1. Perlihatkan Kepercayaan Anda Terhadap Mereka                                     

Cara terbaik untuk memperoleh loyalitas karyawan Anda adalah dengan memperlihatkan mereka bahwa Anda memilki kepercayaan di diri mereka. Biarkanlah mereka menangani proyek mereka sendiri lalu nasehati bila ada kekurangan, dengan begitu mereka akan memperoleh kepercayaan diri rasa dan juga rasa hormat kepada Anda. Dengan memperoleh kepercayaan mereka, suasana dalam bekerja hingga hubungan pribadi pun akan menjadi lebih harmonis. 

  1. Jangan Menghindari Obrolan Kecil

Buatlah kebiasaan untuk duduk dan memulai obrolan ringan dengan karyawan Anda, bisa di manapun seperti di kantor Anda, di ruang makan ataupun di toko kopi terdekat. Bagi perusahaan kecil maupun besar, bekerja tidak melulu harus didalam gedung kantor, pekerjaan dapat juga diselesaikan di kedai kopi dekat kantor, dengan begitu akan timbul suasana yang lebih nyaman, pekerjaanpun akan menjadi lebih cepat selesai.  Tanyakanlah tentang kerjaan mereka, pencapaian atau keluhan yang mereka alami selama bekerja dengan Anda. Tapi juga usahakan untuk masuk ke topik pribadi untuk menunjukan kalau Anda peduli dengan mereka, ini dapat memotivasi mereka dan membuat suasana yang lebih baik di kantor.

  1. Dukunglah Waktu Liburan

Mungkin ini terlihat berlawanan arah dari topik yang kita bahas, tetapi liburan adalah salah satu solusi yang paling umum dan manjur untuk karyawan Anda yang sedang dalam tekanan psikologis. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya mengenai work life balance, karyawan yang sedang dalam tekanan tidak akan berkerja dengan performa maksimum malah mungkin dapat menjadi penyebab masalah yang tidak diinginkan dan kemungkinan akan menyebabkan kerugian bagi Anda dan perusahaan. Berilah mereka waktu untuk liburan agar saat mereka kembali bekerja selesai liburan, pikiran mereka akan menjadi lebih segar dan bekerja lebih baik lagi.

  1. Fleksibilitas

Cobalah untuk menjadi fleksibel jika karyawan Anda menemukan masalah dengan waktu, terutama untuk karyawan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Coba aturlah waktu yang lebih baik agar selain pekerjaan di kantor selesai dengan baik, mereka juga mendapatkan waktu yang cukup untuk dihabiskan bersama dengan keluarga dan melakukan kegiatan pribadi mereka. Hal ini juga tidak tertutup bagi mereka yang sudah berkeluarga saja, tetapi perlakukan lah karyawan Anda dengan adil, berilah mereka kebebasan untuk mengerjakan pekerjaan dari rumah apabila mereka merasa tidak cukup sehat untuk datang ke kantor, atau biarlah mereka bertemu dengan klien diluar kantor seperti di kedai kopi atau restoran. Cobalah menjadi atasan yang lebih melihat hasil akhir dibandingkan Anda mementingkan prosesnya dan hasil akhirnya malah menjadi berantakan.

  1. Tunjukan Rasa Apresiasi Anda

Tentu karyawan Anda dibayar untuk datang dan bekerja untuk Anda dan perusahaan, tetapi apresiasi yang lebih dari seseorang terutama atasan akan lebih jauh lagi memotivasi dan menjadikan kinerja para karyawan menjadi fondasi untuk lebih jauh lagi berkerja bersama Anda. Apresiasi tidak melulu mengenai uang dan komisi, mengadakan perayaan makan kecil-kecilan setiap kali perusahaan mencapai suatu kesuksesan juga menjadi satu bentuk apresiasi yang menyenangkan bagi para karyawan. 

linkedin

Tags: business insight karyawan manajemen karyawan memotivasi karyawan mengelola karyawan motivasi motivasi karyawan operasional operasional bisnis Operational tips bisnis