Moka Logo
7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Bisnis Retail Anda

Tips Bisnis

7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Bisnis Retail Anda

3 min
GradyGrady

(Tips ini dipublikasikan oleh team Moka POS dengan kolaborasi bersama team Bornevia, startup company pengembang web-based customer service software untuk online business and e-commerce)

Mempunyai toko sendiri/retail shop adalah impian semua orang dalam berbisnis. Apapun bisnis yang Anda jalani, membuka toko sendiri akan membuat penjualan dan omset meningkat. Untuk meningkatkan penjualan, tentu Anda harus meningkatkan juga jumlah pengunjung retail shop Anda.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Banyak sekali tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat sekarang ini, menggunakan tips konvensional akan membuat Anda tertinggal. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak 7 tips modern berikut ini untuk meningkatkan pengunjung retail shop Anda.

 

  1. Buat tampilan toko Anda semenarik mungkin

    tips tingkatkan pelanggan untuk retail

Sebagus apapun produk atau jasa Anda, ketika Anda tidak bisa membungkus semenarik mungkin, calon pembeli Anda akan merasa ragu. Cara pertama dari tips modern untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah membuat display toko Anda semenarik mungkin. Buat sebuah tema, konsep, ataupun desain yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Misalnya Anda mempunyai café atau restoran untuk anak muda, Anda bisa membuat tema klasik, tema sepakbola, atau tema apapun yang membuat calon pelanggan Anda tertarik. Begitu pula ketika Anda mempunyai toko baju distro. Anda bisa membuat display pakaian semenarik mungkin. Bisa dengan cara menumpuk atau membuat desain lebih menarik lainnya. Buat calon pelanggan Anda yang datang di toko berkesan dengan toko Anda.

Baca Juga: Pentingnya Desain dalam Usaha untuk Dapatkan Pengunjung

 

  1. Berikan pelayanan maksimal

tips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Tips ini agak sedikit tricky untuk diaplikasikan. Mungkin Anda pernah masuk ke dalam sebuah toko, lalu Anda disambut oleh beberapa orang yang tersenyum dan mengikuti kemanapun Anda berkeliling toko. Beberapa orang menganggap pelayan yang terlalu over reacting ketika berada di dalam toko akan membuat sedikit terganggu.

Jadi, Anda bisa menggunakan cara yang lebih halus yaitu selalu menyambut setiap calon pelanggan Anda. Biarkan pelanggan Anda berkeliling, dan selalu siap siaga ketika calon pelanggan tersebut bertanya atau membutuhkan bantuan Anda. Memberikan pelayanan maksimal bukan berarti selalu mengikuti kemanapun mereka pergi bukan?

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Pelayanan Berkualitas untuk UKM

 

  1. Jaga selalu stock barang Anda

tips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Ketika Anda mendirikan sebuah bisnis, usahakan Anda mempunyai salah satu menu ataupun barang yang menjadi andalan Anda. Buat mindset kepada calon pelanggan Anda bahwa, jika ingin membeli produk A akan selalu ingat dengan bisnis Anda.

Setelah Anda mempunyai menu atau produk andalan, sekarang saatnya Anda harus menjaga selalu stock barang Anda. Hampir setiap calon pelanggan Anda akan mempunyai perbandingan, mulai dari harga, kualitas, dan tentu ketersediaan barang. Ketika di toko Anda tidak menyediakan stock, calon pleanggan Anda akan dengan senang hati pergi meninggalkan toko Anda.

Baca Juga: Laporan Bahan Baku Inventaris Lebih Akurat dengan Ingredient Inventory

 

  1. Coba tawarkan barang atau produk tambahan

tips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Ini adalah cara yang lumayan ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke retail shop Anda. Ketika pengunjung Anda sedang berada di toko Anda, mereka tidak mungkin mengamat satu per satu barang atau jasa yang Anda punyai. Untuk mengatasinya, Anda bisa menawarkan barang atau produk tambahan ketika mereka akan selesai berbelanja.

Misalnya calon pelanggan Anda membeli kemeja, Anda bisa menawarkan celana ataupun aksesoris lain. Cara ini akan membuat pelanggan Anda berpikir bahwa di toko Anda, mempunyai produk yang lengkap dan bersaing.

Baca Juga: Menjawab Kebutuhan Para Merchant, Moka Luncurkan Fitur Loyalty Program

 

  1. Tawarkan promo yang ada di toko Anda

tips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Semua orang menyukai barang promo atau diskon, apalagi perempuan. Jadi, jangan ragu untuk membuat tulisan yang cukup besar ketika toko Anda sedang ada promo ataupun barang diskon. Tulisan promo atau diskon yang eye catching akan menambah daya tarik pengunjung.

Baca Juga: 7 Strategi Promosi yang Bisa Anda Terapkan di Hari Kemerdekaan

 

  1. Manfaatkan toko online dan sosial mediatips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Setelah Anda sukses dengan retail shop, sekarang saatnya membuka toko online atau e-commerce. Anda bisa membuat website dan juga memanfaatkan social media untuk mempromosikan website Anda. Toko online akan membuat calon pelanggan Anda bisa melihat produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Setelah mereka mengetahui produk atau jasa Anda, mereka dapat memilih ingin membeli secara online ataupun datang langsung ke toko Anda.

Selain itu, memanfaatkan social media untuk promosi sedikit banyak berpengaruh kepada jumlah pengunjung toko Anda. Manfaatkan Facebook, Twitter, maupun Instagram untuk mengupdate barang atau jasa Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

 

  1. Gunakan customer service via online dan offline

tips tarik pelanggan untuk bisnis retail

Walaupun produk atau jasa Anda tidak mempunyai garansi, memanfaatkan customer service untuk menampung kritik dan saran akan berguna pada berkembangan bisnis Anda. Begitu juga sebaliknya, ketika produk atau jasa Anda mempunyai garansi, hadirnya customer service via online dan offline adalah wajib hukumnya.

Pengelolaan customer service sekarang bisa lebih mudah dengan hadirnya software automation. Anda tidak lagi pusing membalas berpuluh-puluh transaksi, kritik saran ataupun complain melalui email, chatting maupun di social media. Semakin cepat customer service Anda membalas complain atau masukan dari pelanggan, akan semakin menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting bagi Usaha Anda

Itulah 7 tips modern yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung retail shop Anda. Bagaimana, sudah siap untuk mendapatkan kenaikan penjualan?

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.