Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Akurat dengan Fitur Ingredient Inventory!

Author by Miky

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis adalah mengelola inventaris, apalagi bagi Anda yang menjalankan bisnis F&B. Memperbarui data stok bahan baku sangatlah penting agar bisnis yang dijalankan tidak terhambat. Bisa Anda bayangkan ketika toko sedang ramai-ramainya tetapi Anda tidak dapat melayani pelanggan dengan maksimal karena Anda kekurangan stok bahan baku yang dimiliki. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pemasukan dan keuntungan yang didapat. Agar tidak terjadi hal seperti itu, MokaPOS menghadirkan fitur Ingredient Inventory.

Laporan Stok Bahan Baku yang Akurat

Fitur ini dapat membantu Anda dalam memantau stok bahan baku mulai dari sayuran hingga bahan bumbu dapur secara akurat. Sebagai contoh, Anda menjual nasi goreng ayam, bahan baku yang dibutuhkan dari menu tersebut adalah nasi, telur, daging ayam, kecap manis dan garam. Semua stok bahan baku tersebut akan secara otomatis berkurang setiap kali nasi goreng ayam atau menu lain yang memiliki bahan-bahan tersebut terjual. Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan jika stok bahan baku yang dimiliki berada di level peringatan* sehingga Anda dapat segera melakukan penambahan stok kembali sebelum stok habis.

Menghitung Laba Menjadi Lebih Mudah

Tidak hanya memantau stok inventaris bahan baku Anda, dengan fitur Ingredient Inventory, Anda juga dapat mengetahui harga modal dari sebuah menu. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan harga modal (COGS) dari setiap bahan baku per unitnya. Setelahnya, Anda bisa membuat resep dan memasukkan bahan baku dan jumlah yang diperlukan untuk membuat sebuah menu. Nantinya semua bahan baku akan dikalkulasikan secara otomatis sehingga Anda bisa langsung mengetahui berapa harga modal dari sebuah menu yang Anda jual.

Dengan memasukkan harga modal bahan baku pada barang yang Anda jual, fitur ini juga akan secara otomatis menghitung dan memberikan laporan laba bersih dan kotor yang akurat tanpa harus menghitung secara manual sehingga meringankan pekerjaan dan Anda bisa fokus untuk melayani pelanggan secara maksimal.



Sudah lihatkan kemudahan dari fitur Ingredient Inventory MokaPOS. Jadi tunggu apalagi, segera gunakan ingredient fitur dari MokaPOS sekarang juga! Jangan sampai Anda kehilangan penjualan karena Anda lupa memperbaharui stok barang Anda dan tidak menghitung harga modal barang sebelumnya untuk menentukan harga yang tepat!

Cari tahu lebih lanjut mengenai fitur Ingredient Inventory dari Moka dengan menonton video dibawah ini atau dengan mengunjungi situs MokaPOS!

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=0K_4_PeV4x8[/embed]

*Jika Anda berlangganan email Inventory Alerts.
linkedin

Tags: Product Knowledge