Bazaar Source : thebizarrebazaar.com

Tren Bazaar memang sedang menjamur di Indonesia khususnya di Kota Jakarta. Buat Anda yang sudah mempunyai keinginan untuk memulai usaha Anda sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka stand pada saat acara bazaar. Kita pasti pernah mengunjungi bazaar, baik disuatu mall, lingkungan sekitar rumah, sekolah baik yang berskala nasional sampai bazaar berskala internasional. Dalam bazaar umumnya menjual aneka macam barang dagangan dari pakaian, makanan, hingga aksesoris yang mampu menarik pengunjung.

Dengan mengikuti bazaar, Anda memiliki benefit lebih yaitu dalam segi promosi untuk mendatangkan konsumen. Justru bagi para pemilik usaha yang memang sudah berjalan, bazaar dapat dijadikan sebagai sarana untuk promosi yang menghemat banyak biaya dan momen untuk mengeruk keuntungan lebih.

Bagi orang yang baru saja ingin memulai usaha, Bazaar dapat dijadikan sarana untuk belajar berbisnis, bertemu dengan para pedagang lainnya, dan untuk mengetes pasar apakah produk yang Anda tawarkan memang cocok untuk dilempar ke publik atau tidak. Berikut adalah tips dan trik untuk berjualan di bazaar :

1. Kunjungilah lokasi

Pastikan bahwa tempatnya sesuai dengan ekspektasi Anda terutama apabila harga yang ditawarkan untuk membuka stand disana terbilang murah dan diselenggarakan oleh pihak yang belum terlalu dikenal khalayak banyak. Lokasi merupakan hal yang esensial dalam menentukan apakah target pasar yang datang adalah benar bisa menjadi pelanggan Anda dikemudian hari ataukah hanya datang sekedar untuk melihat-lihat karena tidak cocok dengan segmen produk yang Anda jual.

2. Kenali Penyelenggaranya

Event Organizer atau EO merupakan suatu tim yang memang menyelenggarakan acara tersebut. Anda perlu mengetahui apakah EO tersebut memang ahli pada bidangnya untuk menyelenggarakan bazaar ataukah hanya EO yang hanya ikut-ikutan setelah tren ini muncul? Bagaimana cara EO tersebut untuk mempromosikan bazaar ini? Apakah harga yang ditawarkan untuk membuka stand di bazaar tersebut sesuai dengan apa yang ditawarkan? Tidak jarang para pengunjung tertarik datang kesebuah bazaar yang diadakan oleh EO - EO tertentu saja. Hal ini dapat menjadi pertimbangan apabila Anda ingin membuka stand di bazaar tersebut.

3. Mendekorasi stand Anda

Dekorasi merupakan hal yang sangat penting dalam menarik pengunjung untuk melihat stand Anda. Menyediakan spanduk atau banner yang ada logo atau identitas dari produk yang Anda tawarkan. Anda juga harus pandai dalam mendisplay produk yang Anda jual. Pilihlah produk unggulan Anda untuk dipajang dan ganti-gantilah produk pajangan tersebut. Kelompokan produk sesuai dengan jenisnya. Jangan lupa perhatikan kerapihan dan estetika nya agar para pengunjung yang melihat produk Anda juga menjadi lebih fokus.

Baca Juga: Strategi Promosi untuk Usaha Kecil Menengah

4. Sebarkan Informasi Identitas Anda

Jangan lupa juga kartu nama yang menginformasikan mengenai identitas Anda sebagai penjual. Banyak orang yang tidak sempat membeli di bazaar dikarenakan hal satu dan lainnya, dengan mempunyai kartu nama Anda, konsumen dapat memesan kepada Anda secara langsung via kontak yang Anda berikan. Selain menyebarkan informasi, buku tamu juga merupakan salah satu cara untuk Anda mendapatkan informasi mengenai orang yang berpotensi menjadi konsumen Anda yang dapat Anda gunakan sebagai database Anda.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Saat menjaga stand, Anda juga harus berpandai-pandai dalam menarik hati para calon konsumen Anda. Memberikan ucapan dan menyapa para pengunjung yang lewat disekitar stand Anda akan meningkatkan visibilitas stand Anda. Promosikan juga produk yang Anda jual, mungkin apabila Anda menjual produk pembersih sepatu, Anda dapat memberikan demonstrasi produk dengan membawa sepatu yang kotor dan produk Anda dapat membuatnya menjadi bersih kembali.  Dengan begini, para pengunjung akan tertarik dan lebih percaya dengan produk yang Anda tawarkan.

Hal-hal diatas hanyalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda jalankan dalam membuka stand di bazaar.  Selalu rajin mencari informasi mengenai bazaar yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan dan target pasar yang tepat. Membuka stand di bazaar adalah suatu hal yang cukup menakutkan untuk Anda yang baru mulai berjualan, tetapi kalau Anda tidak mencobanya, Anda tidak akan tahu. Dan juga apabila gagal, akan menjadi pembelajaran untuk Anda dikedepannya.

Apabila Anda memiliki tips dan trik yang lain dalam mengikuti sebuah bazaar, silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah :)

" Do something today that your future self will thank for" - Anonymous

Baca Juga: Rahasia Bisnis yang Berkembang

linkedin

Tags: bazar internasional bazar nasional business insight membuka stand bazar sukses membuka bazar tips bisnis tips membuka bazar tips mengikuti bazar tips sukses membuka bazar tips & trik tips & trik bisnis tips & trik bisnis berkembang trik mengikuti bazar