Moka Logo
4 Tujuan Yang Harus Diterapkan Para Pemilik Usaha

Tips Bisnis

4 Tujuan Yang Harus Diterapkan Para Pemilik Usaha

3 min
GradyGrady

Entah itu menyimpan lebih banyak uang, makan sehat atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, sekarang adalah waktu untuk membuat perubahan untuk memperbaiki kebahagiaan kita. Hal ini berlaku juga untuk bisnis.

Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk pemilik usaha kecil untuk meninjau proses lama dan menerapkan ide-ide baru agar jauh menjadi lebih produktif baik dari segi eksternal maupun internal dalam usaha tersebut. Berikut adalah empat gol yang setiap pemilik usaha kecil yang harus dijalankan oleh para pemilik usaha:

1. Fokus pada karyawan Anda

Menjaga karyawan bahagia di perusahaan Anda tidak hanya penting secara finansial, tetapi juga mempengaruhi moral kantor secara keseluruhan. Jika karyawan Anda menikmati waktu mereka pada saat bekerja, mereka akan lebih produktif, dan akan menurunkan tingkat stres dari karyawan lainnya.

Tanyakan karyawan Anda di mana mereka melihat diri mereka beberapa tahun mendatang dan melakukan apa yang Anda bisa untuk mengakomodasi keinginan dan tujuan mereka. Mungkin Anda perlu mengatur ulang jabatan mereka atau tugas proyek yang mereka kerjakan. Selain itu, evaluasi budaya kantor Anda. Lakukan kegiatan team building sehingga karyawan Anda bisa mengenal satu sama lain lebih baik secara personal.

Jika Anda memiliki karyawan yang sudah berkeluarga yang bekerja di perusahaan Anda, pertimbangkan menawarkan jam lebih fleksibel bagi mereka atau ada kebijakan membawa anak kekantor dalam sebulan. Terakhir, pertimbangkan untuk menawarkan benefit lebih apabila bekerja diperusahaan Anda seperti asuransi kesehatan, tunjangan keluarga atau bahkan keanggotaan gym.

2. Berbicara lebih kepada pelanggan Anda

Kebutuhan pelanggan dan keinginan terus berubah dari waktu ke waktu. Produk atau jasa perusahaan Anda mungkin pada target sekarang dalam hal permintaan pelanggan, tapi jangan terlalu terbuai dengan kenyamanan ini. Buatlah tujuan untuk berbicara dengan lebih banyak pelanggan. Apakah itu percakapan secara personal, kelompok atau survei fokus, coba untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari pola pikir pelanggan.

Setelah Anda telah mengambil waktu untuk memahami pelanggan Anda lebih baik, evaluasi ulang produk atau layanan Anda. Mungkin sudah waktunya untuk membuat beberapa perubahan kecil untuk tetap bisa menjawab permintaan pelanggan Anda. Pertimbangkan pengujian produk atau jasa baru selain mereka yang sudah ada sekarang. Mungkin menawarkan diskon untuk mendapatkan pelanggan baru juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Dengan berinteraksi langsung dengan pelanggan, Anda dapat meningkatkan tingkat pelayanan  dan bisa langsung mengatasi masalah, serta memahami kekhawatiran dan keberatan pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan. Anda kemudian dapat mengubah cara untuk memasarkan dan menjual, serta bagaimana Anda dapat mendukung pelanggan dengan cara yang membuat tim untuk meninjau kepuasan pelanggan Anda.

3. Evaluasi Tingkat Stres Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda akan selalu di perjalanan. Kita jarang bekerja “biasa” dari jam sembilan sampai pukul lima, Anda telah menuangkan hati dan jiwa kedalam usaha Anda. Tapi, pola pikir bekerja konstan ini dapat memiliki efek negatif pada kesejahteraan pribadi Anda dari waktu ke waktu. Evaluasi tingkat stres Anda dan mempertimbangkan inisiatif pribadi untuk memastikan bahwa Anda masih akan menikmati menjalankan bisnis beberapa tahun ke depan.

Sangat mudah untuk ingin menyenangkan semua orang, tapi kadang-kadang penting untuk mengambil beberapa waktu untuk diri sendiri. Tandai satu sampai dua jam sehari di kalender Anda untuk menata pikiran Anda. Jangan menjadwalkan meeting atau ada siapapun yang menggangu Anda. Ini memberi Anda beberapa jam sehari untuk membersihkan pikiran Anda dan fokus pada tugas-tugas Anda mungkin telah ditunda untuk membantu orang lain. Rutinitas lain seperti makan siang, olahraga pagi atau benar-benar memutuskan hubungan selama beberapa jam setiap malam juga dapat membantu Anda meremajakan pikiran dan juga mengatur level stres Anda.

Sebagai pemilik bisnis, bahkan ketika Anda “tidak bekerja” pikiran Anda masih bekerja. Dengan mengambil waktu untuk bekerja diluar, menghabiskan waktu dengan keluarga Anda dan memastikan Anda tidak terlalu stres, Anda akan mulai melihat bahwa kadang-kadang Anda memecahkan masalah terberat Anda pada saat Anda pagi lari, atau sambil berbaring di tempat tidur dengan dikelilingi oleh keluarga Anda.

4. Rencana Finansial di Masa Depan
Tentu saja, selalu penting untuk merencanakan finansial untuk kedepannya. Tanpa rencana yang solid yang mencakup anggaran, perkiraan dan tujuan, sulit untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari waktu ke waktu. Menentukan di mana Anda melihat bisnis Anda dalam enam bulan, satu tahun dan tiga tahun kedepan, dan menetapkan standar yang Anda butuhkan untuk memenuhi untuk mencapai tujuan tersebut.

Setelah Anda memiliki rencana di tempat, pastikan untuk terus melacak kemajuan Anda. Pemantauan indikator kinerja utama sehari-hari akan membantu Anda memahami jika keuangan Anda berada di jalur yang tepat atau tidak. Jika Anda secara konsisten memenuhi tujuan Anda, Anda akan memiliki ketenangan pikiran mengetahui bahwa semuanya bekerja dengan baik.

Sebagai pemilik bisnis, sangat mudah untuk terjebak dalam kegiatan operasi sehari-hari dan tugas-tugas yang tetap berjalan demi kesejahteraan perusahaan Anda. Luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali proses dan mempertimbangkan setiap langkah yang Anda ambil. Membuat resolusi yang Anda dapat disimpan dan tepat untuk Anda. Sebuah perubahan kecil benar-benar mengubah Anda ketika bersangkutan dengan tingkat kebahagiaan dan produktifitas kedepannya.

 

“In the end, all business operations can be reduced to three words : People, Product, and Profits.” – Lee Iacocca

Social Media Share :
Grady Laksmono

Grady Laksmono

Co-Founder of Moka.