Merombak Konsep Warung Konvensional, Kini Hadir Warung Pintar!

Author by Miky

warung pintar Bapak Junaedi Pemilik Warung Pintar

Sejak tahun 1900-an, warung telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. Keberadaannya bahkan dapat ditemui di hampir setiap sudut di Indonesia dan tetap dapat bertahan meski sudah memasuki zaman yang serba online. Ini membuktikan bahwa warung masih dibutuhkan oleh banyak orang, entah sekadar untuk membeli kopi sachet, rokok ketengan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Melihat bahwa warung masih memiliki peluang untuk lahan berbisnis, Agung Bezharie bersama rekan-rekannya mendirikan Warung Pintar. Startup ini menyediakan sebuah solusi bagi siapa saja yang ingin memiliki usaha warung, misalnya dalam pencarian lahan hingga ke kebutuhan dana.

Tidak hanya itu, para pemilik warung juga berkesempatan meningkatkan kualitas warungnya dengan bantuan teknologi, misalnya melengkapi warung dengan berbagai perlengkapan elektronik, pemanfaatan software dalam berusaha, hingga memungkinkan menjual barang dagangan secara digital.

 

Cara kerja warung pintar

warung pintar

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Warung Pintar merupakan layanan yang memberikan solusi end to end bagi Anda yang ingin membuka sebuah warung berbasis teknologi. Namun tidak terbatas hanya itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi investor dan memberikan dana kepada orang lain yang ingin memiliki usaha warung.

Salah satu contoh sukses yang telah meng-upgrade warungnya dan bermitra dengan Warung Pintar adalah Bapak Junaedi. Warung konvensional yang ia miliki telah berdiri selama lima tahun sebelum akhirnya kini menjadi Warung Pintar. Warung Pintar yang ia beri nama Kedai Kopi 3 Putri ini terletak di Jl. Dr. Satrio-Jakarta Selatan.

“Sebelumnya itu merasa semua serba “kira-kira” baik penjualan, pemasukan, stok barang yang ada, sedangkan sekarang  semua jelas, ada datanya dan kita bisa tahu itu secara detail karena didukung dengan berbagai macam teknologi yang membantu saya,” ujar Bapak Junaedi ketika ditanya alasan bergabung dengan Warung Pintar.

Tidak hanya itu, semenjak ia merubah warungnya menjadi warung pintar, pemasukannya pun meningkat. Terlebih warung tersebut juga kini dijadikan sebagai tempat berkumpul dan beristirahat para pengemudi ojek online.

 

Fasilitas yang dimiliki Warung Pintar

warung pintar

Mengingat dari namanya saja sudah Warung Pintar, tentunya warung yang menjadi mitra akan memiliki fasilitas yang melebihi warung konvensional pada umumnya, khususnya dari segi teknologi. Para mitra yang bergabung dengan Warung Pintar bisa mendapatkan beberapa bantuan berupa banyak hal. Beberapa contoh termasuk akses ke berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau, bantuan aktivitas promosi, renovasi warung dengan fasilitas seperti charger smartphone untuk para pelanggan, TV LCD, hingga CCTV, pelatihan penggunaan software pencatatan stok dan mengelola keuangan, hingga berjualan produk digital, misalnya tiket pesawat, kereta api, pulsa, dan lain sebagainya.

Kedai Kopi 3 Putri milik Bapak Junaedi sendiri telah dibekali berbagai fasilitas kekinian untuk para pelanggannya. Meski hanya berupa warung, fasilitas yang dimiliki bisa dibilang hampir menyerupai sebuah kafe kecil. Contohnya saja dispenser, kompor, TV, kulkas, colokan untuk mengisi daya baterai smartphone, sewa powerbank, hingga akses wifi.

Selain dibantu dengan fasilitas warung yang lengkap, Bapak Junaedi juga mendapatkan kesempatan untuk menggunakan teknologi aplikasi guna memaksimalkan aktivitas berbisnisnya. Salah satunya adalah penggunaan sistem aplikasi kasir Moka untuk mencatat transaksi serta laporan keuangan di warung miliknya. Menurutnya, dengan menggunakan aplikasi ini, ia sangat terbantu karena barang yang terjual semuanya akan tercatat di dalam sistem. Sehingga, ia dapat mengetahui pemasukan dan pengeluarannya secara lebih rinci.

 

Cara mendaftar untuk menjadi mitra Warung Pintar

warung pintar

Konsep warung pintar yang Bapak Junaedi terapkan dengan berbagai fasilitas menarik dan penggunaan teknologi canggih seperti aplikasi kasir Moka tidak hanya membawa angin segar bagi pemilik warung kecil, tetapi juga dapat membantu mereka untuk lebih meningkatkan penjualan para pengusaha warung kecil seperti Bapak Juanedi.

Dengan adanya Warung Pintar yang membantu warung-warung lain seperti Kedai Kopi 3 Putri milik Bapak Junaedi, kini warung konvensional tidak perlu takut lagi tergerus dengan kemajuan teknologi yang semuanya sudah serba online. Justru hal ini bisa dijadikan sebagai contoh bagi pemilik warung konvensional untuk menerima teknologi dengan terbuka agar bisnis warung mereka lebih berkembang.

Jika Anda tertarik untuk menjadi mitra Warung Pintar ataupun mendaftarkan diri sebagai investor di sana, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan di laman Warung Pintar. Kemudian selanjutnya Anda akan memasuki proses verifikasi data dan wawancara. Setelah itu, mereka akan melakukan survei lahan untuk Anda. Jika lolos, Anda akan diberikan pelatihan khusus dan setelahnya Anda sudah bisa membuka warung Anda.


Jadi tunggu apalagi? Jika Bapak Junaedi saja bisa mengaplikasikan teknologi canggih seperti Moka di warung pintarnya, Anda tentu juga bisa menggunakan Moka untuk mengoptimalkan bisnis usaha Anda.

Kemudian jika Anda tertarik menggunakan Moka? Yuk, cari tahu lebih lanjut fitur-fitur keren apa saja yang dimiliki Moka di website Moka atau subscribe langsung sekarang!

linkedin

Tags: success stories warung digital warung pintar