Salah satu cara untuk meningkatkan kemungkinan sukses dalam berbisnis adalah dengan menggambarkan pasar yang tepat. Sebuah pasar yang tepat adalah seksi khusus dari pasar yang besar. Mencari pasar yang tepat menuntut Anda untuk mengkonsentrasikan usaha Anda pada suatu kelompok tertentu yang akan dikenali dengan bermacam-macam karakteristik. Karakteristik ini pada umumnya disebut dengan demografi, menggambarkan orang-orang dalam kelompok khusus yang menjadi bagian dari pasar yang lebih luas. Dengan kata lain, Anda harus fokus pada orang-orang dalam seksi tertentu ketika Anda memulai. Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam mendefinisikan pasar yang tepat.

  • Riset pasar : Anda melakukan riset pasar bersamaan dengan identifikasi pasar yang tepat. Sebagai contoh, jika Anda seorang yang miliki butik baju di daerah yang terbilang untuk kalangan menengah kebawah, Anda dapat dengan mudah menentukan masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan tertentu. Lebih penting lagi, Anda akan menghemat waktu untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan dan bisa berkonsentrasi pada trik marketing, promosi atau pada komunitas wanita penggemar fashion. Anda juga punya kemampuan untuk belajar lebih banyak tentang demografi dari pasar Anda seperti umur, lingkungan sekitar dan daya beli dari pada pelanggan Anda.
  • Syarat modal yang lebih sedikit: Anda akan membutuhkan lebih sedikit modal untuk memasarkan dan mempromosikan gagasan Anda ketika Anda fokus pada suatu pasar tertentu. Menggunakan contoh pemilik butik tadi, Anda dapat memilih model baju atau fashion yang seperti apa yang digemari oleh para pelanggan Anda. Dengan begitu Anda dapat menekan modal Anda karena lebih sedikit barang yang menjadi terbuang dan juga dapat meningkatkan penjualan Anda.
  • Menaikkan harga : Menyasar pada pasar Anda memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada kebutuhan pasar tertentu yang juga berarti Anda dapat memberikan harga yang lebih tinggi untuk produk dan layanan Anda.
  • Menyediakan produk dan layanan yang bagus : Lebih sedikit waktu dan sumber daya yang digunakan untuk melayani area yang lain berarti Anda bisa berkonsentrasi khususnya pada pasar yang tepat dan menyediakannya dengan pelayanan yang sangat baik.

Memilih pasar untuk bisnis Anda merupakan sesuatu yang vital untuk kesuksesan bisnis Anda. Kalau Anda tidak memilih, maka Anda menurangi kemungkinan untuk sukses. Banyak orang yang terampil pada banyak hal tetapi tidak ada satu bidang pun yang menjadi keahliannya. Ekspresi ini menggambarkan banyak wiraswasta yang sayangnya bisa menyebabkan kegagalan. Anda tidak akan bisa menyediakan layanan yang paling baik kepada pelanggan Anda jika Anda harus berkonsentrasi pada pasar yang sangat luas untuk dilayani. Karena itu ketahuilah dengan sungguh-sungguh siapakah pangsa pasar Anda dan teruslah fokus pada pasar Anda hingga Anda dapat mengembangkan usaha Anda lebih jauh lagi.

"There is only one winning strategy. It is to carefully define the target market and direct a superior offering to that target market" - Philip Kotler

linkedin

Tags: analisa bisnis analisa usaha business insight business plan customer menentukan pasar menentukan target pasar mengembangkan bisnis mengembangkan usaha pasar bisnis pelanggan riset bisnis riset usaha strategi bisnis target pasar