim pada umumnya.

Perbedaan tersebutlah yang menjadikan alasan Josua untuk menciptakan Il Vero sebagai toko gelato yang menghadirkan gelato ala Italia sesungguhnya di tengah-tengah masyarakat. Untuk menciptakan rasa gelato yang sesungguhnya, Josua bahkan rela untuk belajar membuat gelato di Italia langsung selama sebulan.

Ditanya mengenai perbedaan antara gelato dan es krim, co-founder sekaligus Direktur Operasional Il Vero, Rico, menjawab bahwa gelato memiliki 3 perbedaan. Pertama adalah teksturnya dimana gelato memiliki tekstur yang lebih halus, lembut dan padat. Yang kedua adalah dari penggunaan bahan dimana Il Vero hanya menggunakan bahan dan buah alami dan segar tanpa tambahan perasa dan pengawet. "Saking alaminya, jika buah yang digunakan sedang tidak musim, Il Vero tidak akan melakukan produksi gelato tersebut", katanya. Yang terakhir, gelato lebih sehat dibandingkan dengan es krim karena rendah kalori dan hanya mengandung 4%-10% kandungan lemak dari susu.

Gelato di Il Vero

Berdiri semenjak Agustus 2015, saat ini Il Vero telah memiliki 3 outlet yang berada di Permata Hijau, Kelapa Gading dan Gading Serpong. Il Vero juga akan menambahkan outlet baru di Citraland dalam waktu dekat ini.

Kesuksesan Il Vero dalam membangun toko gelato ala Italia hingga memiliki berbagai cabang ini diakui oleh Rico tidak dilaluinya dengan mudah. Apalagi, saat ini banyak outlet gelato lain yang banyak bermunculan di pasar. Untuk mengatasi hal tersebut, menurutnya adalah dengan mencari pelanggan yang selalu datang kembali untuk membeli dan sudah loyal terhadap Il Vero dibandingkan dengan mencari pelanggan baru yang hanya ingin mencoba-coba produknya saja. Ia juga menambahkan, "konsumen yang loyal adalah konsumen yang harus dijaga oleh pemilik usaha karena dari konsumen loyal inilah kita bisa mengetahui kualitas pelayanan dan produk yang dimiliki dengan kritik dan saran yang diberikan oleh mereka".

Rico - Managing Director & Co-Founder Il Vero Gelato

Salah satu cara menjaga konsumen loyal mereka adalah dengan membuat program loyalitas berupa keanggotaan dengan menggunakan sistem poin. Untuk menghadirkan program loyalitas ini, Il Vero menggunakan salah satu fitur MokaPOS, yaitu Loyalty Program dimana Anda dapat menambahkan pelanggan untuk menjadi anggota di toko. Tidak hanya itu, di fitur Loyalty Program ini Anda juga bisa mengatur berapa banyak poin yang didapatkan setiap kali pelanggan berbelanja dan reward apa yang bisa ditukarkan dari poin yang telah didapat.

Fitur Loyalty Program sendiri diakui juga sangat membantu Il Vero karena tidak hanya menjaga pelanggan untuk terus kembali ke toko tetapi juga secara tidak langsung meningkatkan penjualan itu sendiri.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Melalui Loyalty Program

Ingin bisnis Anda seperti Il Vero? Yuk gunakan fitur Loyalty Program MokaPOS secara GRATIS dengan berlangganan disini. Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan fitur Loyalty Program Moka, cek link-nya disini.

linkedin

Tags: aplikasi kasir aplikasi kasir MokaPOS artisan gelato bisnis gelato F&B gelato il vero il vero italian artisan gelato Italian gelato local artisan gelato loyalty program Merchant Stories moka merchant MokaPOS program loyalitas toko gelato