Memiliki sebuah bisnis UKM sendiri banyak diminati berbagai kalangan saat ini. Apalagi ditambah dengan perilaku masyarakat Indonesia yang konsumtif, memiliki sebuah bisnis usaha merupakan sesuatu yang menjanjikan. Menjalankan bisnis usaha tidak hanya bermodalkan ide saja tetapi yang paling penting dan utama dari sebuah bisnis adalah modal. Bisnis UKM saat ini pun tengah diminati oleh banyak kalangan. Meskipun berupa bisnis UKM, modal juga berperan sangat penting agar bisnis yang akan Anda jalani terwujud. Modal yang tidak terlalu besar, banyak membuat pelaku bisnis UKM dapat mewujudkan bisnis impiannya dengan mudah. Tetapi, bagaimana dengan para pelaku bisnis yang belum memiliki modal yang cukup? Berikut merupakan alternatif sumber modal bisnis UKM yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Pentingkah Modal dalam Mengembangkan Usaha ?

Pinjaman Kredit

Bagi Anda yang belum memiliki cukup modal untuk mendirikan bisnis UKM, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman kredit usaha. Saat ini, banyak instasi bank hingga koperasi simpan pinjam yang menawarkan berbagai jenis pinjaman seperti Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Bagi pelaku usaha bisnis baru yang belum memiliki aset, Anda bisa mengajukan KUR tanpa agunan atau tanpa jaminan dimana pinjaman yang bisa Anda dapatkan yaitu sekitar 25 juta ke atas. Untuk mengajukan KUR, biasanya ada beberapa persayarat yang Anda penuhi ketika mengajukan.

Investor

Tidak hanya pelaku bisnis besar, para pelaku bisnis UKM pun bisa juga mendapatkan sumber modal dari investor. Hanya saja, investor untuk bisnis UKM sedikit berbeda dengan bisnis besar. Investor untuk pelaku bisnis UKM biasanya bersumber dari keluarga hingga teman terdekat. Dalam mencari investor pada orang terdekat, Anda juga harus membuat presentasi hingga proposal yang bisa diperlihatkan untuk menyakinkan orang terdekat Anda untuk berinvestasi dalam bisnis yang akan Anda jalani.

Bermitra

Jika Anda memiliki jaringan yang luas, Anda bisa mencoba untuk bermitra pada orang yang memiliki minat, ide dan tujuan yang sama dalam membangun suatu usaha. Bermitra tidak hanya sekedar menamkan modal pada usaha Anda saja, dengan bermitra, mitra Anda tentunya dapat memberikan ide-ide segar untuk usaha Anda. Tidak hanya itu, bermitra pun juga berarti Anda tidak sendirian dalam membangun bisnis UKM karena mitra Anda dapat membantu mengelola bisnis bersama.

Agar usaha Anda untuk mencari modal bisnis UKM bisa berjalan dengan baik, yang patut dilakukan oleh Anda dengan memberikan presentasi mengenai usaha yang ingin Anda jalankan. Baik berupa visi dan misi, goals hingga perkiraan omset yang akan didapatkan tiap bulannya untuk lebih meyakinkan instasi, investor.

linkedin

Tags: bisnis UKM business insight Financial investor mitra usaha modal modal usaha modal usaha kedai kopi modal usaha makanan modal usaha retail pinjaman kredit sumber modal sumber modal usaha